Menulis Yuk

Melek Teknologi Bikin Untung

teknologi keren

Informasi dan teknologi berkembang dengan cepat. Sesuatu yang dulu langka kini sudah menjadi hal yang biasa. Dulu saya harus menunggu seminggu untuk menerima kiriman uang dari Emak. Kini dalam hitungan detik sejumlah uang bisa saya kirim kepada pemilik toko online dengan berbaring di tempat tidur sambil nonton acara The Indonesia Voice di televisi. Dengan menekan tombol yang ada di handphone saya juga bisa mengetahui berapa saldo yang tersisa di rekening saya.

Berbagai kegiatan menjadi begitu mudah dilakukan jika manusia melek teknologi. Saya ambil sebuah contoh pengalaman saya membeli tiket kereta api. Ketika saya masih dinas Cimahi dan Jakarta saya harus pergi ke stasiun untuk membeli tiket keret api api untuk pulang ke Jombang. Saya harus berdiri dalam antrian yang cukup panjang karena keberangkatan saya selalu pas weekend. Walaupun ketika itu jumlah calo masih cukup banyak tetapi keinginan untuk memanfaatkan jasa mereka kok sayang uangnya. Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri. Harga tiket melonjak karena peminatnya banyak. Mereka yang sedang merantau ke kota lain berbondong-bondong mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarganya. Tak pelak ratusan pembeli tiket tumplek di stasiun.

Kemajuan teknologi mengubah banyak hal. Saya bisa booking tiket kereta api secara online dengan memanfaatkan situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yaitu http://kereta-api.co.id/ . Saya tak perlu lagi antri di depan loket di stasiun kereta api untuk memesan tiket. Melalui gadget atau laptop saya cukup menekan tombol Reservasi yang ada di situs PT.KAI tersebut. Tinggal mengisi tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, jumlah orang, maka saya akan dituntun untuk melengkapi data yang lainnya, termasuk memilih kereta api yang tersedia. Tempat dan cara membayar harga tiket juga cukup banyak, misalnya di bank atau di tempat lain yang telah ditentukan. Pada akhirnya memang saya masih harus ke stasiun untuk mencetak tiket. Namun kegiatan itu mudah dilakukan kapan saja.

Yang lebih asyik lagi, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) juga menggandeng pihak lain untuk melayani masyarakat yang akan membeli tiket. Jika kita menekan tombol Channel di situs PT.KAI maka akan muncul berbagai channel pemesanan tiket termasuk bank dan situs-situs penjual tiket. Selain itu juga tersedia kartu khusus yang disebut Rail Card. Ini merupakan kartu prepaid sebagai pengganti uang tunai. Kartu yang dapat diperoleh di kantor cabang BNI dan Customer Service stasiun ini digunakan di Rail Box yaitu mesin penjual tiket kereta api . Mesin ini ditempatkan di stasiun-stasiun besar, di mall-mall, dan di tempat-tempat yang telah ditentukan.

Cara Booking Tiket Kereta Api

Gambar dipinjam dari situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero)~https://tiket.kereta-api.co.id/

Bagaimana dengan masyarakat yang belum pernah berhubungan dengan internet? Tidak perlu khawatir. Mereka tetap dapat membeli tiket kereta api dengan memanfaatkan salah satu channel yaitu Mitra Lainnya. Salah satu di antaranya adalah mini market. Toko swalayan ini sudah tersebar di mana-mana sehingga memudahkan warga untuk memilih mini market yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Setelah membayar harga tiket, maka kita akan diberi struk tanda pemesanan tiket yang di dalamnya terdapat kode booking. Pemesan tinggal pergi ke stasiun dan mencetak tiketnya sendiri dengan memasukkan kode booking ke dalam kolom yang tersedia. Jika masih kurang paham bisa menanyakan ke petugas yang ada di stasiun.

Dengan memanfaatkan teknologi, masyarakat juga bisa memesan makanan, minuman, pakaian, dan kebutuhan lainnya secara online. Dengan demikian maka kita tak perlu meninggalkan rumah atau kantor, berpanas, dan berdesak ria. Menghemat waktu dan tenaga sudah jelas pastinya. Itulah keuntungan orang yang melek teknologi. So, mari kita terus belajar dan berlatih agar pengetahuan dan ketrampilan kita di bidang informasi dan teknologi semakin meningkat.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan [email protected]

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Cara termudah untuk menghasilkan konten visual yang bagus adalah: buat konten yang memiliki keterikatan dengan audiens, mengandung unsur emosional, dan juga orisinal .
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #trendingpost #popularpost #viralpost #content #brandingcontent

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top