Berbagi Kasih Sayang

Mbok Rubet, Kasih Sayang Hingga Akhir

Tulisan ini sengaja saya buat di hari Valentine sebagai kenang-kenangan atas cinta kasih bude semasa masih hidup. Saya memiliki bude bernama mbok Rubet. Bisa dibilang meski beliau adalah bude saya tapi sudah saya anggap seperti ibu sendiri. Ceritanya sejak lahir saya memiliki neton (jawa: hari lahir) yang sama dengan neton ibu kandung saya. Kalau menurut adat Jawa anak yang lahir yang memiliki neton sama dengan ibu kandung maka harus “dibuang” dalam arti secara simbolis anak harus dititipkan kepada orang lain baik yang memiliki hubungan kerabat atau tidak untuk mengasuhnya. Itulah yang membuat saya kemudian dititipkan secara simbolis kepada bude Rubet. Saya betah berlama-lama tinggal di rumah bude karena  bude memiliki banyak anak sehingga tidak kesepian. Kalau di rumah saya dimarahi ibu, biasanya saya lari ke rumah bude.
Saat saya masih kecil bisa dibilang bude Rubet termasuk orang kaya di desa saya. Suaminya (pakde saya) memang termasuk orang lumayan berada. Saat itu di desa saya belum ada yang memiliki pesawat TV tapi bude saya sudah memiliki pesawat TV meski masih hitam putih.

Pakde saya mencari nafkah dengan membuka warung makan dan menjadi dukun (orang Jawa bilang engkik). Tamu-tamunya banyak berdatangan dari segala penjara nusantara. Salam tempel pun mengalir deras. Sampai akhirnya roda nasib pun berubah. Tamu-tamu yang biasanya banyak berdatangan kepada pakde saya itu lama-kelamaan mulai sepi. Begitu juga dengan usaha warungnya.

Belakangan pakde banting setir menjadi pembuat gamelan dari drum bekas. Akan tetapi order perangkat gamelan ternyata juga adem ayem saja. Dalam 1 bulan belum tentu ada 1 perangkat gamelan yang terjual sehingga aliran rejeki pakde sering tersendat. Sampai saat saya dikhitan (kelas 1 SMP) saya masih ingat meski kondisi bude dan pakde saya sedang susah tapi masih mencoba membelikan saya 1 buah kaos baru sebagai hadiah. Saya masih ingat kaos warna hijau. Saya tahu kaos itu harganya murah tapi bagi saya itu merupakan sebuah hadiah yang saya anggap sangat istimewa.
Untuk menambah penghasilan pakde saya “nggaduh” (jawa: memelihara milik orang) ternak kambing. Setiap hari pakde menyabit rumput untuk pakan kambing. Suatu hari saat menyabit rumput karena sudah terlalu sore kedua mata pakde tertusuk daun jagung. Karena tidak memiliki uang pakde hanya memeriksakan matanya ke mantri kesehatan di desa. Rupanya infeksi matanya semakin parah yang menyebabkan pakde kehilangan penglihatan. Otomatis pakde sudah tidak mampu membuat gamelan lagi. Sebagai gantinya pakde beralih profesi menjadi pemijat tuna netra.

Secara umum kehidupan mereka menjadi miskin. Sedikit demi sedikit lahan pekarangan mereka jual sampai akhirnya mereka tidak memiliki apapun selain rumah kecil yang sudah bocor di sana sini. Sementara bude bekerja menyujen daun tembakau dengan penghasilan tidak seberapa. Sementara anak-anaknya tinggal di kota lain yang cukup jauh.

Rupanya tekanan hidup yang berat ini membuat bude sakit-sakitan. Sampai suatu hari bude sakit batuk lama sekali ada 1 bulan. Sudah saya kasih obat batuk tapi tidak sembuh. Saya bawa ke puskesmas oleh dokter dikasih obat tapi belum habis bude sudah mengeluh dadanya sakit. Saya bawa bude ke klinik terdekat. Biaya berobatnya saya bayarin. Syukurlah bude merasa lebih baik setelah minum obat dari klinik. Akan tetapi beberapa waktu kemudian kondisi bude memburuk (tidak bangun dari tempat tidur) sehingga saya bawa bude untuk ranap ke klinik. Biaya berobat sebagian saya tanggung dan sebagian ditanggung anak-anaknya.

Sepulang dari klinik kondisi bude membaik beberapa saat sampai akhirnya kembali memburuk. Saya ajak bude ke RS untuk pemeriksaan lebih lanjut. Oleh dokter dinyatakan jika jantung bude membengkak. Karena ketiadaan biaya oleh dokter disarankan untuk rawat jalan. Sepulang dari RS meminta saya untuk menghubungi anaknya yang tinggal di kota M. Keinginan terbesarnya saat itu adalah tinggal bersama anaknya di kota M. Lebih kurang 2 bulan bude tinggal di kota M.

Selama 2 bulan bude tinggal di kota M saya kadang menghubungi bude sekedar untuk menanyakan kabar di sana. Saya tidak bisa menghubungi bude sering-sering karena kesibukan saya. Bude bilang bahwa beliau merasa lebih sehat tinggal di sana. Itulah yang membuat hati saya tenang dan gembira sampai dini hari sekitar jam 3 pagi saya menerima SMS bahwa bude telah tiada.

Pagi itu juga saya berangkat ke kota M. Anaknya bilang kalau pesan terakhir bude supaya anaknya mau merawat pakde. Anaknya bercerita sebelum meninggal bude sempat dibawa ke RS dan dokter di sana bilang bahwa ternyata bude menderita penyakit-penyakit yang sangat serius yaitu jantung, paru-paru, dan liver. Jadi penyakit jantungnya sudah komplikasi ke organ-organ lain.
Saya menyadari bahwa masih banyak yang belum bisa saya lakukan buat bude selama bude masih hidup.

Di atas pusara yang masih lembab saya hanya bisa mendoakan semoga bude tenang di alam sana. Semoga diterima segala amal baik dan diampuni segala kesalahan. Selamat jalan bude!

nazmi

Sekedar menyalurkan hobi menulis.

Latest posts by nazmi (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys 😀 Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan 😉 Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top