Indo Blog Net

lomba blog zakiah hijab

Mau Tau Gak, 5 Hal yang Harus Dimiliki Muslimah Cerdas?

Jadi muslimah cerdas? Iiih, siapa yang gak mau! Saya juga mau lah pastinya. Tapi kenyataannya jadi muslimah cerdas itu gak gampang, lho. Butuh usaha yang keras dan juga proses untuk mencapainya. Muslimah cerdas juga gak hanya dilihat dari satu sisi aja, tapi dari berbagai sisi. Maksudnya, bukan otaknya aja yang ‘berisi’, tapi juga perilakunya, pikirannya, dan keadaan imannya harus oke juga, tuh.

Kalau dalam pandangan saya, definisi muslimah cerdas itu gak dilihat dari berapa tinggi IPK-nya, atau dari lulusan mana kuliahnya, ataupun apa profesinya. Tapi dilihat dari beberapa hal dalam dirinya, yang membuat seorang wanita jadi terlihat intelek. Eh, bukan berarti otak encer gak penting, ya penting dong, tapi gak harus encer-encer amat untuk bisa terlihat cerdas. Nah, mau tau gak, 5 hal yang harus dimiliki seorang muslimah cerdas? Yuuuk, cus..

1.Grateful heart

Muslimah cerdas adalah muslimah yang senang bersyukur. Bersyukurnya gak hanya disaat diberi banyak kemudahan atau rezeki, tapi juga termasuk saat diberi kesulitan dan kesedihan. Ya, kalau cuma bersyukur disaat dikasih yang baik-baik sesuai keinginan kita sih, banyak orang juga bisa ya. Tapi beda nih, sama muslimah cerdas. Ia bisa bersyukur juga disaat Allah memberinya ujian hidup, seperti: kesedihan, kesulitan, atau kesakitan.

Dengan hati yang bersyukur inilah kita bisa lebih mudah untuk happy. Dan kalau kita sudah merasa happy, apapun yang ingin kita jalani dalam hidup ini tentu akan terasa lebih indah, bukan? *senyum cantik*

2.Happy to learn

Cerdas tentunya gak jauh-jauh dari yang namanya pintar, pandai, berilmu, de el el lah ya.. Gak bakal bisa dibilang cerdas kalau otaknya gak mendukung. Kalau ada yang bilang, “Gak ada orang yang bodoh, yang ada hanya orang yang malas”, saya setuju! Sebab, kecerdasan juga bisa diasah, kok. Tapi, saya juga meyakini bahwa memang ada sebagian orang yang dianugerahi otak yang lebih encer dari yang lainnya, sehingga ia lebih mudah untuk ‘diasah’.

Cara ngasah otak ya pastinya dengan belajar. Semakin banyak belajar insya Allah semakin pintar (harusnya, ya), hihi.. Gimana sih, caranya untuk bisa terus belajar, gak bosan gitu maksudnya. Yaitu dengan menyenangi aktivitas belajar itu sendiri. Nahhh, kalau bawaannya aja udah malas, setengah hati, ditambah pula dengan mood yang gak semangat, ya gimana belajar bisa maksimal. Belajar itu harus happy, ada rasa excited, ini dia yang bikin kita jadi gak bosan dengan aktivitas belajar. Love what you do! Ini berlaku juga dalam belajar.

3.Positive thoughts

Tak hanya otak yang ‘berisi’, muslimah cerdas juga harus punya pikiran-pikiran yang positif. Pikiran yang positif adalah pikiran yang sehat, yang bisa membuat hidup kita jadi positif pula. Karena pikiran yang negatif itu seperti racun, yang membuat perilaku kita juga jadi gak baik. Bukan hanya gak baik untuk kesehatan otak, tapi juga kesehatan kita secara keseluruhan, termasuk juga kesehatan tubuh. Tau gak, stress juga berasal dari pikiran-pikiran kita sendiri. Pikiran-pikiran yang negatif membuat kita gak bisa melihat sisi positif dari suatu hal.

Hmm, ya gak mungkin juga sih, pikiran kita bakal baik terus 100 % all the time. Pasti ada lah, saat-saat di mana kita ‘diganggu’ dengan pikiran yang negatif. Tapi, jangan sampai berlebihan dan merugikan, ya. Kita harus tau batas. Ingat, pengendali dari pikiranmu adalah dirimu sendiri 🙂

4.True beauty

Kecantikan sejati yang saya maksud di sini bukanlah kecantikan rupa. Sebab kecantikan rupa di mata manusia memang relatif, namun kebanyakan lebih dilihat dari warna kulit, bentuk tubuh, dan seperti apa parasnya. Padahal kecantikan yang sejati bukan diukur dari fisik, melainkan dari apa yang ada di dalam diri seseorang. Kecantikan sejati adalah kecantikan yang paling alami, sebab ia hadir tanpa bisa direkayasa oleh tangan manusia. Dokter sejenius apapun, atau kecanggihan teknologi sampai kapanpun gak akan bisa merekayasa yang namanya kecantikan hati.

Caranya mendapatkan kecantikan sejati gimana? Dengan selalu memperbaiki hati agar tetap bersih. Hati yang bersih adalah hati yang bebas dari penyakit hati, seperti: rasa iri, dengki, ataupun amarah. Tapi, kecantikan hati juga gak berarti kita mengabaikan penampilan lahir kita, ya. Muslimah cerdas harus pula mengutamakan kebersihan dan kerapihan dirinya. Gak perlu repot pakai kosmetik bla..bla..bla, atau baju bermerek fantastis untuk bisa nyaman dilihat. Cukup dengan menjaga kebersihan diri dan kerapihannya, pokoknya jangan sampai jorok dan acak-acakan *nyengir*.

5.Strong faith

Nah, menurut saya ini jadi point paling penting bagi muslimah cerdas. Iman yang kuat adalah bekal yang utama dalam menjalani hidup agar kita selalu berada on the right track. Iman yang kuat ini bisa jadi kontrol atas diri kita, baik itu perilaku, pikiran, maupun perasaan kita. Supaya bisa punya iman yang kuat tentunya kita harus dekat dengan Allah. Dan untuk bisa dekat dengan Allah, kita harus mengenal Allah terlebih dahulu. Tak kenal maka tak sayang, this is so true.

Cara mengenal Allah, yaitu dengan mempelajari Islam. Ini bisa kita dapatkan dari banyak sumber, misal: buku-buku Islam, video ceramah atau pengetahuan tentang Islam, maupun dari kegiatan keagamaan (pengajian dan tausyiah). Semakin kita mengenal Islam, dan mengetahui keindahan-keindahannya, insya Allah semakin bertambah rasa kagum dan cinta kita pada Allah. Point terakhir ini memang merupakan point paling penting, sekaligus juga point yang menurut saya paling sulit, karena subhanallah ‘godaan’ iman itu kuat banget, *hiks*..

Baiklah, udah tau kan ya sekarang 5 hal yang harus dimiliki seorang muslimah cerdas? Mudah-mudahan kita bisa belajar untuk bisa jadi muslimah cerdas. Tapi sebelumnya, jangan lupa untuk mengawalinya dengan niat lillahi ta’ala. Jadi muslimah cerdas bukan untuk menarik perhatian orang lain, tapi untuk meraih ridha Allah, aamiin.

 

 

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • How to build self discipline and break BAD HABITS 💪
.
We all have bad habits which takes our mind and energy off from most important task to least important
.
If you want to break bad habits, you need to be determined to build self discipline, Guys! 😉
.
1. Think about your bad habits
.
If you really want to build self discipline and break your bad habits, you need to REALISE that you have bad habits. Make a list of your bad habits 😜
.
2. Ask your friends about your bad habits
.
Ask your true friends and they will definitely give you a list. Your friends know a lot about yourself. And they will give you a  true picture of your self
.
Make a LIST what they tell you about you and analyse them
.
3. Analyse them for the triggers
.
When you know the TRIGGER, It becomes  easy to figure out that your bad habit will come in your way 😁
.
4. How much you need to do to break them
.
When you know your bad habits and the triggers, you will figure out what you need TO DO to break that habit
.
Calculate how much you will need to push yourself to change that habit
.
5. What you will become after you break bad habits
.
Try to THINK about what you can achieve by breaking that habit 🤔
.
6. Be crystal clear about why you want to break bad habits
.
Be very specific about your GOAL and why you want to accomplish that. Think about the rewards you will get
.
7. Don’t stress too much but take action
.
Go slow on yourself, okaaay! 😅 Because little changes daily makes big difference at the end of the year 😍
.
Credit: aimingthedreams.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top