Kuliner

Apa Sih yang Bikin Pecel Madiun Nikmat Banget? Bunga Turi Rahasianya!

Nah, kalau inget turi selalu ingat nasi pecel Madiun yang ciri khasnya ada bunga turinya. Di Cirebon juga sudah mulai banyak dijual nasi pecel pincuk Madiun, mungkin sudah banyak pendatang dari Jawa Timur. Tapi saat mencoba agak kecewa juga karena tak ada bunga turi dan petai cinanya. Saat aku tanyakan juga sulit mencari bunga turi di pasar. Katanya pohon turi jarang.

Waktu ke Madiun juga saat aku tanya tentang keberadaan pohon turi ini memang sudah gak sebanyak dulu yang menanamnya, tapi untung masih ada sehingga nasi pecelnya masih ada bunga turinya. Turi sendiri atau dalam bahasa latinya dikenal dengan Sesbania grandiflora yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara yang sudah menyebar. Sangat baik sih untuk tanaman peneduh di halaman rumah.

Bunga turi sendiri yang banyak digunakan untuk nasi pecel atau lalapan mempunyai kandungan seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, kalsium, besi, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin B1, B2, B6, C dan beta karoten. Selain untuk nasi pecel, bunga turi juga digunakan untuk bahan urapan. Pada cairan daun dan batangnya bisa digunakan untuk obat kumur pembersih mulut dan kerongkongan. Sedangkan getahnya mengandung beberapa pewarna seperti agatin, basorin dan zantoagatin.

Di India sih turi ini banyak diambil manfaatnya mulai dari akar, batang, daun sampai bunganya untuk digunakan sebagai obat. Bunga turi khususnya daunnya oleh masyarakat Jawa Tengah digunakan sebagai pewarna alami. Sedang daun turinya digunakan untuk mengobati keputihan, sakit tenggorokan, batuk, mengatasi hidung berlendir, sakit kepala. Bunga turi banyak mengandung vitamin B sehingga digunakan untuk sayuran. Biji turi juga bisa sebagai pengganti biji kedelai walau rasanya gak seenak kedelai, sehingga bisa digunakan untuk membuat tempe. Daun bersifat tonik sehingga bisa digunakan untuk mengobati diare, disentri sampai perut kembung.

Begitulah banyak manfaat dari pohon turi. Pohon tinggi dengan daun yang melebar membuat tanaman ini bisa digunakna senagai tanaman peneduh. Aku ingat saat masih kecil kalau berpergian ke Jawa Tengah menggunakan mobil di sepanjang jalan banyak terdapat pohon turi. Tapi entahlah sekarang sudah jarang digunakan pohon jenis ini untuk di tepi jalan. Tanaman turi ini mempunyai ciri, seperti batang yang mengeluarkan lendir dan rantingnya menggantung dengan lapisan kulit luar permukaannya tak merata dan mudah mengelupas.

Daunnya termasuk daun majemuk dan menyebar, bentuk rata dan menyirip ke depan. Panjang tangkai daun 20-30 cm. Sedangkan bunganya mempunyai 3 warna, merah, putih dan gabungan kedua warna itu. Letak bunganya menggantung dengan 2-4 bunga bertangkai dan kuncupnya berbetuk sabit. Saat bunganya mekar akan terlihat seperti kupu-kupu. Untuk buah termasuk jenis polong-polongan dengan panjang 20-55 cm. Saat muda berwarna hijau dan setelah matang berwarna kuning keputihan. Bijinya berbentuk bulat panjang dan berwarna kecoklatan.

Manfaat pohon turi:

  1. Tanaman turi untuk lalapan. Daun, bunga dan polongnya yang masih muda dapat digunakan sebagai lalapan. Tapi yang digemari adalah bunganya karena rasanya lebih enak dibandingkan daunnya yang pahit.
  2. Tanaman turi untuk obat alami.
  3. Getah turi bisa untuk penyamak dan pewarna. Pepagan turi mengeluarkan getah yang akan menggumpal menjadi gom. Gom ini mirip dengan gom arab. Digunakan untuk makanan dan perekat. Juga dipakai buat pewarna hitam untuk kerajinan anyaman bambu .

Begitulah cerita tentang pohon turi. Di beberapa daerah sudah jarang orang menanam pohon turi. Aku juga kehilangan momen dimana pohin turi ada di sepanjang jalan. Padahal khasiatnya bisa dimanfaatkan bagi manusia. Dan bunga turinya ini menjadi khasnya pecel Madiun. Kalau gak ada bunga turinya serasa bukan makan nasi pecel Madiun.

Sumber gambar: poskota.co

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regran_ed from @greenpramukasquarejakarta -  GET READY FOR THIS!

INSTAGRAM PHOTO CONTEST📣📣📣 Hi GP Squad, bertepatan dengan hari jadi Green Pramuka Square yang ke-2 pada 22 Desember 2018 mendatang kita akan bagi-bagi hadiah. Salah satunya lewat "Amazing Photo Contest" yang akan dibagi menjadi 2 kategori: Selfie/Wefie dan Food Photography. Periode lomba 23 November - 15 Desember 2018.

Mau tahu mekanismenya seperti apa, simak di bawah ini: 
1. Untuk kategori selfie/wefie, kamu bisa memanfaatkan area atau spot GPS. Boleh saat sedang berbelanja, makan atau nonton
2. Untung kategori Food Photography, kamu bisa memanfaatkan tenant restoran di GPS. Dan jangan lupa harus diberi keterangan atau hastag nama menu makanan dan restorannya, ya!
3. Follow akun socmed GPS (FB, Twitter dan IG) @greenpramukasquarejakarta
4. Upload foto kamu dengan mention ke IG kita, dan ajak 5 orang teman kamu buat ikutan
5. Biar keikutsertaan kamu makin afdol, jangan lupa kasih hastag #greenpramukasquarejakarta #2thnGreenPramukaSquare dan #amazinggreenpramukasquare
6. Akan dipilih 3 orang pemenang dengan foto dan caption menarik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1 Rp 1.000.000
Juara 2 Rp  750.000 
Juara 3 Rp  500.000

Dan dari semua hadiah yang menanti, akan ada Grand Prize berupa Smartphone XIAOMI REDMI 6 dan 5 buah bingkisan menarik untuk hadiah hiburan. Yakin nggak mau ikutan? Kita tunggu foto-foto ciamik kalian, GP Squad.

Swipe left, for more info!

#amazingphotocontest #selfiecontest #wefiecontest #foodphotography #2thngreenpramukasquare #2ndanniversary #greenpramukasquare #greenpramukasquarejakarta - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top