Gaya Hidup

Mau Hidup Lebih Sehat di 2017, Ahhh!

Cuaca lagi nggak bersahabat ya, manteman? Dua hari kemaren, eikeh tepar deh. FLU BERAT. Yes, “cuma” flu… dan flu emang sering dianggep sebagai penyakit yang sepele.. Tapi, oh my… coba deh, dirasain itu hidung yang meleerrr dan pala yang rasanya udah mau meledaaak *lebay alert* karena emang rasanya nggereges bin nggeliyeng.

Udah minum segala macam obat herbal, macam habbatussauda, madu pahit dan madu manis jugak, tapi ga tau niih… si flu seolah emoh hengkang dari raga. Mungkiiin, ini mungkin loh yaaa… saya kan jarang keluar malam. Nah, pekan kemarin tuh, ada acara blogging di pusat kota, dimana saya pulangnya abis Isya. Naik bus Damri trus ganti angkot–yang mana jendelanya dibuka LEBAAAARRR. Walhasil masuk anjing, eh, angin deh 🙂

Minum obat, checked. Istirahat gegoleran di kasur, checked.

Tapi kok rasanya tak kunjung sembuh.

Iseng-iseng saya coba lakukan sesuatu yang udah lamaaa gak saya lakukan. Yep, OLAHRAGA alias aerobik. Setel koleksi senam di laptop, mulai dari kickboxing, zumba class, aerobiknya Feni Rose… dan Hamdalah…. senam berdurasi sejam-an ini sukses bikin kringetan segede jagung keluar semua. AKU SEHAT, AKU BUGAR, AKU KUAT…!

Udah sembuh total? Ya belum sih 🙂 Tapi, udah mendingan. Nih buktinya udah ngeblog lagi, hahaha.

***

Intinya begitulah.

Terkadang, “obat” untuk fisik yang tengah acakadut bukanlah kudu menenggak aneka pil, kapsul, tablet dan puyer nan pait yang biasa diresepkan para dokter. Weitss, jangan salah paham dulu yak. I’m not against medical things, hanya mencoba mengingatkan diri sendiri, bahwa ternyata, untuk jadi sehat kadang hanya butuh hal-hal yang simpel aja kok.

Apa aja?

(1). Pikiran positif

(2). Olahraga yang sesuai dan konsisten

(3). Pola makan yang baik

(4). Gaya hidup yang sehat

senam-1

senam-3

Simpel kan? Simpel nulisnya, tapi yaaaa… gitu deh, pas giliran kudu dieksekusi J

Bicara soal pikiran positif, saya jadi ingat petuah dr Agus Ali Fauzi ketika beliau menjadi pemateri dalam Kajian rutin bulanan di masjid kompleks kami. Dokter Agus ini spesialis kanker ya, manteman. Jadi beliau udah (istilah orang Jawa) “sego jangan” alias udah biasaaaaa banget, ketemu sama pasien dengan penyakit keganasan jenis dan level berapapun.

Yang saya highlight dari ucapan beliau, “70 persen penyebab penyakit itu bersumber dari pikiran.”

TUJUH PULUH PERSEN. Ini angka yang sangat WOW. Kalau kita membiarkan energi negatif, pikiran-pikiran buruk bersemayam dalam otak, itu sama saja artinya kita sedang “mengundang” penyakit untuk datang ke dalam diri kita!

Mengerikaaaan…!

Mengerikan tapi kok sepertinya setiap hari aku lakukan ya?

Hiks.

Di kehidupan yang menggila ini, hal sepele apapun bisa jadi sumber terbit dan awetnya negative thinking. Misalnya, anak susah banget dibangunin pagi buat sholat subuh. Langsung deh, muncul pikiran negatif, “Aku ibu yang gagal! Aku calon penghuni neraka! Aku dan anakku sama-sama bakal jadi kerak neraka!”

Hiks.

Padahal, kalau mau berpikir positif, bisa aja dengan kondisi yang sama, kita ganti dengan bergumam, “Ya, saya tahu, ini ujian dari Allah. Apakah aku bisa sabar dan terus berjuang untuk merawat dan mendidik amanah yang Dia titipkan pada kami. Kalau anakku langsung sholeh, gampang dibangunin dan ke masjid subuh, maka… aku nggak dapat kesempatan buat berdakwah dong? Alhamdulillah, anak agak sedikit susah dibangunin, di sini letak dakwahku. Ini jihadku sebagai Ibu.”

See? (*)

 

Image source: pixabay.com

 

 

nurulrahma

Blogger bukanbocahbiasa.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top