Kesehatan

Masih Suka Ngantuk Padahal Sudah Cukup Tidur? Ini Penyebabnya

Kebutuhan pokok bagi manusia tidak hanya makan, minum dan tempat tinggal. Beristirahat atau tidur juga termasuk kebutuhan pokok manusia. Saat menderita susah tidur atau insomnia tubuh akan menjadi lebih cepat lelah. Bahkan kondisi medis tertentu yang membuat seseorang menderita penyakit susah tidur bahkan bisa menyebabkan kematian.
Tidur bukan sekedar memejamkan mata, terlelap dan bermimpi bagi sebagian orang. Sejatinya tidur adalah suatu proses yang dibutuhkan dalam metabolisme tubuh manusia. Selama tidur sel-sel tubuh beregenerasi. Sel-sel kulit meremajakan diri ketika tubuh sedang terlelap. Beberapa organ seperti sistem pencernaan dan otak mengistirahatkan sebagian fungsinya. Tetapi apa jadinya jika selalu mengantuk meski jumlah jam tidur sudah cukup lama?

Penyebab Selalu Mengantuk

Sering mengantuk di jam sibuk? tentu sangat mengkhawatirkan. Sering mengantuk bisa membahayakan keselamatan. Siswa mengantuk di sekolah bisa mendapatkan sanksi dari guru yang sedang mengajar. Karyawan mengantuk di jam kerja bisa dipecat karena dianggap tidak produktif. Mengantuk berlebihan pun bisa membahayakan jiwa. Dapat dibayangkan jika sedang mengendarai kendaraan bermotor tiba-tiba diserang kantuk tak tertahankan. Kecelakaan dan mencelakai jiwa sendiri dapat terjadi hanya karena rasa kantuk luar biasa meski sudah cukup beristirahat.

Mengantuk adalah semacam signal bahwa tubuh memerlukan waktu beristirahat. Durasi tidur selama minimal lima hingga enam jam sehari sudah dapat dikategorikan cukup untuk mengistirahatkan tubuh. Jika jam tidur sudah cukup namun masih sering mengantuk kemungkinan ada hal-hal lain yang menyebabkan rasa kantuk. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan tetap mengantuk meski sudah cukup tidur?

Faktor-faktor yang menyebabkan rasa kantuk meski sudah cukup beristirahat adalah:

a. Anemia. salah satu gejala anemia atau kurang darah adalah mudah mengantuk badan lemah dan letih. Anemia adalah kondisi kurangnya kadar zat besi dalam darah. Zat besi merupakan senyawa yang membantu pengikatan Oksigen dalam sistem transportasi pada tubuh manusia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kurangnya kadar Oksigen dalam darah sehingga tubuh mudah lelah dan mengantuk.

b. Sedang menstruasi atau Pra Menstrual Sydnrome. Secara alamiah menjelang menstruasi atau selama menstruasi seorang wanita akan lebih mudah menderita letih, lesu dan mengantuk. Hal ini ada kaitannya dengan anemia karena saat menstruasi akan mengeluarkan banyak darah.

c. Terjadi hipotiroid. Kelenjar tiroid yang berada di bagian bawah leher berfungsi mengontrol metabolisme tubuh dan berperan dalam pembentukan energi tubuh. Jika produksi hormone tiroid menurun secara otomatis tubuh merasa lesu dan mudah mengantuk

d. Menderita diabetes. Mudah mengantuk dan lemas adalah keluhan yang sering dialami pasien diabetes. Tingginya kadar glukosa darah dapat menyebabkan mengantuk. Hal ini disebabkan karena terjadi hambatan pada proses pembentukan energy ATP tubuh.

e. Dehidrasi. Kekurangan cairan tidak hanya membuat sulit berkonsentrasi namun tubuh lebih mudah letih sehingga mudah mengantuk

f. Gangguan jantung. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jika terjadi gangguan jantung secara otomatis terjadi pula gangguan transportasi Oksigen ke seluruh tubuh.

Tips Mengatasi Kantuk Berlebihan

Mengantuk hingga mengurangi kreativitas dan efisiensi kerja tentu tak diinginkan setiap orang. Tips untuk menghindari kantuk berlebih adalah:

a. upayakan tidur berkualitas. Tidur cukup namun mengalami banyak gangguan selama tidur dapat menyebabkan kantuk. Usahakan tidak berpikir hal berat menjelang tidur. Matikan lampu dan jauhkan benda-benda elektronik dari ruang tidur. Benda elektronik meski dalam kondisi mati tetap memancarkan gelombang magnetik yang bisa mengurangi kualitas tidur.

b. melakukan general check up secara berkala. Memantau kesehatan tubuh membantu menemukan penyakit atau gangguan metabolisme yang menyebabkan mudah mengantuk seperti gejala anemia atau diabetes. Upaya menyembuhkan gangguan tersebut dapat mengurangi kecenderungan mengantuk

c. rajin berolahraga. Olahraga teratur membantu transportasi darah berjalan normal. Kantuk menghilang seiring dengan aktivitas yang menyenangkan.

Mudah mengantuk juga bisa terjadi karena bosan terhadap rutinitas. Sesekali lakukan hal di luar kebiasaan untuk menumbuhkan keingintahuan dan memicu adrenalin. Tantangan baru didapatkan kantuk berlebihan pun dapat dihilangkan. Tetapi tetap berhati-hati, jangan sampai tertidur saat berbungee jumping atau saat beraktivitas terbang paralayang. Lakukan general check up sebelum melakukan aktivitas yang memicu adrenalin sebagai tindakan antisipasi terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

 

 

Image source: pixabay.com

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillaah, Jum'at Mubarak 😍 Hari yang paling baik untuk melakukan amal kebaikan, termasuk beraktivitas yang bernilai ibadah πŸ˜‰
.
Guys, ngomong-ngomong soal website nih ya, udah mobile responsive (mobile friendly) belum sih websitemu? 😎 Soalnya ini penting banget lho untuk diperhatikan
.
Berdasarkan survey, website yang gak mobile responsive bakal bikin pengunjung "gak jadi" mengunjungi websitemu πŸ˜† Ya iyalahhh malesin kan ya kalau harus ribet dengan tampilan web saat kamu buka lewat hp πŸ˜… Sementara saat ini, kebanyakan user menggunakan hp untuk mengakses internet, termasuk untuk membuka web..
.
Tuh guys, kalau kamu gak pengen web-mu sepi pengunjung gara-gara gak mobile responsive, buruan deh di upgrade supaya lebih mobile responsive 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #jumatberkah #jumatmubarak #followme #tips #viral #website #survey

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top