Blogging

Masa Blogger Kekurangan Ide?

Blogger masa kekurangan ide? Tak usah terkejut. Banyak blogger yang mengaku kehabisan ide, kekeringan ide, fakir ide, dan aneka istilah lainnya. Alhasil blognya jarang diupdate. Pengunjung pun merasa kecewa karena tak menjumpai artikel terkini. Mereka langsung pergi dan berjanji tak akan kembali. Melihat blognya sepi, ada blogger yang lantas sadar diri lalu bergegas menulis artikel. Sebaliknya ada pula blogger yang merasa kecewa karena statistik blognya menunjukkan angka yang kurang menggembirakan. Akhirnya putus asa lalu memutuskan untuk menggantung laptopnya. “Enakan main di media sosial,” ujarnya. Wah.

Sebenarnya ide itu berlimpah. Namun karena kurang jeli mengamati keadaan sekeliling maka seolah dunia ini tak ada isinya. Padahal di kiri, kanan, atas, bawah, muka, dan belakang manusia itu banyak keadaan dan kejadian yang bisa ditangkap untuk ditempa menjadi artikel. Semua yang tampak di mata atau yang bisa dilihat, dirasa, diraba, didengar, dan dicium sebenarnya bisa menjadi tulisan yang bagus. Tak ada yang tak mungkin. Asal mampu  dan mau mengolahnya maka sesuatu yang tampaknya biasa-biasa saja bahkan bisa menjadi artikel yang menginspirasi banyak orang.

Untuk membuktikannya maka saya akan memberikan  contoh. Silahkan memperhatikan gambar di bawah ini.

Sleeping beauty

Orang biasa menganggap gambar di atas unik dan lucu. Dia lalu mengambil kamera dan memotret  kucing yang sedang tidur lelap itu. Setelah itu gambar diupload di Fecebook, Twitter, Pinterest, dan atau Instagram. Hanya itu.

Lain halnya dengan blogger yang piawai menangkap ide. Dengan memanfaatkan kalimat bijak: ’gambar berbicara seribu kata,’ maka dari gambar tersebut para blogger bisa membuat puluhan artikel.

Melihat gambar di atas seorang blogger yang suka menulis dunia binatang bisa menerbitkan artikel:

  1. Cara menyiapkan makanan sehat untuk kucing
  2. Cara mendisiplinkan kucing agar tidak buang air besar sembarangan
  3. Ada apa dengan anjing, kucing, dan tikus?
  4. Jenis kucing berharga jutaan rupiah
  5. Film-film bertema kucing
  6. Selebritis dunia penggemar kucing

Sementara blogger yang blognya bertopik usaha rumahan bisa menerbitkan postingan tentang:

  1. Usaha rumahan membuat alat pembersih rumah
  2. Cara membuat kemoceng berbahan limbah dan barang bekas
  3. Bisnis rumahan aneka tempat tidur cantik dan unik untuk si meong
  4. Jasa penitipan hewan piaraan
  5. Usaha salon kucing dan anjing

Itulah contoh bagaimana cara memanfaatkan apa yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari untuk mengisi artikel blog. Intinya, ide untuk update blog bisa dicari dan ditemukan di sekitar kita. Jangankan kucing sebesar itu, nyamuk yang suka dimaki-maki orang saja bisa memberikan nafkah ribuan orang. Nggak percaya? Lihat saja orang yang bekerja di pabrik pembuat obat nyamuk, pembuat raket anti nyamuk, pembuat kelambu, dan lain sebagainya. Semua itu bisa terjadi karena ada orang yang tak henti-hentinya berpikir.

Ketika berada di tengah kemacetan lalu lintas, seseorang bisa saja misuh-misuh, nggrundel, atau bahkan menyalahkan apa dan siapa saja yang bisa dianggap biangnya. Tetapi bagi blogger yang cerdik dan cerdas, keadaan itu bisa memunculkan ide untuk dituangkan dalam tulisan. Jumlah kendaraan, hujan, perilaku pengemudi yang tidak disiplin, petugas yang turun tangan mendorong mobil mogok, dan lain sebagainya bisa menjadi artikel yang memikat. Blogger bisa juga meninjaunya dari segi ekonomi, berapa rupiah kerugian para pelaku bisnis akibat hujan lebat dan banjir. Dilain pihak ada rakyat yang diuntungkan dari kemacetan lalu lintas ini. Lihat saja pedagang asongan, mobil derek, pendorong mobil mogok, dan lain-lainnya mungkin bisa meraup uang yang lebih dari hari-hari biasa. Pendek kata, dari kemacetan lalu lintas saja bisa muncul aneka artikel mulai dari yang bernuansa galau, kacau-meracau sampai ke artikel bertopik sosial, budaya, ekonomi, keamanan, dan lain sebagainya.

Masih tak punya ide? Tak adakah sesuatu yang bisa dicomot dari layar televisi? Bukankah di sana ada pelajaran yang bisa dipetik. Ada pejabat yang saling sindir di media sosial atau di layar televisi. Ada pula mereka yang benama besar tersandung dalam kasus korupsi. Saling dorong antara petugas dan rakyat yang digusur, dibumbui umpatan dan tangis yang menyayat hati. Hikmah dari sebuah kisah anak manusia dalam sinetron juga bisa dijadikan artikel. Tak selalu harus berupa artikel review atau resensi. Dengan sedikit modifikasi blogger dapat menulis artikel parenting, budi pekerti, dan agama setelah melihat tayangan sinetron tersebut.

Apakah selalu lepas dari pengamatan ketika seorang blogger melihat anak tetangga pulang dari sekolah? Bukankah blogger bisa menulis tentang alasan anak sekolah memakai pakaian seragam. Tak adakah pelajaran yang bisa dipetik dari kerumunan kaum ibu yang sedang berbelanja keperluan dapur di bakul sayur keliling? Dari hasil nguping obrolan mereka mungkin bisa menghasilkan artikel yang menarik dan bermanfaat. Coba tanyakan untuk apa seorang ibu membeli daging sapi begitu banyak padahal biasanya mereka hanya makan nasi berlauk tahu-tempe. “Iya nih, mau ada tamu teman-teman baru suami saya. Katanya sih dari negara lain”. Wow, bukankah ini berita yang cukup asyik untuk diiikuti. Orang desa kedatangan tamu dari negara lain? Wow..

Tentu ada saja ide yang bisa dikembangkan dari apa yang dilihat, didengar, dirasa, dan dialami setiap hari. Tak perlu mencari ke dasar lautan atau ke luar angkasa karena ide berada di seputar kita. Blogger juga tak dilarang memanfaatkan koran bekas yang ditumpuk di gudang untuk mendapatkan ide. Blogger masa kekurangan ide?

Source image: pixabay.com

Editor: Indoblognet

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ah, siapa sih ya yang gak suka dikasih produk gratis, seperti hampers product, goodie bag, tester product, maupun jenis promotional products lainnya. Ini lebih menarik perhatian konsumen dibanding iklan produk di internet 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #hampers #goodiebag #testerproduct #iklan #produkgratis

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top