Indo Blog Net

Kesehatan

Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan

manfaat temulawak untuk pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan termasuk hal yang sangat penting agar kita dapat sehat secara menyeluruh. Karena kesehatan pencernaan akan berpengaruh juga terhadap kesehatan mental dan emosional kita.

Saat pencernaan Anda terganggu, tak hanya fisik saja yang terkena dampaknya, pikiran dan emosi juga bisa ikut terganggu. Misalnya, saat mengalami penyakit maag, Anda jadi tak nafsu makan yang akhirnya bisa memicu stress serta menurunkan suasana hati (mood).

Berbagai Masalah Pencernaan yang Sering Terjadi

Masalah pada pencernaan bisa dialami oleh siapapun, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia. Salah satu masalah pencernaan yang sering sekali kita dengar adalah maag.

Tapi sebenarnya masalah pencernaan bukan hanya maag saja, ada banyak masalah pencernaan yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak beberapa masalah pencernaan yang sering terjadi berikut ini:

Maag

Maag atau yang dalam istilah medis disebut Gastritis ini merupakan masalah pencernaan yang paling sering terjadi. Maag disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada lapisan pelindung lambung.

Ada dua jenis maag, yaitu akut dan kronis. Maag akut adalah peradangan yang terjadi secara tiba-tiba (mendadak), sedangkan maag kronis adalah peradangan yang terjadi secara bertahap (peradangan yang bertahan selama bertahun-tahun).

Baca juga: Barista Profesional Yang Mendunia Ini Punya Solusi Atasi Sakit Maag

Maag kronis jika tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kanker perut. Karenanya sebelum maag ini semakin parah, sebaiknya diatasi sedari awal.

Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan maag, seperti infeksi bakteri gastrointestinal. Umumnya infeksi ditimbulkan oleh bakteri Helicobacter Pylori yang menyerang lapisan lambung. 

Disamping itu, maag juga bisa disebabkan oleh pola hidup maupun pola makan yang tak sehat, diantaranya sering stress, makan tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asam, dan lain-lain.

Sembelit

Berapa kali Anda buang air besar (BAB) dalam seminggu? Jika Anda BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu, hal ini bisa dikategorikan dalam sembelit atau konstipasi.

Sembelit merupakan frekuensi BAB yang lebih sedikit dari biasanya. Saat sembelit, tinja menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Sebenarnya sembelit ini merupakan hal yang umum terjadi dan seringkali bukan termasuk kondisi yang serius.

Namun, ada pula sembelit yang menjadi kronis jika terjadi secara berulang dalam waktu yang cukup lama. Tentunya sembelit kronis tak bisa dianggap remeh, karena hal ini akan mengganggu kondisi seseorang yang mengalaminya.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah Saat Berpuasa

Sembelit ini bisa disebabkan oleh pola makan yang tak baik, yaitu kurang mengonsumsi makanan yang berserat maupun kurang minum air putih. Selain itu bisa juga disebabkan kurangnya aktivitas fisik, stress, atau kebiasaan menahan keinginan untuk buang air besar.

Asam Lambung (GERD)

Asam lambung yang dalam istilah medis disebut GERD (gastroesophageal reflux disease) ini disebabkan melemahnya katup kerongkongan bagian bawah, sehingga tak dapat menutup dengan baik.

Akhirnya hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi asam lambung serta makanan menjadi naik ke kerongkongan. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, lapisan kerongkongan bisa terluka bahkan mengalami peradangan akibat terkikis asam lambung yang naik.

Gejala utama dari GERD yaitu adanya rasa seperti terbakar di dada atau yang dikenal dengan istilah heartburn. Dan hal ini akan semakin parah saat setelah makan atau berbaring. Disamping itu, gejala lainnya adalah sesak napas, mual, sering bersendawa, mulut terasa asam, serta muntah. 

Sindrom Iritasi Usus (IBS)

Sindrom iritasi usus atau IBS (irritable bowel syndrom) adalah sebuah kelainan iritasi yang menyerang usus besar. Gejalanya meliputi nyeri dan kram pada bagian perut, kembung, diare ataupun sembelit. Sindrom iritasi usus termasuk kondisi kronis yang memerlukan penangangan jangka panjang bagi mereka yang mengalaminya. 

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sindrom iritasi usus ini, seperti: kontraksi pada otot dinding usus yang tidak normal, abnormalitas saraf pada sistem pencernaan, terjadinya peradangan usus, infeksi berat, maupun adanya perubahan flora normal pada usus. 

Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan

Nah, untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan di atas, Anda bisa memanfaatkan tanaman-tanaman herbal di sekitarmu. Salah satu tanaman herbal yang populer untuk meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan adalah temulawak.

Kita patut bangga karena temulawak yang memang asli berasal dari Indonesia ini ternyata memiliki banyak khasiat. 

Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb ini termasuk tanaman dari suku temu-temuan. Salah satu kandungan yang membuat Temulawak ini ampuh sebagai obat tradisional adalah kurkumin.

Baca juga: 6 Bumbu Dapur Ini Bisa Dijadikan Sebagai Obat, Lho

Kurkumin berfungsi sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal peradangan, infeksi, kerusakan, serta penyakit. 

Selain kurkumin, Temulawak juga mengandung minyak atsiri yang terdiri atas zat-zat seperti: siklo isoren, d-kamfer, mirsen, xanthorrhizol, zingeberol, mirsen, serta zingiberen.

Minyak atsiri ini juga bersifat sebagai anti inflamasi. Antioksidan yang terdapat pada Temulawak tak hanya berasal dari kurkumin, tapi juga dari kandungan flavonoid dan fenol. Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Berbagai kandungan yang ada pada Temulawak tersebut dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Misalnya bagi mereka yang mengalami Sindrom Iritasi Usus, Temulawak bisa membuat otot halus pada usus lebih rileks dan tak mudah kejang. 

Temulawak yang dikonsumsi secara rutin oleh mereka yang memiliki masalah pencernaan dapat merangsang produksi cairan yang ada di kantong empedu sehingga meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Selain untuk melancarkan pencernaan, Temulawak juga bisa mengatasi perut kembung serta meningkatkan nafsu makan. Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Gastroenterology and Hepatology menyatakan bahwa Temulawak bisa membantu proses penyembuhan peradangan pada usus.

Intinya, Temulawak dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Jadi, Temulawak tak hanya baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan saja, Temulawak juga bisa dikonsumsi oleh Anda yang sehat untuk mencegah terkena penyakit.

Anda tak perlu khawatir akan efek samping yang biasanya ditimbulkan oleh obat-obatan kimiawi, karena Temulawak ini termasuk jenis tanaman herbal yang minim efek samping selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Dan jangan lupa juga untuk mengimbangi pengobatan tradisional ini dengan pola hidup yang sehat, ya 🙂

Tertarik dengan ramuan temulawak ? rempah temulawak Gunung Brujul bisa menjadi solusi Anda untuk hidup sehat.

Dibuat secara alami dan homemade oleh masyarakat yang tinggal di kawasan Gunung Brujul, Kebumen, ramuan temulawak ini terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh dari bakteri atau virus yang membahayakan kesehatan.

Komposisi : temulawak, kayu sacang, alang-alang, ketumbar, kunyit, kapulaga, cengkeh, serbuk jahe, serai, kayu manis, daun jeruk, pandan.

Manfaat ramuan temulawak :

  1. Membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh
  2. Menghilangkan nyeri sendi
  3. Membantu menghilangkan demam
  4. Mencegah kanker
  5. Membantu mengatasi gangguan pencernaan
  6. Melancarkan pencernaan
  7. Membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh
  8. Membantu proses metabolisme tubuh
  9. Membantu mengatasi radang sendi
  10. Menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL)
  11. Membantu mengatasi masuk angin
  12. Meringankan nyeri haid
  13. Menghaluskan kulit wajah

Cara menyajikan :

  1. Masukan 1 sachet rempah Temulawak Gunung Brujul dalam wadah
  2. Cuci rempah tersebut dalam air megalir
  3. Rebus ramuan rempah yang sudah dicuci tersebut dalam air sebanyak kurang lebih 200 ml sampai mendidih
  4. Siap dinikmati (jika kurang manis bisa tambahkan gula aren/madu).

ramuan temulawak

 

ramuan temulawak

 

Untuk info pemesanan, bisa menghubungi : 081310976735

Dengan mengonsumsi Temulawak secara rutin disertai dengan tips-tips di atas tentunya akan memberikan hasil yang maksimal. Selamat mencoba, ya!

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top