Indo Blog Net

Kecantikan

7 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Alami

temulawak untuk kecantikan

Menjadi cantik tentunya dambaan semua wanita. Meski kecantikan yang sesungguhnya bukan hanya diukur melalui penampilan fisik semata, namun tak bisa dipungkiri bahwa kecantikan lahiriah juga sangat penting untuk diperhatikan.

Cantik secara fisik tak harus memiliki kulit yang putih, hidung mancung, mata bulat, dan lain-lain. Sebab hal yang sifatnya kodrati alias ciptaan Allah semuanya baik.

Agar cantik secara fisik, Anda harus menjaga dan merawat diri sebaik mungkin. Kulit yang sehat, bersih, dan segar merupakan salah satu kriteria kecantikan alami.

Baca juga: Kapan Memerlukan Perawatan Wajah di Dokter Kecantikan?

Cantik itu tak harus mahal, sebab Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Salah satunya adalah tanaman herbal asli Indonesia, Temulawak.

7 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Alami

Temulawak ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti meningkatkan imunitas serta mengatasi berbagai masalah pencernaan. Temulawak juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan alami. Yuk, kita bahas 7 manfaat temulawak untuk kecantikan alami berikut ini:

1. Melembabkan kulit

Salah satu ciri kulit yang sehat dan cantik yaitu terjaganya kelembapan kulit. Artinya kulit tidak kering dan juga tidak terlalu berminyak. Namun, aktivitas sehari-hari seringkali membuat kulit banyak terpapar debu, sinar matahari, serta pendingin udara.

Semua itu dapat membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya, kulit menjadi kering dan terasa kaku. 

Kulit kering yang dibiarkan tanpa perawatan yang tepat dapat membuat kulit lebih rentan terkena iritasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba menggunakan Temulawak sebagai masker untuk membuat wajah jadi lebih lembab. Temulawak mengandung minyak atsiri yang berfungsi mengembalikan kelembapan alami kulit.

Baca juga: Tips Mencegah & Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Aktivitas Luar Ruangan

Caranya: Campurkan bubuk temulawak dengan minyak kelapa (Extra Virgin Coconut Oil/EVCO*), kemudian oleskan pada wajah hingga merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin 2 kali seminggu. 

Untuk hasil maksimal sebaiknya gunakan minyak kelapa paling murni atau yang lebih dikenal dengan sebutan Extra Virgin Coconut Oil (EVCO). EVCO lebih bagus manfaatnya jika digunakan untuk kecantikan dibanding minyak kelapa biasa atau yang biasa digunakan untuk memasak.

2. Mencegah penuaan dini

Tanda-tanda penuaan dini utamanya ditandai dengan munculnya kerutan (keriput) pada beberapa bagian kulit wajah. Seringkali keriput ini sudah muncul pada usia 20-an, itu sebabnya disebut sebagai penuaan dini.

Penuaan dini ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya paparan sinar matahari yang berlebihan, sering stress, kurang tidur, serta kurangnya asupan buah dan sayur.

Untuk itulah Anda perlu melakukan perawatan kulit agar terhindar dari penuaan dini. Temulawak merupakan salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini.

Tentunya bahan alami akan lebih aman, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif terhadap produk kecantikan. Temulawak mengandung antioksidan yang dapat memperlambat penuaan.

Caranya: campurkan bubuk Temulawak, bubuk kopi, dan minyak kelapa hingga tercampur rata. Kemudian usapkan pada wajah dan diamkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin seminggu 2 kali. 

3. Mencerahkan kulit

Kulit kusam biasanya disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati. Agar kulit Anda lebih cerah, sebaiknya lakukan eksfoliasi pada wajah. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati sehingga kulit jadi lebih bersih dan tidak kusam. Temulawak bisa membantu proses eksfoliasi agar kulit jadi lebih cerah. 

Caranya: campurkan bubuk Temulawak dengan madu, lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 25 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

4. Mengatasi jerawat

Jerawat muncul karena adanya inflamasi (peradangan) pada kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Banyak hal yang dapat memicu jerawat, seperti polusi, faktor hormon, kulit yang jarang dibersihkan, dan lain-lain.

Anda bisa manfaatkan Temulawak untuk membantu mengatasi jerawat. Sebab Temulawak mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan, termasuk jerawat.

Caranya: campurkan bubuk Temulawak dengan mentimun yang sudah dihancurkan hingga halus. Kemudian oleskan merata pada kulit wajah, dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat. Anda bisa lakukan hal ini secara rutin 1 atau 2 hari sekali saat wajah sedang berjerawat. 

5. Menghaluskan kulit

Kulit yang kasar umumnya dimiliki oleh mereka yang kulitnya cenderung kering. Penyebab utama dari kulit kasar biasanya adalah polusi dan debu. Kulit yang kasar ini tentunya membuat Anda jadi lebih sulit menggunakan makeup secara merata dan akhirnya akan mengganggu penampilan.

Tapi tak perlu khawatir karena Temulawak juga bisa untuk menghaluskan kulit Anda. 

Caranya: Gunakan masker Temulawak yang dicampur dengan lidah buaya. Oleskan masker pada wajah sambil dipijat selama kurang lebih 5 menit, lalu diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu hingga wajah terasa lebih halus. 

6. Menyamarkan noda pada kulit

Noda hitam atau bintik hitam pada wajah dapat disebabkan oleh bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, serta gejala penuaan. Jika dibiarkan noda hitam ini akan semakin sulit dihilangkan. Nah, Anda bisa manfaatkan Temulawak untuk menyamarkan noda hitam pada kulit wajah. 

Caranya: campurkan Temulawak dengan air perasan lemon, lalu usapkan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air. Ulangi hal ini 2 hingga 3 kali seminggu. 

7. Meremajakan kulit 

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit wajah akan semakin berkurang elastisitas dan kesegarannya, akhirnya kulit jadi tampak lebih kusam. Ini bisa Anda atasi dengan Temulawak. Antioksidan yang terdapat pada Temulawak bisa membuat kulit jadi tampak lebih segar dan terlihat awet muda jika digunakan secara rutin.

Caranya: campurkan bubuk Temulawak dan bubuk teh hijau dengan air mineral, lalu oleskan merata pada wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan perawatan ini 1 hingga 2 kali seminggu.

Bagaimana, mudah bukan? Semua bahan-bahan yang diperlukan tidak sulit didapat. Anda bisa melakukan perawatan ini di malam hari sebelum tidur.

Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil optimal dari Temulawak ini tentunya tidak dalam waktu singkat. Anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Selamat mencoba dan semoga berhasil! 🙂 

Credit photo: utamaspicebali.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top