Indo Blog Net

kesehatan

Manfaat Tanaman Kaktus bagi Kesehatan dan Cara Mudah Merawatnya

tanaman kaktus

Pengen punya rumah yang lebih cantik sekaligus sehat? Cobalah letakkan beberapa pot tanaman kaktus di rumahmu. Tanaman kaktus tak hanya berfungsi sebagai dekorasi yang membuat rumah tampak lebih cantik, kaktus juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatanmu, lho.

Mau tau apa saja manfaat tanaman kaktus dan bagaimana cara mudah merawat tanaman ini di rumahmu? Yuk, baca sampai selesai, ya ūüôā

Manfaat Tanaman Kaktus Bagi Kesehatan

Memelihara tanaman di dalam rumah memang memiliki banyak manfaat. Salah satu jenis tanaman yang saat ini sedang populer dibudidayakan di rumah adalah tanaman kaktus. Selain untuk mempercantik dekorasi ruangan dengan bentuknya yang unik dan beraneka ragam, tanaman kaktus juga memberikan beberapa manfaat seperti berikut ini:

1. Membersihkan udara di dalam ruangan

tanaman kaktus untuk dekorasi rumah

Sama halnya dengan tanaman hijau lainnya, tanaman kaktus juga berfungsi menyaring udara di dalam ruangan serta menyerap racun. Sehingga udara dalam ruangan jadi lebih bersih dan segar. Bagi Anda yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma, alergi debu, maupun influenza, keberadaan tanaman kaktus ini dapat membantu melancarkan pernapasan. 

2. Menyerap radiasi 

Gadget yang kita gunakan sehari-hari (termasuk jaringan wi-fi di rumah) menghasilkan radiasi yang tak baik untuk kesehatan. Penggunaan gadget yang terus menerus dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti: sakit mata, sakit kepala, mudah lelah, hingga gangguan pada otak.

Efek dari radiasi ini bisa dikurangi dengan meletakkan tanaman kaktus pada ruangan, sebab kaktus terbukti dapat menyerap radiasi.

3. Meningkatkan konsentrasi

menanam kaktus untuk konsentrasi

Berdasarkan sebuah penelitian di University of Michigan, keberadaan tanaman kaktus di sekitar Anda bisa meningkatkan konsentrasi hingga 20 persen. Jadi Anda bisa letakkan beberapa tanaman kaktus di ruang kerja atau ruang belajar untuk mendapat manfaat tersebut. 

4. Mengurangi stres

Memelihara tanaman, termasuk kaktus, merupakan salah satu cara untuk mengurangi stres. Sebuah studi membuktikan bahwa meletakkan tanaman di meja kerja dapat mengurangi stres di kalangan pegawai. Karena warna hijau pada tanaman dapat mengendurkan ketegangan pada mata dan otak yang membuat kita merasa lebih rileks. 

5. Membuat tidur lebih berkualitas

Udara yang bersih, berkurangnya radiasi serta menurunnya kadar stres, semua itu tentunya akan membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak. Kaktus dapat menyerap karbondioksida (CO2) di malam hari yang membuat oksigen dalam ruangan terjaga dengan baik sehingga tidurpun jadi lebih nyenyak. 

6. Membantu mencegah penyakit

Keberadaan tanaman di dalam rumah membuat Anda lebih sehat, hal ini pada akhirnya berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Penelitian dari Agricultural University of Norway menyatakan bahwa meletakkan beberapa tanaman kaktus di rumah atau kantor dapat menurunkan risiko terkena penyakit hingga 60 persen. 

7. Mempercepat pemulihan saat sakit 

Tanaman kaktus juga terbukti dapat mempercepat pemulihan saat Anda sedang sakit. Para peneliti dari Kansas State University menyatakan bahwa pasien yang di kamarnya diletakkan tanaman kaktus memerlukan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit, serta memiliki tekanan darah dan denyut jantung yang lebih normal dibanding pasien yang di kamarnya tidak diletakkan tanaman kaktus.

6 Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus di Rumah

Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari tanaman kaktus bagi kesehatan, tentunya Anda semakin tertarik untuk menanamnya di rumah bukan? Namun ada beberapa kiat yang perlu Anda tahu dalam merawat tanaman kaktus agar tidak mudah mati. Mari simak bagaimana cara mudah merawat tanaman kaktus berikut ini.

Pilih pot yang memiliki lubang di bagian bawahnya 

cara merawat kaktus

Hal ini agar air siraman dapat keluar melalui lubang tersebut dan tidak menggenang di dalam pot. Air yang menggenang di dalam pot bisa membuat akar kaktus mudah membusuk karena terlalu lembab atau basah. Sebaiknya gunakan pot yang terbuat dari tanah liat. Pot dari tanah liat ini dapat menyerap air dan mengeluarkannya melalui pori-pori.

Perhatikan media tanamnya

Gunakan media tanam yang tepat agar tanaman kaktus tumbuh lebih sehat. Letakkan pasir malang atau batu kerikil di bagian dasar pot untuk mengurangi kelembapan dalam tanah. Setelah itu masukkan campuran tanah dan pupuk kandang. Sedangkan pada bagian atasnya bisa gunakan sekam bakar ataupun serbuk arang. 

Tempatkan kaktus di tempat yang tepat 

tips merawat kaktus di rumah

Letakkan tanaman kaktus di tempat yang sejuk, teduh, dan terang. Hindari meletakkannya di tempat yang tertutup dan lembab, karena hal ini dapat membuat kaktus tidak dapat berkembang dengan baik. Anda bisa meletakkannya di dekat jendela rumah atau kantor. 

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Sukulen Paling Cantik Serta Tips Merawatnya

Beri sinar matahari yang cukup

Kaktus akan tumbuh dengan sehat jika mendapat sinar matahari yang cukup. Sebaiknya tempatkan kaktus di tempat yang terkena sinar matahari pagi. Namun hindarkan kaktus dari sinar matahari yang menyengat pada siang hari. Kaktus yang terkena sinar matahari langsung, terutama sinar matahari yang menyengat pada siang hari dapat menyebabkan kaktus terbakar. 

Perhatikan penyiramannya 

Kaktus sebaiknya disiram hanya satu atau dua minggu sekali. Jika terlalu sering disiram justru akan membuat kaktus menjadi cepat mati, karena akar kaktus tidak dapat menyerap kelembapan yang berlebih. Gunakan semprotan khusus penyiram tanaman dan gunakan air hangat.

Sebaiknya kaktus di siram pada pagi hari, setelahnya biarkan kaktus terkena sinar matahari pagi untuk menyerap kelembapannya. 

Beri pupuk secara berkala

Kaktus cukup diberi pupuk kompos sebanyak satu atau dua kali setahun, sebaiknya pada musim hujan. Pemberian pupuk pun tidak boleh terlalu banyak karena dapat merusak kondisi fisik kaktus.

Jadi kalau Anda ingin kaktus di rumahmu tumbuh sehat dan segar, jangan lupa untuk rutin melakukan cara-cara di atas, ya. Oke, selamat mencoba dan semoga berhasil ūüôā

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top