Menulis Yuk

Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah Saat Berpuasa

Ramadan memang memberikan efek bagus bagi tubuh. Tidak hanya mengurangi resiko terjadinya plak di jantung kita, Ramadan memberikan sejumlah keuntungan yang tak bisa diremehkan. Membuang racun dalam tubuh, mengurangi kadar lemak, meningkatkan sistem imun, hingga memperbaiki pola makan kita dapatkan berkat puasa selama sebulan penuh. Akan tetapi, kita tak boleh mengabaikan asupan makanan. Sebab tanpa asupan yang baik kebugaran tubuh akan berkurang. Idealnya wanita membutuhkan 1500-2000 kalori sementara pria 1800-2500 kalori.

Salah satu makanan yang dianjurkan agar kondisi badan tetap fit selama Ramadan adalah buah dan sayuran. Dikutip dari laman ers.usda.gov, setiap hari kita membutuhkan dua cup buah per hari. Dimana satu cup-nya setara dengan 100 persen jus dan potongan-potongan buah, satu buah apel kecil atau satu buah pisang berukuran besar, jeruk atau peach. Buah merupakan sumber pangan yang rendah kandungan lemak, kalori, sodium, akan tetapi kaya akan serat, vitamin C, folate, dan potassium. Menikmati buah saat berbuka bisa menggantikan elektrolit yang hilang. Kandungan serat dalam buah membuat perut kenyang lebih lama, sehingga tidak mudah lemas saat berpuasa.

Bagi Anda yang memiliki penyakit jantung, konsumsi buah dan sayur akan mengimbangi asupan lemak yang masuk dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak menyerap lemak jahat dan menimbunnya dalam lapisan pembuluh darah. Sebab jika dibiarkan, penimbuhan ini akan menyebabkan terjadinya penyumbatan aliran darah. Akibatnya sel-sel tubuh tdi sekitar area penyumbatan tak mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen. Apabila terjadi di otak menimbulkan penyakit stroke, sedangkan di pembuluh jantung akan memicu terjadinya penyakit jantung. Sementara kandungan vitamin C dalam buah membantu mempercepat proses penyembuhan dan menjaga kesehatan gusi serta gigi.

Adapun contoh buah yang baik dikonsumsi saat puasa adalah semangka, anggur, pepaya, melon, apel, mangga, juga pir. Buah-buahan tersebut bisa dikonsumsi segar atau diolah menjadi jus. Tetapi perlu diingat, untuk tidak menambahkan banyak gula ke dalamnya. Jus buah lebih sehat dinikmati dengan gula sesedikit mungkin. Adapun jeruk dan nanas sebaiknya dihindari sewaktu berbuka karena keasamannya tidak baik bagi perut, terlebih bila Anda menderita maag atau asam lambung tinggi.

Masih menurut laman ers.usda.gov, kita membutuhkan 2,5 cup sayuran perhari. Makanan yang rendah kalori namun kaya akan vitamin, mineral, fitonutrien dan zat lainnya. Kandungan seratnya membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak mudah lapar dan lemas saat berpuasa lebih dari 12 jam lamanya. Serat sayuran juga membantu menyerap air dalam usus Anda dan memberikan manfaat bagi lancarnya pencernaan Anda. Dengan demikian sistem pencernan Anda jadi lebih bersih dan sehat.

Kondisi ini membantu mencegah terjadinya konstipasi, kanker usus besar serta polip. Kandungan antioksidan dalam sayuran membantu menjaga kadar gula darah, sehingga Anda terhindar dari serangan diabetes dan penyakit jantung. Sayuran seperti kubis, brokoli dan brussel sprout, dikenal kaya akan senyawa indol dan isotiosianat. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah kanker kulit, payudara, usus besar, dan jenis kanker lainnya. Kandungan vitamin K dalam sayuran hijau membantu mencegah terjadinya masalah tulang.

Kandungan airnya dalam sayur membantu Anda menjadi segar kembali setelah seharian berpuasa. Mengkonsumsinya banyak-banyak justru membantu Anda menjaga berat badan dan kesehatan tubuh di saat bersamaan. Bahkan semakin banyak konsumsinya, berarti membantu membuang limbah dan racun dari tubuh Anda. Mentimun, brokoli, kubis, paprika merah, tomat, wortel, daun selada, seledri dan lobak merupakan jenis-jenis sayuran yang baik dikonsumsi di bulan Ramadhan. Namun, sebaiknya batasi konsumsi sayuran yang memicu produksi gas di saluran cerna seperti kubis. Sayuran jenis ini akan membuat Anda mudah kentut dan akhirnya mengganggu kenyamanan Anda sewaktu beribadah tarawih.

Image source: pixabay.com

.

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • #Repost @miramiut (@get_repost)
・・・
Ini apa hayooo???? Bagaimana ya cara menanamnya ??? Kangkung enaknya dimasak apa aja yahhh??? Oia akan ada Rumah Cantik di Bandung yang akan kasih banyak tips dan pelatihan menarik menyoal kecantikan,  olahragga,  memasak dan juga parenting.

Di Bandung ya segera tunggu Babam.

Ekh tunggu Mamih.

Ditunggu untuk informasi mengenai event di @rumahcantiklbc 
Selalu update informasi melalui @indoblognet 😊  #indoblognet #mbcommunication
#RumahcantikKlink 
#RumahcantikBLC #klinksolusihidupmu
#MommyBlogger #MamihBabam #RanselBabam #Bloggerlife #Bloggerlifestyle #Bloogeractivities #bloggerindonesia #Happyblogging #bloggers #Selfie  #Happylife #womenlife #womeninframe #clozetteid #instalife #instaframe #instaphoto #likeforlike #followtofollow

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top