Indo Blog Net

Kuliner

Manfaat Kecombrang, Bumbu Masak dengan Aroma yang Khas

Manfaat Kecombrang Bumbu Masak dengan Aroma yang Khas

Kecombrang banyak digunakan para chef untuk penyedap masakan. Bahkan tanaman ini memiliki banyak manfaat dan mudah ditanam.

Bagikan Jika Bermanfaat

Kecombrang atau honje sudah tak asing lagi sebagai bumbu masakan Indonesia. Tapi sekarang banyak chef internasional yang juga memakai kecombrang karena aromanya yang unik. Kecombrang bahasa latinnya Etlingera elatior. Pohonnya seperti pohon pisang-pisangan dengan daun yang memanjang. Batangnya kokoh dan bisa mencapai hingga 5 meter. Bunganya berbentuk memanjang dan orang banyak menggunakan bunga yang masih menguncup yang berwarna merah muda.

Sekilas Tentang Kecombrang

Aroma yang dikeluarkan bunganya terasa segar dengan rasa yang khas sehingga banyak digunakan sebagai bumbu penyedap. Rasa asamnya lebih mirip lemon, pedasnya seperti jahe dan aroma harumnya seperti serai. Rimpangnya tebal, berwarna krem, kemerah jambuan saat muda.

Daunnya terdiri dari 15-30 helai yang tersusun dalam dua baris berselang seling di batang semunya. Bentuk daun jorong lonjong, dengan pangkal membulat dengan tepi bergelombang.

Kalau di Jawa Barat digunakan untuk lalapan atau direbus digunakan untuk dimakan dengan sambal. Kalau di Jawa Tengah digunakan sebagai campuran sayur untuk dimasak urap atau pecel. Kalau di Bali banyak dimanfaatkan bagian bunga dan batang mudanya. Untuk campuran sambal matah.

Di Sumatera Utara untuk bahan baku membuat sayur asam khas Karo. Baunya yang harum juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis dari ikan. Di Sulawesi Selatan bunganya dikenal dengan nama patikala. Pallumara adalah masakan khas Sulawesi Selatan yang menggunakan bunga kecombrang.

Ada urap khas Luwu yang dikenal dengan kapurung juga menggunakan kecombrang ini. Tunas bunga kecombrang juga bisa digunakan untuk mengobati masuk angin alami dan demam.

Manfaat kecombrang bagi kesehatan

  1. Batang kecombrang untuk pengobatan batuk. Caranya dengan membakar batang kecombrang yang sudah tua, dikupas kulit luarnya kemudian ditumbuk sampai halus. Kemudian diperas untuk diambil airnya untuk diminum yang dicampur dengan air dan gula batu.
  2. Memperkuat sel-sel tubuh. Hal ini karena kecombrang kaya akan antioksidan. Sehingga bisa mencegah pertumbuhan kanker, menangkal kerusakan sel dan memperlambat pertumbuhan sel bakteri.
  3. Memperlancar aliran darah.
  4. Untuk penyedap rasa alami. Hal ini karena kecombrang punya aroma yang khas dan segar.
  5. Mengatasi masalah kulit. Seperti cacar, campak dan lain-lain
  6. Membantu menghilangkan bau badan. Ada kandungan zat aktif seperti saponin, polifenol, flavanoid yang bisa hilangkan bau badan.
  7. Mengurangi rasa mual.

Cara Menanam Kecombrang

Untuk menanam kecombrang sangatlah mudah. Cara yang umum dilakukan adalah dengan stek batangnya. Cari batang kecombrang yang agak tua dan potong. Potongan batang dikeringkan dulu agar getahnya mengering. Baru kemudian direndam dalam air sampai tubuh bulu-bulu halus calon akar di tempat potongan tadi.

Untuk media tanamnya mengunakan tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Setelah diaduk rata dimasukan dalam polybag. Kemudian membuat lubang di polybag tersebut untuk digunakan menanam potongan batang kecombrang tersebut. Ditunggu beberapa minggu akan muncul daun baru dan bisa dipindahkan ke lahan tanam.

Dulu pernah coba pecel yang pakai kecombrang. Jaman kereta ekonomi masih ada penjual yang masuk ke dalam kereta. Ada penjual pecel yang menggunakan kecombrang. Terlihat jelas dari warna kecombrangnya yang mencolok dibandingkan warna sayuran lainnya.

Dan sekarang kecombrang sudah mulai mendunia, karena banyak chef-chef internasional sudah mulai menggunakan kecombrang ini untuk penyedap. Dan kita patut bangga kecombrang akan dikenal di dunia kuliner international.

Sumber gambar: resepkoki.id

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 7 Blogging Myths That Will Prevent You From Success 🤑
.
To save you some trouble, here’s a list of common BLOGGING MYTHS that you should be aware of:
.
Myth #1 – It’s Easy to Make Money Blogging
.
For you to make money blogging, you’ll need to grow your reputation on social media, write consistently, implement SEO, and figure out new marketing strategies to get traffic on your blog 🤓
.
Myth #2 – You need high traffic to make blog income
.
You can have a low TRAFFIC blog that earns just as much income as a high traffic blog
.
Maybe not ad income but certainly product and service income 😉
.
Myth #3 – You need to post everyday
.
It’s actually better to post every few days or once a week because you’ll have more time to write HIGH-QUALITY, in-depth articles — something your readers will appreciate very much
.
Myth #4 – Blogging is a competition
.
Yes, it’s good to become the top authority in your niche but you won’t be able to do that without the support from other bloggers 😘
.
Myth #5 – Blogging is Expensive
.
Blogging is much more of a TIME INVESTMENT then a monetary investment
.
Some people think they have to pay much to get someone to design their blog but the truth is it’s easy to create a blog yourself 😍
.
Myth #6 – You need to be on all social media platforms
.
You should decide which platforms you love the most and do the most for your blog and stick to them!
.
Myth #7 – Just write and readers will come
.
It’s not enough to just write content. You have the duty as a blogger to figure out different ways to generate traffic on your blog 🚦🚦
.
Credit: aspiringbloggers.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top