Indo Blog Net

Kesehatan

Manfaat Daun Salam untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Manfaat Daun Salam untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Daun salam biasa digunakan untuk memasak, agar masakan lebih beraroma dan jadi lebih lezat. bahkan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Berikut khasiatnya.

Bagikan Jika Bermanfaat
Daun salam biasa digunakan untuk memasak, agar masakan lebih beraroma dan jadi lebih lezat. bahkan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Berikut khasiatnya.

Daun salam memang sudah sangat biasa digunakan untuk memasak, agar masakan lebih beraroma yang membuatnya jadi lebih lezat. Ternyata banyak manfaat yang bisa diambil dari daun salam. Bukan sekadar untuk penyedap masakan saja.

Tanaman Daun Salam di Rumah

Waktu rumahku selesai direnovasi dan mau digunakan lagi, ada beberapa teman dan bahkan mertuaku menganjurkan untuk menanam pohon salam di halaman belakang rumah. Kebetulan di halaman belakang cukup luas untuk bisa ditanam pohon salam.

Menurut mereka dengan adanya pohon salam akan memberikan energi positif dan mengusir energi negatif. Sebetulnya aku kurang percaya tentang hal itu tapi menurutku tak ada salahnya untuk diikuti.

Ternyata pertumbuhan daun salam ini pesat dan akarnya pun mulai menyebar sehingga membahayakan rumah. Akhirnya pohon tersebut ditebang. Tapi tak semuanya, disisakan sedikit batangnya. Tak lama kemudian, daun-daunnya mulai tumbuh kembali.

Seorang temanpun bilang kalau daun salam itu punya manfaat buat kesehatan. Dan akhirnya aku biarkan saja daun salam tumbuh kembali karena bisa dimanfaatkan.

Pohon salam atau bahasa latinnya Syzygium polyanthum. Daun salam yang bisa digunakan untuk memasak memiliki ciri-ciri sebagai berikut: daunnya berbentuk lonjong dengan permukaannya yang licin. Ujung daun di bagian pangkal dan ujungnya meruncing.

Warna daun di bagian atas hijau tua dan bagian bawah berwarna hijau muda dengan ukuran lebarnya 3-8 cm. Panjang daun antara 5- 15 cm. Saat daun diremas akan mengeluarkan aroma tertentu makanya digunakan untuk penyedap.

Nah, untuk batangnya berbentuk bulat dengan permukaan licin dan akarnya termasuk akar tunggang. Buah bulat dengan biji berwarna coklat. Untuk menanam pohon salam itu sebenanya mudah, karena aku menanam dengan cara stek. Oleh sebab itu perlu mencari batang yang baik untuk distek yaitu batang bagian pucuk (25 cm) dan sisakan 2-3 helai daun.

Untuk tanahnya, tanah dan kompos dengan perbandingan 1;1. Kalau mau dibuat tanaman hias bisa ditanam di pot besar, tapi kalau gak bisa ditanam di tanah saja. Dan perawatannya pun cukup mudah hanya disiram saja rutin setiap hari.

Bahkan, kalau sudah tumbuhnya kokoh, lebih mudah lagi. Hal ini karena pohon salam termasuk pohon yang tahan panas sehingga tak perlu setiap hari disiram.

Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Setelah tahu manfaat daun salam, akhirnya aku manfaatkan rebusan daun salam yang aku minum rutin. Ini manfaat daun salam buat kesehatan:

  1. Mengatasi gangguan pencernaan. Gangguan mual, sembelit dan perut kembung bisa diatasi dengan rebusan daun salam. Supaya lebih enak, bisa dikombinasikan dengan lemon dan gula.
  2. Meredakan stres. Hal ini karena daun salam mengandung linalool yang bisa mengurangi kerja hormon stres. Aroma dari daun salam ini memang bisa menenangkan.
  3. Meringankan gejala flu karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Membantu mengobati ginjal dan batu ginjal.
  5. Meringankan rasa nyeri dan migrain.
  6. Untuk mengobati diabetes. Karena daun salam mempunyai efek hipoglikemik

Nah, jadi tahu kan kenapa alasan aku mempertahankan pohon salam di halaman belakang? Ya, manfaatnya banyak untuk kesehayan. Akhirnya pohon salam ini tak akan aku tebang lagi, malah akan dipelihara dengan baik. Kalau mau menanam tapi halaman rumah sempit bisa ditanam di pot besar sebagai tanaman hias sehingga tak akan memenuhi tempat.

Sumber gambar: pixabay.com

 

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 5 Langkah untuk Menjadi Influencer 🤑🤑
.
Saat ini profesi sebagai influencer tak bisa lagi dipandang sebelah mata lho, karena sudah banyak mereka yang sukses menekuni bidang pekerjaan yang satu ini
.
Tentunya butuh usaha sungguh sungguh dan juga kegigihan untuk sukses. Mulai darimana?? Dari sini, Friends! 😉
.
1⃣ Find your NICHE – a field that you’re good at. Whether it’s travelling, beauty, parenthood, cooking, or crafts, your blog needs to have a clear direction. Make sure you choose a niche where you are an expert – only then your blog will have value 💛
.
2⃣ Create a CONTENT STRATEGY for your profile. What exactly do people want to see in your blog? How often will you post? Who are the readers of your posts? Answering these questions will allow you to create a content strategy for up to 3 months
.
3⃣ Remember to post REGULARLY. If you make people wait for days between your posts, soon your followers will turn their attention to bloggers who regularly deliver new content. Even if you can’t be online 24 hours a day and 7 days a week, you can always schedule your posts 🤓
.
4⃣ ENGAGE with your audience. People love Instagram bloggers who are easy to reach. Of course, when you have hundreds of thousands of followers, answering every comment and direct message is hardly possible. But when you’re only getting there, it’s best to be open to your audience 👌
.
5⃣ PROMOTE your blog. You will not get any lucrative deals with brands and other bloggers if no one knows who you are. In addition to working on growing your audience, you also need to get your blog out there for brands and other influencers to see you. Participate in forums, group events, themed internet communities, and comment other people’s posts to get yourself noticed
.
Credit: socialbuzzhive.com
.
💌 For BUSINESS INQUIRIES, please email to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top