Kesehatan

Madu, Antara Manfaat dan Bahayanya

Madu, mendengar kata tersebut pikiran pun melayang ke sosok Winnie The Pooh, tokoh kartun penggemar hasil alam yang manis dan kental. Terbayang pula segerombolan lebah rajin mengumpulkan sari pati bunga, mengolahnya dalam sarang dan menjadi hasil alam yang diburu manusia. Ketika sampai di tangan manusia cairan lengket manis sedikit kecut masam ini pun dikemas dalam botol-botol yang laku hingga ratusan ribu rupiah. Proses mendapatkan madu di lokasi alaminya seperti di tengah hutan memerlukan energi dan kemampuan ekstra. Salah seorang teman facebook saya yang menjadi penjual madu sempat menceritakan betapa berlikunya proses pencarian, “panen” hingga pengolahan madu hutan. Tidak mengherankan jika harga satu liter madu lebih mahal dari satu liter beras.

Umat Islam meyakini khasiat madu sebab tercantum dengan jelas dalam Al Quran yaitu pada QS An Nahl ayat 69 β€œ…Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan” Jika Allah menjanjikan khasiat madu sebagai obat maka manusia pun harus meyakininya.

Madu, sejak zaman dahulu dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan kesehatan dan kecantikan. Madu diyakini memiliki kemampuan antiseptik alami sehingga bisa membantu menyembuhkan infeksi. Mulusnya kulit Cleopatra, sang ratu Mesir nan jelita konon terbentuk dari ketelatenannya merawat kecantikan menggunakan lulur madu untuk kulit tubuh dan wajahnya. Ingin cantik dan mulus seperti Cleopatra? Masker madu dicampur jeruk nipis dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Namun benarkah bermanfaat bagi manusia tanpa batasan usia? Sebuah jurnal ilmiah menyatakan bahwa madu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak di bawah satu tahun. Madu dinyatakan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan anak-anak usia di bawah satu tahun.

Hal ini didasari oleh munculnya sindrom infant botulism yang diderita ratusan bayi di California pada tahun 1976. Sindrom ini disebabkan oleh racun yang diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum. Bayi usia di bawah satu tahun kurang mampu mentoleransi aktivitas bakteri tersebut. Larangan memberikan madu pada bayi usia di bawah satu tahun didasarkan pada hasil sampling acak yang menyatakan bahwa sembilan sampel madu yang diambil dari serangkaian test menunjukkan positif tercemar bakteri Clostridium botulinum. Dapat diambil kesimpulan bahwa bukan madu yang berbahaya bagi tubuh namun madu yang tercemar akibat aktivitas bakteri Clostridium botulinum dapat membahayakan keselamatan dan jiwa bayi mungil manusia. Bakteri ini bisa tumbuh di mana saja terutama di makanan kaleng yang telah tercemar atau terbuka. Selama ini madu yang dijual dikemas dalam botol plastik dan gelas yang berpotensi terpapar Clostridium botulinum.

Khasiat madu tidak dapat dipungkiri. Seduhan madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Madu dapat membantu mengurangi keluhan akibat flu baik berupa sakit tenggorokan atau dahak yang menggumpal. Minum seduhan madu secara teratur membantu stamina tubuh tetap terjaga. Madu mengandung gula alami yang dapat diolah tubuh menjadi energi dalam waktu singkat sehingga madu adalah sumber kalori yang sangat baik bagi manusia. Madu yang diseduh dengan air hangat bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya madu diberikan untuk anak usia minimal satu tahun. Sebagai tindakan preventif tidak ada salahnya mempertimbangkan nasihat medis dari para ahli agar menghindari memberikan madu kepada bayi berusia di bawah satu tahun sebab pada usia tersebut bayi belum memiliki sistem imunisasi yang tangguh untuk membentengi diri dari infeksi atau racun bakteri berbahaya.

Image source: pixabay.com

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet πŸ˜‰ Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen πŸ˜„
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top