Indo Blog Net

Kesehatan

Lobi-Lobi Tanaman Langka Kaya Manfaat

Buah Lobi-lobi

Lobi-lobi dengan nama latinnya Flacourtia inermis. Banyak yang menduga tanaman ini berasal dari Malaysia. Dan kenyataannya tanaman ini bisa tumbuh di setiap jenis tanah dengan ketinggian 1300 meter dari atas permukaan laut. Tinggi pohon bisa mencapai 5 sampai 15 meter dan memiliki batang yang tak berduri. Bentuk daun bulat telur dengan warna merah muda.

Daunnya tunggal, duduk berseling dengan tangkai yang pendek. Mulai berbunga pada bulan Januari dan Februari dan akhirnya berbuah pada bulan Mei  dan Juli.

Ukuran buahnya agak bulat dan kecil-kecil. Warna buah yang matang berwarna merah dengan rasa masam atau manis dan memiliki banyak biji, sedangkan buah yang mentah berwarna hijau kekuningan. Kulit buah lunak dan permukaannya licin.

Daging buah lunak dan sedikit mengandung air. Buah lobi-lobi yang sudah masak bisa digunakan untuk bahan untuk membuat rujak, sirup, selai, buah kalengan, asinan maupun manisan. Tanaman lobi-lobi ini bisa juga digunakan untuk tanaman hias karena bentuk tanamannya yang indah dan warna daunnya yang menarik. Selain itu digunakan juga sebagai tanaman peneduh. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan cara okulasi.

Manfaat buah lobi-lobi

  1. Sebagai antioksidan. Hal ini karena buah lobi-lobi sangat kaya akan vitamin C, polifenol dan kandungan mineral lainnya yang penting dalam menangkal radikal bebas. Saat dikonsumi rutin buah lobi-lobi ini akan memberi manfaat menjaga kesehatan tubuh dan hasilnya akan mendapatkan kecantikan kulit yang menawan.
  2. Menurunkan kolesterol. Kandungan polifenol yang dimiliki buah ini mampu menurunkan kolesterol. Selain itu polifenol akan memberikan efek antioksidan, antiplatelet dan antiradang yang bisa cegah penyakit jantung. Selain itu polifenol ini berguna untuk memperbaiki pembuluh darah dan memperlambat penggumpalan darah.
  3. Menurunkan tekanan darah. Selain polifenol ada kandunagn senyawa lainnya seperti quercetin yang bisa memperbaiki lapisan pembuluh darah dan memperbaiki kesehatan pembuluh darahnya.
  4. Menjaga kesehatan usus. Selain senyawa di atas lobi-lobi juga mnegandung senyawa tanin dan flavanoid dan polifenol yang baik untuk kesehatan usus. Tannin berperan penting dalam peningkatan bakteri usus. Flavanoidnya yang bisa memperbaiki jaringan rusak.
  5. Menurunkan kadar gula dalam darah. Bahan polifenol, antioksidan, tanin, tarakseron yang ada dalam kandungan buah lobi-lobi punya kemampuan menurunkan kadar gula darah.
  6. Menjaga kesehatan tulang. Kandungan mineral dan vitamin yang cukup banyak dan ditambah ada polifenol yang punya kemampuan meningkatkan kepadatan tulang dengan cara merangsang pertumbuhan sel baru tulang. Bisa juga mencegah stres oksidatif serta pembengkakan yang bisa ganggu kesehatan tubuh.

Tanaman ini diperbanyak dengan cara okulasi, cangkok dan sambung pucuk. Dan buah lobi-lobi ini katanya memang enak kalau dibuat manisan. Aku dulu lagi kecil pernah nyoba manisan lobi-lobi ini. Mungkin karena sudah jarang lihat tanaman ini yang katanya termasuk tanaman langka sehingga jarang menemui penjual manisan lobi-lobi. Memang bagus kalau dibuat manisan karena buah yang rasanya masam. Mau tahu cara bikinnya. Ini ada resep sederhana buat manisan lobi-lobi.

Resep Manisan Lobi-lobi

Bahan yang dibutuhkan

  1. Buah lobi-lobi
  2. Gula pasir
  3. Sirop cocopandan
  4. Garam

Cara membuatnya

  1. Bersihkan buah lobi-lobi dan pisahkan tangkai dengan buahnya
  2. Rendan dengan air garam semalaman.
  3. Kemudian cuci buah dengan air mengalir agar garamnya hilang
  4. Dan mulai merebus buah lobi-lobi dengan gula pasir dan sirupnya . Jangan lama-lama karena buah bisa hancur.
  5. Simpan dalam kulkas.

Nah, kalau ada buah lobi-lobinya bisa bikin manisan sendiri. Caranya mudah kan?  Banyak yang sudah mulai membudidayakan lagi tanaman ini, semoga saja tanaman ini tidak hilang di bumi Nusantara ini.

Sumber gambar: idntimes.com

 

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

To Top