5 Tips Traveling Sehat dan Selamat

  • Bagikan

“Travelling “ adalah kata ajaib yang membangkitkan imajinasi tentang perjalanan menyenangkan ke suatu tempat dengan panorama yang indah, udara sejuk dan segar, terbebas sejenak dari rutinitas agar kejenuhan dan penat yang melanda bisa terusir sehingga kondisi psikologis kembali rileks.

Orang stress ga bisa dipaksa berkarya kan, selain hasilnya gak maksimal malah bisa membuat kondisinya jadi lebih parah. Beragam tips traveling sehat dan selamat bisa dilakukan agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Kondisi psikologis mempengaruhi kemampuan berpikir, berkarya dan berkreasi serta berpengaruh pula terhadap stamina tubuh. Bepergian ke tempat wisata, Traveling ke tempat yang belum dirambah sebelumnya diharapkan dapat menciptakan refreshing sehingga siap berkarya penuh stamina.

Namun jika tidak pandai mempersiapkan diri traveling yang diharapkan menyenangkan bisa menjadi petaka mengerikan. Nggak lucu rasanya kalau selama traveling kepala pening, perut melilit harus bolak-balik ke kamar mandi atau malah tiduuuurr sepanjang perjalanan, nih mo pindah tempat tidur atau jalan-jalan?

Harus Dipersiapkan Saat Traveling

Apa saja yang harus disiapkan ketika travelling? Beberapa hal berikut ini adalah poin-poin yang perlu diperhatikan ketika merencanakan traveling agar tetap sehat dan selamat hingga tujuan dan kembali ke kediaman, juga memberikan kesan indah.

1. Biaya-biaya

Jika memutuskan traveling ke tempat wisata yang jauh dan memerlukan akomodasi lakukan cek ricek terlebih dahulu biaya akomodasi dan tiket penerbangan yang ditawarkan di berbagai situs tour and travel.

2. Packing

Packing dilakukan minimal sehari sebelum perjalanan. Pastikan membawa benda yang benar-benar diperlukan. Traveling nyaman tidak memerlukan benda-benda yang sekiranya tidak terlalu penting. Barang yang perlu disiapkan adalah baju ganti secukupnya, obat-obatan, kamera, power bank dan keperluan mandi jika merasa lebih nyaman menggunakan milik sendiri.

3. Transportasi

Jika traveling dilakukan dengan transportasi pribadi maka kesiapan kendaraan harus benar-benar diperhatikan. Kondisi mesin, ban, kelengkapan peralatan mobil atau motor serta kotak P3K perlu disiapkan.

4. Perhatikan kondisi tubuh

Stamina tubuh harus dalam kondisi sehat dan bugar. Perjalanan akan menjadi membahayakan jika tubuh dalam kondisi kurang fit. Hindari begadang sebelum perjalanan, pastikan mengkonsumsi makanan dan minuman yang aman dan tidak menimbulkan alergi atau gangguan pencernaan.

5. Berdoa sebelum melakukan perjalanan

Satu hal terakhir yang tak boleh diabaikan adalah doa. Sebagai makhluk yang yakin akan kekuatan Tuhan maka pastikan berdoa sebelum melakukan perjalanan. Selamat bertraveling semoga selamat dan sehat hingga tujuan. Travelling akan menjadi kenangan tak terlupakan jika segala sesuatu disiapkan diiringi kepasrahan terhadap ketentuan Tuhan.

  • Bagikan