Gaya Hidup

Libur Akhir Tahun, Kamu Ngapain Aja?

Sudah bukan rahasia lagi jika malam pergantian tahun Masehi selalu menjadi hari istimewa bagi sebagian besar orang tanpa melihat di bagian bumi mana ia tinggal, suku bangsa apa ia berasal atau agama apa yang menjadi pedoman untuk beramal. Setidaknya seminggu menjelang akhir tahun stasiun televisi berebut mengiklankan acara akhir tahun yang fenomenal, film-film bioskop yang relatif masih cukup gres diputar marathon, hotel dan cafe sibuk mempromosikan acara khusus menyambut pergantian tahun.

Tak ketinggalan pesta kembang api di beberapa kota besar lengkap dengan panggung musik diselenggarakan pemerintah setempat. Tak pelak lagi acara semacam ini menjadi acara hiburan rakyat yang paling dinanti sepanjang tahun. Percaya atau tidak di obyek-obyek wisata tertentu terutama tepi pantai dipenuhi turis dan wisatawan lokal yang rela begadang hingga terbit sang surya di hari pertama tahun baru. Pantai Kuta Bali salah satunya. Jalanan menuju Kuta jangan ditanya macetnya di liburan akhir tahun.

Saya mungkin termasuk sebagian kecil orang yang tak terlalu dipusingkan acara khusus menyambut pergantian tahun Masehi. Bagi saya pribadi tahun baru hanya sekedar berjalannya waktu. Yang pasti umur hidup di bumi berkurang lagi satu hari. Tapi bukan berarti saya antipati terhadap segala perayaan atau acara khusus tahun baru. Dulu, waktu masih kuliah saya juga pernah begadang bareng sahabat nonton pesta kembang api di kota Malang, kota tempat kami menuntut ilmu. Hasilnya kepala saya cenut-cenut keesokan hari karena kurang tidur. Saya juga pernah begadang, berkontemplasi bareng rekan-rekan satu grup teater mahasiswa saat malam 1 suro alias pergantian tahun Hijriyah. Hasilnya rasa kantuk saya tak terbayar sampai beberapa hari. Duh rasanya saya nggak cocok untuk pekerjaan begadang hehehe. Padahal saya bukan fans bang Rhoma Irama yang suka melagukan “begadang jangan begadang bila tak ada artinya” Tapi saya suka nonton acara-acara televisi terutama film-film box office yang relatif masih baru selama liburan akhir tahun. Mumpung gratis boo..film bagus tanpa HTM, haratiss gtu loh siapa yang nolak.

Jadi enaknya liburan Akhir Tahun atau malam tahun baru ngapain aja?

Beberapa hal ini adalah pilihan-pilihan yang cukup menyenangkan:

1. Silaturahim kumpul keluarga
Asyiknya kumpul keluarga besar. Nggak cuma pas lebaran hari libur akhir tahun bisa dimanfaatkan untuk silaturahim kumpul keluarga besar. Lebih banyak manfaatnya agar tidak kepaten obor kata orang Jawa (artinya kira2 agar tidak terputus tali persaudaraan). Konon silaturahim juga membuka pintu rezeki. Ya lah kadang peluang bisnis, info lowongan kerja bisa diperoleh tanpa sengaja ketika bertandang ke rumah kerabat atau kumpul keluarga besar. Tetapi ini bisa berlaku buat yang libur nya barengan baik sekolah maupun kerja. Kalau seperti saya yang liburan pondok anak pertama dan libur sekolah si bungsu ngga bareng plus ayahnya yang ngga ada libur akhir tahun ya nggak berlaku kumpul-kumpul khusus. Tapi Alhamdulillah tetap bisa mengunjungi eyang Putri di luar kota.

2. Nonton televisi sambil ngemil

Ini favorit saya dah. Hari-hari terakhir di bulan Desember pasti banyak film-film bagus diputar. Nonton televisi atau memutar DVD di rumah adalah acara paling hemat untuk menghabiskan waktu menjelang pergantian tahun. Tapi mengingat usia sudah setengah tua acara ngemil nya diganti makan buah hahahahaa. Kira-kira sahabat saya bakal ngirim salad buah lagi gak ya #eh

3. Begadang bareng tetangga.

Waduh ngapain aja nih bareng tetangga. Ya niatnya tetap silaturahim. Di blok tempat kami tinggal pernah diadakan acara makan-makan kecil-kecilan menjelang pergantian tahun. Bakar ikan, jagung, ngemil jajan bareng plus ada yang nyanyi karaokean. Tapi ya itu tadi karena saya ngga hobi begadang jadi sekedar datang di acara pembukaan yang diisi tausyiah setengah jam. Say Hi, icip-icip cemilan lalu pamit pulang. Maafkan daku wahai tetangga… umur tak lagi muda, gampang masuk angin nih saya.

4. Muhasabah akhir tahun

Beberapa masjid menyelenggarakan acara muhasabah akhir tahun yang diisi dengan kegiatan keagamaan. Saya pernah membaca postingan whats app messenger yang menginformasikan acara muhasabah akhir tahun di suatu masjid wilayah Depok yang diisi pemutaran film-film Islami, tausyiah akhir tahun, i’tikaf, sholat tahajud berjamaah, muhasabah lanjut sholat subuh berjamaah dan kultum. Ih keren ya, saya jarang lihat masjid mengadakan acara khusus akhir tahun. Hitung-hitung latihan i’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Monggo yang senang meluangkan waktu di masjid pasti bahagia dengan acara muhasabah yang keren begini.

5. Tafakur di gunung atau pantai

Aktivitas ini cocok dilakukan para pecinta alam. Asal plisss jangan buang sampah sembarangan bumi ini sudah cukup merana dengan polusi yang harus disandangnya dan hindari perbuatan maksiat. Umur orang tak ada yang tahu. Sayang jika dibuang percuma untuk hal tak berguna.

Pergantian tahun 2016 ini pemerintah provinsi Jawa Timur meniadakan pesta kembang api dan menggantinya dengan acara doa bersama. Kalau dipikir-pikir dengan serentetan bencana, musibah yang melanda ada baiknya acara hura-hura diminimalisir sedemikian rupa. Rasanya gimana gitu ya, kita bakar-bakaran kembang api sambil tertawa-tawa sementara masyarakat Aceh Pidie belum pulih dari bencana gempa dan saudara di Bima masih dirundung pahitnya bencana air bah.
So, apa rencana liburan tahun baru kalian teman? Apakah datar-datar saja seperti diriku atau ada acara istimewa? Apapun pilihan kita yuk perilaku kita dijaga agar tidak merugikan yang lainnya. Semoga tahun depan hidup kita lebih berkah dan lebih bisa berbagi dengan sesama.

Sumber gambar: Pixabay

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Are You PROMOTING Your CONTENT?? 🤓
.
Guys, in the content marketing world, creating and publishing content are only the first steps toward a successful campaign
.
Often, the most important piece is also the most overlooked: CONTENT PROMOTION 😍
.
Content promotion is the process of sharing your content across multiple online channels to maximize the visibility of your work, and in many cases, repeating that distribution on regular intervals to increase your effectiveness even further
.
Why Content Promotion Is NECESSARY?
.
⏺ Maximize visibility

Distributing your content maximizes its potential VISIBILITY. If your content sits without being promoted, it’s unlikely that people will find it on their own. Promoting it means more people will see it, right? 😜
.
⏺ Self-sustain a content feed

When sharing a mix of newer and older content, you’ll have a self-sustaining “feed” of CONTENT UPDATES that you can use to keep your social channels active with content
.
That way, even if you go a few weeks without producing new content, you’ll have something to share with your social audience 😁
.
⏺ Rejuvenate interest in older works

You can also use your ongoing distribution efforts to attract attention for your older pieces of content. This allows your best content to keep getting ATTENTION
.
Credit: forbes.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top