kesehatan

Layanan Rawat Inap BPJS di RS Pelni Memuaskan !

layanan bpjs

Yup saya menyimpulkan begitu. Sejak akhir April, saya mengurus ibu saya opname di RS Pelni, selalu mendapatkan layanan maksimal. Padahal ibu saya kelas tiga dan masuk BPJS karena emergensi.  Emergensi. masuk lantaran sudah sakit dan harus opname. Memang ya manusia tak pernah tahu kapan ia sakit. Giliran sudah sakit, baru deh repot.

Sebenarnya untuk kasus ibuku, bukan karena abai tidak mendaftarkan ke BPJS. Tetapi karena KTP Ibu hilang lama, dan Kartu Keluarga yang sudah tidak berlaku lagi. Saat mau dibuat, prosesnya lumayan lama dan berbelit. Kami harus mengecek ke catatan sipil. Itu pun masih belum tentu ada datanya. Solusinya, bikin KTP baru dengan menumpang di kartu keluarga saudara di Palmerah, tempat awal domisili Ibu sebelum bapak meninggal. Sempat ada drama juga saat membuatnya..hhehe alias nyaris kena tipu sama calo selama berbulan-bulan. SIngkat cerita, kami sudah membuatkan Ibu KTP dengan maksud mendaftarkan BPJS.

Sakit bak tamu tak ingin diundang. Dia sekonyong-konyong bisa datang kapan saja.  KTP yang ditunggu-tunggu akhirnya  jadi.  Pagi, harinya diantar…ehhhh sorenya  mendadakn Ibu jatuh sakit terkena demam berdarah yang dilanjut tipus. Seluruh perawatan selama dua minggu di RS kami bayar mandiri. Alhamdulillah masih terjangkau. Dan, baru sehari kami  lega, ibu bisa keluar dari RS Dr.Sismadi Cileungsi, eh keesokan paginya kembali dikejutkan, kondisi Ibu “tak berdaya” lagi, hingga harus dibawa ke RS. Ibu mengeluhkan sakit perutnya yang sangat. Sempat dibawa ke klinik 24 jam di Limus Pratama, tak mempan berlanjut ke RS Dr.Sismadi, dan RSUD Cileungsi.  Sakit tak kunjung reda. Memprediksi biaya yang besar karena ketiga RS tak bisa mendeteksi penyakit Ibu, suami pun bertanya tentang  tentang kemungkinan diurus pakai BPJS. RSUD menerima dengan baik. Tetapi begitu diketahui KTP Jakarta, langsung ditolak oleh staf RSUD Cileungsi. Ya, peraturannya, hanya melayani pasien BPJS yang berada di wilayah sesuai KTP.  Mau tak mau harus ke Jakarta.

Pukul 1 dini hari, kami segera meluncur ke RS Pelni masuk UGD. Ibu masih terus mengerang sakit. UGD Pelni sudah kayak pasar. Penuh sekali. Dokter dan perawat sibuk wara wiri mengambil tindakan cepat. Sempat juga melihat ada pasien yang protes karena pihak RS dinilai lambat merespon heheh..Memang dalam kondisi seperti ini, semuanya ingin dinomorsatukan. Sama kayak saya yang nggak tega melihat erangan ibu, ingin minta didahulukan.

layanan bpjs

Suami langsung melapor di meja registrasi, menjelaskan kondisinya, kami ingin membayar dengan BPJS, tetapi belum ada kartu. Petugas BPJS menjelaskan, kami diberi waktu 3×24  jam untuk menyerahkan kartu BPJS, dengan jaminan DP 1 juta.  Jika dalam tempo 3 hari kami tidak berhasil melaporkan kartu BPJS, risikonya kami harus siap membayar seluruh perawatan. Mulai dari ICU, tindakan khusus, berbagai lapis ronsen dan sebagainya. Ga kebayang uang yang harus dikeluarkan. Bismillah, kami tiga bersaudara, kompak mengurus cepat pembuatan BPJS berkategori emergensi.  Ya, emergensi. Jadi malu, bahwasanya untuk kategori emergensi ini sebenarnya dikhususkan untuk pasien yang tidak mampu. Salah satu syaratnya, memiiki rekening listrik 900. Wahhh sekarang udah jarang rekening listrik 900. Kami harus mencarinya. Alhamdulillah ada keluarga adik ipar yang memiliki rekening 900 watt. Dengan minta keterangan menumpang di rumah yang berekening listrik 900, Alhamdulillah  dalam waktu 2 hari selesai, kartu BPJS sudah ditangan.

Selama masa tunggu kartu BPJS, ibu mendapatkan perawatan yang baik, detil. Ibu ditempatkan di kamar yang sangat baik..Makanan beraneka menu yang bisa dipilih  dengan rasa yang enak. Ibu saya lumayan suka rewel soal rasa…begitu menyantap makanan di RS Pelni..tak ada komplain. Sebelumnya, ibu dirawat 2 mingu karena demam berdarah dan tipus, selalu komplain soal makanan. Beberapa kali tidak mau makan karena alasan menu yang tidak enak. Kemudian, berrlanjut ke Pelni karena magh  akut dan terindikasi ada batu di ginjalnya. Selama dua minggu ibu dirawat sampai maghnya benar-benar pulih. Tetapi, ketika dideteksi endoskopi, tertangkap batu sekitar 5 mm di saluran ginjalnya. Praktis harus di ESWL dan bolak-balik kontrol selama 6 bulan.

 

bpjs-ruang-bougenvile-4

Di ruang ini, ibu dirawat sendiri. Satu kamar hanya 3 orang. Ada ruang tamu dan kamar mandi lengkap dengan bathup.

 

layanan rawat inap bpjs

Di kursi ini sekaligus buat tempat tidur keluarga pasien di ruang kelas 2 New Bougenville.

Selama masa itu, ibu dua kali opname. Yang selama ini kami dengar pelayanan BPJS di sejumlah rumah sakit   kurang memuaskan, di Pelni saya tak mendapati itu. Bahkan, takjubnya beberapa kali kami mendapatkan layanan kamar  kelas 2. Pertama kelas 2 di bangunan lama. Luas kamarnya.  Kedua, kelas 2 di gedung baru new bougenvile yang menyediakan khusus untuk keluarga yang menginap.

Sapaan hangat dari perawat, kontrol yang seksama tentang kemajuan pengobatan, dan perhatian dari dokter. So far, saya merasa puas dengan layanan di RS Pelni. Kalau pun ada kekurangan, saya mencoba memahaminya. Intinya ga mungkin bisa memuaskan setiap orang. Karena sejak ada BPJS, banyak sekali pasien di Pelni. Kerja ekstra buat para dokter, perawat dan petugas lainnya. Kebersihan dan keindahan lingkungan RS pun begitu terjaga.

layanan bpjs

Suster yang ramah melaporkan pembagian tugas hariannya kepada setiap pasien di ruang kelas 2 new bougenville

bpjs-ruang-perawatan

Salah satu ruang yang bersih dan nyaman…

 

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication & Indoblognet.com.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Fotografi adalah seni, jadi saat kita bisa melakukannya dengan rasa senang, itu akan memberi warna positif pada hasil fotomu. Setuju? .
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE .
.
.
#indoblognet #mbcommunication #photography #funphotography #tipsfotografi #photographer #trendingpost

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top