Menulis Yuk

Lakukan 6 Langkah Ini Saat Menyampaikan Berita Duka

 

Usia manusia memang tak dapat diterka. Seseorang yang nampak sehat wal afiat bisa jadi esok sudah meninggal dunia. Sebaliknya yang nampak tak memiliki harapan hidup karena penyakit kronisnya justru masih hidup hingga tua. Berkaitan dengan hal ini Al Qur’an menegaskan:

“Dan setiap yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya…” (QS. Ali Imran ayat 145)

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah-lah yang menetapkan ajal masing-masing orang. Kapan waktunya tiba tidak dapat dimajukan atau dimundurkan. Sebagaimana yang tersebut dalam surat Al Hijr ayat 5:

“Tidak ada suatu umat pun yang dapat mendahului ajalnya dan tidak (pula) dapat meminta penundaan(nya).”
Dengan demikian jelaslah sudah bahwa manusia tak mampu membendung datangnya ajal. Apapun usaha yang dilakukan takkan mampu menghindarkannya dari kematian. Bahkan jika ia membangun benteng tebal atau berlindung di lubang semut sekalipun.

Yang jadi problem kemudian adalah bagaimana cara menyampaikan berita duka pada orang-orang terdekat kita ketika salah satu anggota keluarga meninggal dunia, ibu misalnya. Karena tak semua orang memiliki kondisi kejiwaan yang sama. Ada yang kuat, ada pula yang lemah. Bagi yang kuat, mungkin tidak apa-apa. Namun, bagi yang lemah kabar duka justru tidak baik bagi jiwanya. Perlu kehati-hatian agar penyampaian kita tidak berdampak buruk pada psikologis mereka.

Berikut ini enam langkah menyampaikan berita duka tanpa membuat shock pendengarnya:

1. Tenangkan diri terlebih dulu

Ini penting agar Anda mampu mengontrol emosi dan perkataan. Saat hati dan perasaan diliputi kegusaran, Anda akan sulit menguasai diri. Ambillah napas dalam-dalam. Lalu hembuskan. Ulangi setidaknya 3 kali atau sampai Anda tenang.
Percayalah, ketenangan akan membuat Anda lebih memahami dan berempati pada emosi-emosi yang muncul usai mendengar berita duka.

2. Berlatihlah terlebih dulu

Setelah tenang, berlatihlah menyampaikan kabar duka. Cari dan temukan kalimat yang tepat beserta intonasinya. Tatalah sedemikian rupa, sehingga tidak mengejutkan keluarga Anda. Ulangi beberapa kali sampai terasa nyaman dan Anda siap menyampaikan beritanya.

3. Bacalah Doa

Dengan membaca doa berarti Anda melibatkan Tuhan saat menyampaikan berita yang tidak menyenangkan. Menjadikan Ia penolong Anda agar lisan bisa mengucapkan hal-hal baik meski sebenarnya Anda sendiri dilanda kesusahan.

4. Cari waktu dan tempat yang tepat

Tempat dan waktu yang tepat sangat penting saat Anda hendak menyampaikan berita duka. Bicarakan hal tersebut secara langsung kepada personalnya, di tempat yang sepi pula. Dengan demikian ia bisa menumpahkan emosinya tanpa perlu terganggu oleh tatapan orang-orang disekitarnya.

Bila tidak memungkinkan, semisal rumah kerabat Anda jauh dan hanya bisa menghubunginya via telepon, perhatikan nada bicara Anda. Bicaralah seperti biasa, seolah tidak ada kejadian apa-apa. Tanyakan kabarnya terlebih dulu, baru kemudian ungkapkan apa yang hendak Anda sampaikan. Dengan cara ini Anda membantu pendengar untuk bisa menguasai dirinya.

5. Biarkan ia bereaksi dan jangan interupsi saat

Umumnya situasi akan berubah setelah Anda menyampaikan berita duka. Biarkan ia melepaskan emosinya. Tanggapi reaksi yang muncul dengan tenang dan jangan meng-interupsi dengan kasar. Sebab itu hanya memicu timbulnya masalah baru yang tidak diinginkan.

6. Berempati

Menerima kabar duka bukan hal mudah bagi siapa saja. Wajar jika orang yang Anda ajak bicara itu sulit mengendalikan emosinya. Maka yang bisa dilakukan saat ini adalah menunjukkan bahwa Anda memahami perasaannya. Sediakan waktu untuk mendengarkan segala unek-unek sampai emosinya reda. Baru setelah itu tinggalkan dia, ia butuh waktu sendiri untuk meredam perasaannya.

 

 

 

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top