Menulis Yuk

Lakukan 5 Cara Ini Saat Kamu Jadi Korban Buruk Sangka

Dalam hidup tak semua hal berjalan mulus. Ada kalanya kita mengalami permasalahan dengan rekan sekerja, sahabat, atau bahkan keluarga. Seringkali hal ini terjadi karena salah satu pihak menerima informasi sepotong-sepotong, tidak seutuhnya. Atau bahkan salah menerima informasi sebenarnya. Bagus jika si penerima informasi kemudian mencari kebenaran, kalau tidak? Repotlah Anda. Bisa dipastikan Anda akan jadi sasaran prasangka.

Lantas apa yang harus kita lakukan saat mengalami kejadian tersebut? Berikut ini lima hal yang bisa Anda lakukan saat menjadi korban buruk sangka:

1. Tahan Diri dulu

Saat Anda dituduh melakukan hal yang tidak pernah Anda lakukan, diamlah dulu. Tahanlah diri Anda untuk memberi penjelasan. Percuma saja, orang yang diliputi kemarahan akan susah menerima penjelasan Anda. Apapun yang Anda jelaskan tidak akan masuk di akalnya. Tunggu hingga kemarahannya reda. Baru setelah itu Anda menjelaskan bagaimana duduk perkaranya.

2. Biarkan saja dan doakan

Jika Anda sudah berusaha menjelaskan, lengkap dengan detil dan fakta, tetapi mereka tetap saja mereka berburuk sangka tak perlu ngotot untuk mengubah pendapatnya. Selain buang waktu, apa yang Anda kerjakan juga membuang tenaga. Lebih baik diamkan saja dan doakan saja dia, semoga Tuhan membuka pikirannya.

3. Tak perlu membalasnya

Tak usah melakukan pembalasan. Karena hal itu hanya merepotkan diri sendiri. Cobalah terpikir jika kita mengalami hal itu kemudian anda bertekad untuk membalas, yang jelas anda akan sulit tidur. Setiap malam Anda hanya sibuk menyiapkan cara untuk membalas orang yang Anda benci. Justru dengan demikian Anda memberikan sinyal agar penyakit berdatangan. Mulai dari penyakit jiwa seperti kecemasan, depresi dan stres sampai penyakit yang berhubungan dengan kesehatan badan seperti mudah sakit, tekanan darah meninggi, hingga terganggunya kerja jantung.Β Jika sudah begitu Andalah yang rugi bukan mereka. Lebih baik gunakan waktu untuk fokus pada apa yang tengah Anda lakukanβ€”apa saja semisal merintis bidang usaha baru seperti rumah jahit, online shop, atau menjual barang kerajinan.

4. Maafkan

Memaafkan bukan berarti kita kalah. Dalam hidup memberi maaf justru berefek baik pada kondisi psikologis kita. Hidup jadi lebih tenang, tak terbebani perasaan marah pada orang lain. Perlu diketahui rasa marah itu tak ubahnya sampah. Semakin lama disimpan maka efeknya tak baik untuk kesehatan jiwa. Orang-orang yang cenderung menyimpan dalam hidupnya cenderung memiliki tingkat stress yang tinggi.

Dilansir oleh Huffington Post, memaafkan mampu menekan efek negatif stres terhadap kesehatan mental. Orang-orang dengan sifat pemaaf yang tinggi memiliki tingkat kesehatan mental dan sistem imun yang lebih baik daripada mereka yang pendendam.

5. Berbaik sangka dan syukuri

Berbaik sangka dan syukuri saja ketika ada orang atau sekumpulan orang yang berburuk sangka pada Anda. Mari berpikir bahwa itu bentuk rasa sayang Tuhan pada kita. Tak mungkin ia mengirimkan persoalan semacam itu tanpa ada pelajaran yang bisa dipetik. Tuhan tak pernah mengirim sesuatu secara kebetulan, semua pasti ada maknanya. Jika ditengok lebih dalam permasalah tersebut justru mendorong Anda untuk belajar bagaimana mengelola emosi. Tidak hanya itu, dengan sikap positif macam ini Anda justru membuat Anda lebih mudah berempati dan belajar mengurangi agresi. Keuntungan lainnya, jika Anda mampu melewati ujian, kelak jika mengalami situasi yang sama Anda sudah terlatih dan mampu menanganinya.

Semoga lima hal diatas mampu memberikan manfaat bagi Anda, terutama yang tengah menjadi korban buruk sangka.

 

 

Image source: pexels.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Haaai, MBC Friends 😍 Ngomongin personal branding yuuuk! Udah pada tau dong apa itu personal branding? 😁
.
Eh, bukan cuma pemilik bisnis besar aja lho ya, yang harus membangun personal branding. Setiap orang dengan profesi apapun sebenarnya harus mampu membangun personal brand, sesuai dengan visi misi mereka pastinya πŸ˜‰
.
Nah, bagi kalian para pelaku bisnis, bisa banget nih memanfaatkan blog sebagai sarana membangun personal branding πŸ€—
.
Jadi, blog bukan hanya sekadar berisi catatan-catatan pribadi layaknya buku diary lho, hihi πŸ˜‚ Dalam dunia internet seperti zaman now, blog memiliki peran kunci dalam membangun personal brand kalian
.
Untuk membangun dan memperkuat personal branding di sebuah blog, setidaknya blogmu harus berisikan tentang semua atribut yang menunjang brandingmu, seperti tulisan yang menyangkut keahlian/bakatmu, audio, video, gambar, testimoni dan atribut lainnya πŸ˜€
.
Wait, wait..supaya personal brandingmu menjadi masif nih Friends, tugas selanjutnya yang gak kalah penting dalam membangun personal brand melalui blog yaitu: menjadikan blog kalian nomor 1 di halaman pencarian terkait kata kunci personal brand yang kalian ingin bangun 😎 *catet yes, PR nih, hihi
.
Sumber: atepfirm.com
.
#MBCsosmedcontent #personalbranding #blogger

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top