Kesehatan

Kurma, Buah yang Spesial Tak Hanya Saat Ramadhan

Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat muslim sedunia. Jika Indoblognet punya program Blogger Ngehitz, maka saat Ramadhan ada satu jenis makanan ngehitz yaitu buah kurma. Kebiasaan mengonsumsi kurma di Bulan Ramadhan didasarkan pada sunnah Rasul yang berbuka puasa dengan kurma dan air putih. Sayangnya, tak semua orang menyadari bahwa kurma sebenarnya sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh, dan layak dikonsumsi sehari-hari tanpa menunggu Ramadhan tiba.

Apa Keistimewaan Kurma?

Kurma disebut-sebut dalam ayat Al Quran puluhan kali. Salah satu yang paling sering kita dengar adalah Surat Ar Rahmaan ayat : 11. “Di bumi itu ada buah-buahan dan POHON KURMA yang mempunyai kelopak mayang”. Ayat-ayat Al Quran merupakan firman Allah SWT. Hal-hal yang disebut Allah dalam Al Quran perlu diperhatikan umat muslim. Seperti halnya madu yang secara medis terbukti memiliki banyak khasiat demikian pula halnya kurma.

Kurma dipilih sebagai makanan yang wajib dikonsumsi saat Ramadhan sebab ia adalah penghasil energi yang cukup besar. Kurma mengandung gula yang terserap sempurna oleh tubuh dalam waktu relatif singkat. Sehingga ia mampu mensuplai energi lebih cepat dan tahan lebih lama. Kurma juga kaya akan serat sehingga yang mengkonsumsinya tidak mudah merasa lapar dan terhindar dari sembelit.

Buah kurma merupakan buah yang kaya Kalium dan mengandung Salisilat. Kalium sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga baik dikonsumsi penderita hipertensi. Kalium juga membantu sirkulasi darah berjalan lancar dan menurunkan resiko stroke. Kalium merupakan zat yang membantu menjaga dinding arteri jantung berfungsi normal dan tetap elastis.
Kurma juga mengandung Salisilat. Zat ini biasa terdapat dalam aspirin sebagai bahan baku utama. Salisilat memiliki fungsi sebagai zat anti inflamasi, mencegah pembekuan darah dan membantu melenyapkan rasa ngilu, linu dan nyeri. Salisilat juga membantu menurunkan tekanan darah dan merangsang kerja otot, sebab salisilat bersifat mempengaruhi prostate gland.
Kurma memang layak disebut sebagai buah kecil bertenaga. Jika ditulis dalam rangkuman, beberapa manfaat kurma berikut ini mungkin menjadi alasan kuat pentingnya kurma untuk dikonsumsi setiap hari:
1. Sebagai makanan kaya serat kurma membantu penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain memberikan manfaat sebagai penahan lapar, serat alami membantu menurunkan resiko kanker usus besar karena mampu mengikat bahan kimia dan melindungi selapur lendir pada usus.
2. Kurma juga mengandung vitamin A yang berfungsi memelihara kesehatan mata serta bersifat sebagai antioksidan. Vitamin A membantu menjaga kesehatan dan keremajaan kulit serta menurunkan resiko kanker paru-paru dan menjaga kesehatan rongga mulut.
3. Kurma adalah sumber zat besi yang sangat sempurna. Zat besi merupakan bahan penyusun hemoglobin dalam sel darah merah. Saya sendiri merasakan manfaatnya. Ketika sempat mengalami gejala polimenorea yaitu menstruasi dua periode dalam sebulan saya mengeluarkan darah haid melebihi normal. Saya bersyukur karena mengonsumsi kurma setiap hari tubuh tidak merasa lemas dan tidak mengalami anemia. Rupanya khasiat kurma sebagai sumber zat besi membantu saya terhindar dari anemia.
4. Selain kalium, salisilat, vitamin A dan zat besi serta kaya serat, Kurma juga mengandung kalsium, mangan dan tembaga. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Mangaan merupakan salah satu zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Tembaga merupakan zat penting dalam pembentukan sel darah merah.
5. Kurma baik dikonsumsi ibu hamil. Wanita hamil memerlukan asupan kalori dan zat besi yang cukup tinggi. Bahkan di surat Maryam, diceritakan bahwa Allah memerintahkan Maryam untuk menggoncangkan pelepah pohon kurma agar menggugurkan buah sehingga ia dapat merasakan manfaatnya setelah melahirkan Nabi Isa.

Kurma memang istimewa, sebab dapat dikonsumsi tanpa membuang kulitnya. Justru di dalam kulitnya terdapat serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Kurma menjadi makanan “ngehitz” di saat Ramadhan sebab kurma diyakini mampu menghasilkan energi lebih cepat. Kurma mengandung monosakarida sehingga lebih cepat diserap tubuh. Berbeda dengan buah-buahan lain yang biasanya mengandung sukrosa yang merupakan senyawa disakarida dan memerlukan bantuan enzim untuk dipecah dan menghasilkan energi.
Mengingat manfaat kurma yang begitu besar, bukankah ia patut dikonsumsi setiap hari tanpa menunggu Ramadhan? Ahli nutrisi berpendapat bahwa hanya dengan mengkonsumsi lima butir kurma kering (tamr) setiap hari sama halnya dengan mengkonsumsi 400 miligram Kalium untuk menurunkan resiko menderita stroke dan mendapat asupan energi yang cukup besar untuk aktivitas keseharian. Ternyata kecil-kecil Kurma memang bertenaga. Saya sudah membuktikan khasiatnya, kapan giliran Anda?

 

Source image: dreamstime.com

Editor: Indoblognet

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top