Indo Blog Net

Kuliner

Kuliner Lezat dan Sehat yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

kuliner sehat

Wah, tak terasa ya musim hujan telah tiba. Setelah selama beberapa bulan terakhir ini kita mengalami musim kemarau yang terbilang cukup panjang, kehadiran musim hujan tentunya jadi oase menyejukkan. Namun ada hal yang harus lebih kita perhatikan di musim hujan ini, yaitu kesehatan.

Di musim hujan kondisi dan daya tahan tubuh memang lebih rentan terhadap penyakit. Dan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan di musim hujan ini adalah dengan mengonsumsi makanan sehat

Mengapa Harus Makan Sehat Saat Musim Hujan?

Ada beberapa penyakit yang sepertinya jadi lebih familiar menyerang tubuh kita di musim hujan ini, seperti batuk, pilek, maupun flu. Penyakit-penyakit tersebut sangat mudah menular, khususnya kepada mereka yang daya tahan tubuh atau sistem imunnya lemah.

Makanya kita perlu memperkuat sistem imun kita melalui makanan sehat yang kita konsumsi agar tak mudah terserang penyakit. 

Dengan mengonsumsi makanan sehat, hal itu juga bisa membantu mempercepat kesembuhan, menurunkan inflamasi (peradangan), serta membunuh bakteri berbahaya.

Jadi, bukan hanya payung, jaket,  atau jas hujan saja yang harus kita persiapkan di musim hujan ini, ya. Tapi kita juga harus mempersiapkan sistem imun kita supaya tetap sehat dan kuat di musim hujan ini. Kesehatan yang prima tentunya membuat kita lebih happy dan lancar beraktivitas, bukan?

Kuliner Lezat dan Sehat yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Nah, bicara mengenai makanan di musim hujan, berasa gak sih kalau musim hujan biasanya kita lebih mudah lapar? Ternyata hal ini wajar, lho.

Umumnya nafsu makan kita memang lebih meningkat saat udara sedang dingin (musim hujan). Secara fisiologis, aktivitas makan membuat tubuh merasa lebih hangat karena adanya peningkatan metabolisme.

Jadi, tak heran ya saat cuaca sedang dingin di musim hujan ini kita jadi makan lebih banyak. Namun bukan berarti kita jadi lupa untuk mengutamakan makan sehat dan jadi lapar mata dengan aneka kuliner yang tidak sehat.

Tak usah bingung, karena ada banyak kuliner lezat dan sehat yang cocok dinikmati saat musim hujan. Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini 🙂

1. Bakso

Perpaduan antara kuah hangat yang gurih serta bakso yang kenyal dan lezat memang membuat banyak orang menggemari kuliner yang satu ini. Tapi bukan sembarang bakso ya, pilihlah sajian bakso yang sehat. Bakso yang sehat tidak mengandung MSG dan pengawet, serta dibuat dari daging sapi asli.

Bahan utama bakso adalah daging sapi yang merupakan sumber protein dan zat besi.   

Protein dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang, juga meningkatkan aktivitas sel-sel dalam tubuh kita. Selain itu, daging sapi juga mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Agar lebih sehat.

Sebaiknya pilih bakso yang menggunakan daging tanpa lemak. Dan jangan lupa untuk menambahkan sayuran, seperti sawi atau tauge, sehingga asupan serat tercukupi. 

2. Capcay

kuliner musim hujan

Credit: masakaapahariini.com

Capcay merupakan sejenis sayur yang terbuat dari berbagai macam sayuran, seperti kembang kol, brokoli, wortel, jagung muda, kol, dan bisa juga ditambah dengan udang, ayam, atau bakso agar lebih lezat.

Tentu saja menu satu ini bisa dikategorikan sebagai makanan sehat karena komposisinya terdiri dari berbagai macam sayuran. 

Sayuran mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, mulai dari serat, vitamin, mineral, serta zat antioksidan. Mengonsumsi banyak sayuran di musim hujan akan memperkuat sistem imun agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain sayuran, bahan lainnya seperti udang, ayam, atau bakso juga bermanfaat sebagai sumber protein. 

3. Soto

kuliner sehat musim hujan

Credit: review.bukalapak.com

Makanan hangat yang seringkali diburu saat musim hujan selain bakso adalah soto. Menyantap makanan berkuah yang hangat dan lezat memang terasa lebih nikmat dikala cuaca sedang dingin. Umumnya soto terdiri dari suwiran ayam, telur, soun, kol, kentang, dan tomat. Dipadukan dengan kuah kaldu yang gurih serta taburan bawang goreng renyah.

Yang paling spesial dari sajian soto adalah kuahnya yang hangat dan gurih. Kuah soto biasanya menggunakan jahe, kunyit dan merica. Maka tak heran jika kuahnya ini memunculkan sensasi hangat saat disantap.

4. Pempek

kuliner pempek

Credit: idntimes.com

Siapa yang tak kenal kuliner khas dari Palembang ini. Rasanya yang gurih dicampur dengan kuah yang sedikit asam mampu menghilangkan rasa kantuk yang seringkali menyerang di musim hujan ini. Pempek berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung sagu atau tepung tapioka.

Ikan tenggiri kaya akan kandungan vitamin dan zat besi, serta asam lemak omega 3. Sedangkan kuahnya terbuat dari campuran air, cuka, gula merah, cabai, bawang putih, serta garam.

Tapi, bagi kamu yang pencernaannya kurang cocok dengan makanan yang terlalu asam seperti cuka, sebaiknya pilih pempek dengan kuah yang tidak terlalu asam, ya.  

5. Rawon

makanan musim hujan

Credit: dapurumami.com

Makanan satu ini memiliki tampilan yang unik dengan kuah hitam pekatnya. Warna hitam pekat pada kuah rawon berasal dari kluwek yang merupakan biji dari tanaman kepayang. Kluwek inilah yang memberikan cita rasa serta aroma lezat dan gurih pada masakan rawon.

Rawon terbuat dari daging sapi yang diiris-iris kemudian diberi tambahan telur, kecambah, serta labu siam dalam penyajiannya. Kluwek pada rawon mengandung vitamin C, zat besi, serta tanin yang berfungsi menjaga sistem imun agar tetap prima dan tidak rentan terkena penyakit. 

6. Sup ayam

makanan sehat

Credit: food.detik.com

Menu yang satu ini sih sepertinya sudah tidak asing lagi dalam keseharian kita, ya. Sup ayam seringkali jadi menu yang kerap kita nikmati di rumah. Tapi tahukah kamu bahwa sup ayam termasuk makanan yang baik dikonsumsi saat kondisi tubuh sedang kurang fit atau sakit.

Mengonsumsi sup ayam yang dimasak dengan cara sehat (kaldunya diperoleh dari rebusan daging ayam tanpa menggunakan MSG) bisa membantu mengurangi gejala flu yang seringkali menyerang saat musim hujan. 

Rempah-rempah seperti bawang putih, lada, serta jahe dalam semangkuk sup ayam berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menguatkan tubuh. Kaldu yang berasal dari rebusan sayuran serta daging ayam juga mengandung banyak nutrisi yang membuat tubuh menjadi segar.

Jika kamu sedang flu sebaiknya konsumsi sup ayam yang fresh (baru dimasak) serta dalam keadaan hangat, dijamin deh flu langsung mereda.

7. Wedang ronde

makanan sehat musim hujan

Credit: kumparan.com

Tentu tak lengkap daftar kuliner ini tanpa membahas mengenai minuman hangat dan sehat yang cocok dinikmati saat hujan turun. Dialah wedang ronde, salah satu minuman khas Jawa. Minuman ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat warna warni, potongan roti tawar, kolang-kaling, dan kacang.

Kehangatan kuah wedang ronde berasal dari jahe yang ditambah serai, serta kayu manis. Kandungan rempah-rempah tersebut membuat tubuh jadi lebih hangat dan sehat. 

Gimana, jadi gak bingung lagi kan mau menyantap makanan apa yang lezat dan sehat di musim hujan ini? Makan bukan hanya soal lezat, tapi juga harus sehat. Karena kesehatan adalah aset berharga yang wajib kita jaga. Salam sehat, ya! 🙂

 

Credit featured image: serafood.id

 

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top