Indo Blog Net

Kuliner

Kue Tapel, Kue Crispynya Orang Cirebon, Nih!

Ada satu lagi camilan khas Cirebon yang sudah terlupakan. Penjualnya juga hanya sekitar dua orang. Di Jalan bahagia dan di dekat pasar kanoman. Tapi yang di pasar Kanoman juga sudah sering tak terlihat berjualan. Camilan kue tapel ini sudah tergerus dengan camilan yang modern yang lebih disukai masarakat. Padahal rasanya enak, manis dengan rasa pisangnya yang terasa dan dipadu gurih dari kelapanya.

Aku juga pertama kali tahu juga dari sepupuku yang berkunjung ke kota Cirebon dan mencicipi kue tapel, sedangkan aku yang sudah lama tinggal di Cirebon malah gak tahu. Akhirnya aku mencoba keu tapel di daerah pagongan. Bukan di dekat pasar kanoman. Soalnya beberepa kali ke sana selalu sedang tak berjualan. Dan saat bulan ramadan kemarin aku justru melihat di pasar kanoman dijual tiap hari. Mungkin saja hanya ada pada bulan ramadan saja.

Aku mencoba kue tapel mbak Lena. Tempat yang sederhana di dalam gang sempit. Mbak Lena mendapat resepnya turun menurun dari neneknya. Jadi di sana terlihat wajan yang terbuat dari tanah liat dan memakai bahan bakar kayu. Adonan tepung dimasukan dalam wajan dan ditekan-tekan dengan daun pisang dan diberi olahan kelapa di bagian atasnya. Dan topingnya diberi pisang dan irisan gula merah. Jadi rasanya gurih campur rasa manis dari gula merahnya.Dan menekannya hanya dengan menggunakan tangan dan daun pisang, gak kebayang panasnya ya, tapi katanya sih mbak Lena dia sudah biasa dan tak merasakan panas. Asap yang keluar memerihkan mata. Apalagi ruang tempat memasaknya sempit dan jadi satu dengan tempat menunggu pembeli. Dan terlihat kusam dan hitam.

Tapel itu sebetulnya singkatan dari ketan tempel. Jadi ketan yang ditempel di wajanya sehingga diberi nama tapel. Nah untuk topingnya itu harus pisang raja, karena tektur pisang raja yang lembut dan manis dan juga cepat empuk. Rasanya memang enak sekali. Sayang tempat yang nyempil sulit dicari orang. Aku juga harus berkali-kali tanya sebelum menenukan tempat ini. Dan kue tapel ini sebetulnya bisa disejajarkan dengan kue crepes dari Perancis. Tidak kalah enaknya. Dulu dimakan ditemani dengan teh poci dengan gula batunya.

Ini sedikit resep kue tapel, mungkin bisa dicoba di rumah.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 100 gram gula merah sisir
  • 8 sendok makan tepung beras
  • 5 sendok makan ketan kukus
  • 5 buah pisang raja besar benyek” dengan garpu (setengah halus saja)
  • 4 sendok makan kelapa muda parut (pilih yg agak muda)
  • ½ sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat Kue Tapel:

  1. Tumbuk ketan setengah halus saja
  2. Campur tepung beras, kelapa, garam, ketan, aduk rata kemudian masukan air sedikit demi sedikit sampai bisa di pulung
  3. Panaskan wajan atau kalau punya tefon, pakai teflon aja biar gampang bikinya. Kemudian masukan 2 sendok makan adonan, ratakan dengan sendok, spatula, atau daun pisang yang di lipat-lipat tebal
  4. Masukan 1 sendok makan pisang dan ratakan
  5. Tabur gula merah sisir 1 sendok teh ke atas adaonan tadi, kemudian tutup biarkan sampai matang dengan api kecil.
  6. Jika sudah matang, angkat dan sajikan ketika masih hangat

Dan memang harus disantap dalam keadaan hangat karena jika sudah dingin rasanya jadi kurang enak lagi. Nah, camilan yang sudah gak digemari lagi padahal camilan ini gak kalah enak dibandingkan dengan camilan modern lainnya. Apalagi disejajarkan dengan kue crepes yang harganya jauh lebih mahal tapi rasa sama enaknya.

Sumber gambar: doyankuliner.com

 

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kuis Bola berhadiah ratusan ribu rupiah. 
Cara ikutan: 
Jawab pertanyaan berikut di dalam form 👳 Wajah siapakah dalam potongan puzzle ini ⚽ Apa nama stadion dalam puzzle slide tersebut.

JAWAB PERTANYAAN DALAM LINK BERIKUT.
http://bit.ly/AllianzExplorerCamp2019
(ATAU KLIK DI BIO)

MOHON TIDAK MENJAWAB DI KOLOM KOMENTAR.

5 orang beruntung akan mendapatkan uang tunai @100 K setiap minggunya.

Periode kuis: 
Minggu 1 : 19-25 Mei
Minggu 2 : 26 Mei - 1 Juni
Minggu 3 : 2 - 10 Juni
____
Ketentuan kuis: 
Kuis berlaku bagi mereka yang memiliki anak/sepupu/ keponakan/ adek usia 10-16 tahun.
____
Note: 
Bagi yang beruntung dan kebetulan suka bola, bisa diundang untuk seleksi oleh Allianz untuk mengikuti Allianz Soccer Camp ke Jerman dan Singapura
____
#GilaBola #Bola #SepakBola #AllianzExplorerCamp2019 #Allianz #Jerman #Singapura #BolaAnakIndonesia #Kuisbola #GAMei2019 #giveaway #GiveAwayMei2019 #LombaFoto #FotoKontes

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top