Indo Blog Net

Kuliner

Kue Bika Ambon yang Ternyata Bukan Berasal dari Ambon, Kok Bisa?

kue bika ambon

Pasti sudah kenal dengan bika ambon ini kan? Oleh-oleh yang sering dibawa dari kota Medan. Unik namanya, ada kata Ambon di sini walaupun kue ini bukan berasal dari Ambon. Banyak cerita tentang nama bika Ambon ini dari berbagai sudut, entah yang paling benar yang mana.

Ada beberapa cerita tentang asal muasal dari bika ambon ini yang semuanya dipercaya tapi mana yang benar , entahlah

Sekilas Tentang Kue Bika Ambon

Pertama, kue bika Ambon ini banyak dijual di jalan Ambon Sei Kera Medan. Ada lagi yang mengatakan kue bika Ambon ini berasal dari warga Ambon yang merantau ke Malaysia. Ia membawa  kue bika ini. Dan ia mampir Medan saat mau kembali lagi ke Ambon.

Kedua, dulu ada daerah yang dikenal dengan Amplas yang terbagi menjadi dua. Dua wilayah itu wilayah barat dan timur sungai. Di bagian barat sungai dikenal dengan sebutan pabrik. Hal ini karena ada pabrik pengolahan lateks. Dan di sebelah timurnya dikenal dengan daerah yang diberi nama Kebon.

Hal ini karena ada perumahan buruh dan pekebunan cacaou serta tembakau di sana. Bika Ambon ini diperkenalakan oleh buruh yang bearsal dari Jawa, yang membuat kue bika dan dipasarkan di kota Medan. Kue ini kemudian ternyata jadi sangat disukai banyak kalangan.

Akhirnya banyak buruh yang membuat kue bika ini. Nama Ambon ini berasal dari Amplas-Kebon, nama kedua daerah ini. Jadi akroniminya Ambon. Bika Ambon.

Ketiga, pada jaman Belanda di Tanah Deli seorang keturunan Tionghoa melakukan percobaan dengan sebuah kue. Setelah selesai, orang itu menyuruh pembantunya yang asli Ambon untuk mencobanya.

Ternyata pembantunya suka banget dengan rasa kue ini sehingga dikenal dengan bika Ambon.

Keempat, bahwa kue ini bukan karena akronim suatu daerah atau karena asal nama pembantu yang berasal dari Ambon tapi karena bika Ambon itu memiliki arti lembut, karena kuemya punya tekstur yang lembut. Entahlah mana yang benar. Sampai sekarang belum ada yang bisa memastikan secara pasti.

Baca juga: Bingka: Kue Manis dan Legit Asal Suku Banjar

Kandungan Dalam Bika Ambon

Bika Ambon adalah kue yang menggunakan bahan telur, gula, dan santan. Aslinya bika Ambon ini rasanya seperti aroma pandan. Walau sekarang sudah banyak variasi rasa. Kue bika Ambon ini terinspirasi dari bika atau bingka. Dan dikembangkan dengan bahan pengembang dari nira/tuak hingga berrongga, beda dengan kue bingka lainnya.

Kue bika Ambon dilihat dari bahan-bahan pembuatnya memiliki gizi tertentu, seperti Kandungan gizi pada 70 gr Kue Bika Ambon dengan jumlah yang dapat dimakan sebesar 100%.

Kue Bika Ambon ini mengandung energi sebesar 158 kilokalori, protein 2,1 gr, karbohidrat 37 gr. Bika Ambon mengandung lemak 0,2 gr, kalsium 0,01 mg, dan zat besi 3,43 mg.

Cara Membuat Kue Bika Ambon

Bika Ambon menggunakan tepung sagu yang memiliki gizi makro dan mikro yang baik. Penggunaan santan akan menambah nilai gizinya, karena ada protein dan lemaknya.

Baca juga: Menikmati Kesegaran Es Doger Asli Cirebon, Yuk Cobain!

Jika akan membuat bika ambon sendiri , inia da resep yang bisa dicoba

Bahan yang dibutuhkan

  • 10 Kuning Telur
  • 250gr Tepung sagu
  • 350gr Gula pasir
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt vanili
  • ½ pewarna kuning
  • ½ kulit jeruk purut
  • 18 lembar daun jeruk purut
  • 400ml santan kental
  • Dan Minyak Goreng

Bahan Tanbahan

  • 20gr ragi instan
  • 20gr tepung terigu
  • 25gr gula pasir
  • 80ml air

 

Cara membuatnya

  1. Hal yang pertama  dilakukan, buat adonan terlebih dahulu dari bahan tambahan tadi seperti ragi instan, tepung terigu, gula pasir dan air. Setelah itu kalian diamkan sejenak selama ­­30 menit
  2. Kemudian, campur bahan garam, jeruk purut, dan santan. Rebus hingga benar-benar sudah mendidih, namun tetap di aduk secara perlahan biar tidak pecah.
  3. Kuning telur yang sudah disiapkan tadi  kocok dan tambahkan juga gula pasir kedalamnya. Setelah gulanya larut, saatnya kalian masukkan tepung sagu, vanili, pewarna kuning makanan, dan juga kulit jeruk purut.
  4. Aduk adonan tersebut hingga merata secara keseluruhan dan diamkan selama 2 atau 3 jam kedepan.
  5. Cetakan untuk membuat kue bika ambon , olesi dengan minyak, bagus lagi memakai margarin. Ketika adonan yang tadi telah dibuat sudah siap, saatnya kalian masukkan adonan kedalam cetakan yang sudah diolesi minyak.
  6. Setelah sudah dimasukkan, saatnyadi panggang adonan tersebut pada Oven. Biarkan punti oven nya tetap dalam keadaan terbuka sampai gelembung pada adonan tersebut berhenti.
  7. Setelah adonannya sudah matang, keluarkan adonan yang sudah jadi tadi dari cetakan. Terakhir,  dinginkan sejenak dan Kue Bika Ambon Khas Medan siap untuk disajikan.

Bika Ambon sudah banyak variasi rasanya dan bisa bertahan selama 4 hari. Selepasnya akan terasa keras tidak lembut lagi. Pernah sih dapat oleh-oleh bika Ambon ini dari Medan. Memang rasanya lembut dan lezat tapi juga untuk tak makan berlebihan karena kandungan kuning telur yang banyak.

Sumber gambar : https://www.tokopedia.com

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top