Indo Blog Net

Kuliner

Kue Apem dalam Tradisi Jawa

Mungkin sudah banyak tahu tentang panganan kue apem ini. Sudah sangat familiar di masarakat, karena banya digunakan dalam tradisi di suatu daerah. Apem atau apam atau appam dari negeri asalnya India adalah panganan yang terbuat dari tepung beras yang didiamkan dalam waktu semalam dengan mencampur telur, santan, tape, gula dan sedikit garam dan kemudian dibakar atau dikukus. Bentuknya mirip serabi tapi ukurannya lebih tebal.

Kue Apem dalam Tradisi Jawa

Menurut sejarahnya kue apem ini dibawa oleh Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Pangeran Brawijaya dari perjalanannya ke tanah suci. Beliau membawa oleh-oleh 3 makanan ternyata sedikit sehingga dibuat lagi oleh istrinya dan dibagi-bagikan.

Makanan itu oleh masarakat dinamakan kue apem yang berasal dari saduran bahasa arab Affan yang artinya ampunan. Ini dimaskudkan agar masarakat mau mohon apmpunan ke Allah. Dan akhirnya jadi kebiasaan untuk membagi-bagikan kue apem menjelang bulan ramadhan

Tradisi yang turun temurun dilakukan oleh masarakat. Nah, dengan adanya filsosofi memohon ampunan  tersebut maka di Jawa ada tradisi megengan yang dilakukan menjelang bulan ramadhan. Dalam bahasa Jawa megengan itu memiliki arti menahan diri atau memiliki makna puasa.

Di berbagai daerah di Jawa kue apem yang dibuat untuk megengan itu dibawa ke mesjid dimana warga sudah berkumpul dan melakukan doa bersama. Dan kue apem akan dibagikan ke masarakat sebagai ungkapan rasa syukur.

Di setiap daerah punya tradisi sendiri yang berhubungan dengan kue apem ini. Misal di Jogjakarta kue apem ini digunakan dalam acara tingalan dalem jumenengan atau kenaikan tahta. Di Cirebon diartikan dengan kebersamaan.

Kue apem ini dibuat di bulan safar dan dibagikan ke tetangga secara gratis. Filosofi kue apem ini sudah ada di jaman sunan Kalijaga. Saat pulang dari tanah suci, beliau meliahat masarakat desa jati Anom kealaparan. Dan ini membuat beliau membuat kue apem untuk dibagi-baikan dan mengajak mereka berzikir bersama.

Baca juga: 9 Kuliner Viral di Indonesia, Sudah Pernah Coba?

Resep Kue Apem

Kue apem memang rasanya lezat dan ada rasa asam-asamnya yang memberikan cita rasa tersendiri. Mau coba membuatnya, ini ada resep sederhana cara membuat kue apem:

Bahan-bahan

  • Tepung beras 1000 gram
  • Tepung terigu 250 gram
  • Gula 500 gram
  • Tape singkong 500 gram
  • Fermipan 1 bungkus
  • Santan hangat 1,5 liter
  • Daun pandan wangi sesuai dengan kebutuhan

Cara Membuat

  • Pertama-tama silahkan rebus terlebih dahulu santan serta daun pandan sampai mendidih, angkat setelah itu biarkan sampai hangat.
  • Jika sudah, haluskan gula pasir serta tape singkong, uleni adonan hingga semua tercampur merata.
  • Campurkan tepung beras, fermipan, tepung terigu dan tuanglah sedikit santan ke dalam adonan.
  • Silahkan uleni adonan sampai semuanya merata.
  • Biarkan donan sampai adonan mengembang. Tunggu kira-kira 1 jam.
  • Panaskan cetakam, Anda juga dapat menggunakan cetakan apem atau cetakan martabak mini. Sebelum digunakan, silahkan olesi terlebih dahulu dengan margarin.
  • Tuanglah adonan di dalam cetakan dan masaklah sampai adonan matang.
  • Ulangi terus menerus sampai seluruh adonan habis.

Kue apem walau digunakan sebagai kue untuk upacara adat tapi sebagai camilan sore bisa saja. Apalgai ditemani secangkir teh manis hangat, terasa sekali nikmatnya. Walau banyak yang membuat kue apem ini untuk banyak tradisi di berbagai daerah . Tradisi yang dilakukan turun temurun sebagai bentuk memakanai kebersamaan.

Sumber gambar: resepmasakankomplit.com

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top