Kuliner

Kreatifnya UKM Oleh-oleh Khas Malang

keripik malang

Kalau sedang berlibur ke kampung halaman, kota Malang, saya sering mengamati perkembangan bisnis buah tangan makanannya. Hhehe itu karena saya memang doyan makan. Kalau ada yang baru, pasti nggak ketinggalan membeli.

Malang saat ini memang semakin populer sebagai destinasi wisata. Jika pada satu dekade sebelumnya wisatawan sebagian besar dari Kota Surabaya, Pasuruan dan sekitarnya. Kini wisatawan yang memadati kota Malang pada musim liburan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Prospek banyaknya wisatawan ini ditangkap oleh para pelaku industri mikro dan kecil menengah. Salah satunya, ya makanan sebagai oleh-oleh. UMKM kota Malang dan sekitarnya  tak berhenti berinovasi dan berkreasi menciptakan aneka makanan yang memikat selera pengunjung. Makanya tak heran, bisnis oleh-oleh makin mengkilap saja. Malang semakin dirindukan karena oleh-olehnya 🙂

Sedari  dulu Malang terkenal sebagai kota tempe, kota bakso dan juga kota apel dimana produksinya banyak disokong oleh Batu dan Poncokusumo. Ada lagikah? Ya Malang juga memiliki telo yang khas yakni telo ungu dan telo berwarna jingga yang berasal dari Gunung Kawi.  Malang pun termasyur dengan susunya  yang berasal dari kawasan Pujon. Dengan berbagai bahan makanan tersebut,tak heran jika warga Malang dan sekitarnya Malang terdorong kreatif membuat berbagai panganan yang menarik wisatawan. Oleh-oleh makanan tersebut tidak hanya enak, harganya terjangkau, menarik selera dan praktis.

Dulu mungkin orang tidak terpikir untuk membuat es krim dari telo ungu atau menyantap brownies tempe yang kaya serat. Mungkin di antara Anda juga belum pernah mencicipi cokelat apel yang nikmat dengan sentuhan apel khas Malang yang asam manis. Bahkan kesemek dan semangka saja disulap jadi keripik. Saya salut sekali dengan kreativitas mereka.

Selain soal kreativitas diferensiasi makanan, UMKM itu juga banyak memberikan kemudahan bagi pembeli. Khususnya dari luar kota, siap dilayani. Anda tinggal telepon, email dan pesan saja oleh-oleh yang mau dibeli. Tidak pakai lama, pesanan tiba di rumah dengan kemasan yang rapi.

Keripik Tempe H. Sodik

Saya sering berbelanja oleh-oleh buatan UMKM tersebut untuk persediaan kudapan dan pelepas rasa kangen kampung halaman. Biasanya saya memilih membeli keripik tempe dari tangan pertama, yakni bisnis rumahan yang menyiapkan sendiri bahannya, mengolahnya dan kemudian menjualnya. Salah satunya Keripik Tempe H. Sodiq  langganan kami. Tokonya sendiri bernama Toko Sinar Makmur, terletak di sentra kerajinan Tempe, Sanan, Kecamatan Blimbing. Dari stasiun kota Malang, tinggal naik angkot AMG/AJG lalu jalan sebentar sekitar 30 menit. Dari Terminal Arjosari juga bisa. Tinggal nyambung angkot AMG/AJG  dan jalan sedikit.

Saya suka sekali membeli keripik di toko H. Sodik. Rasanya enak, cocok di lidah saya. Biasanya, saya membeli yang  rasa pedas manis. Original juga nggak kalah enak, bumbunya   pas, renyah. Harganya nggak bikin mulut manyun hehhe, sekitar Rp 7000 -8000. Teman-teman suka menitip keripik tempe varian ini. Asyiknya jika saya malas datang, tinggal telepon. Tak berapa lama,   keripik tempenya sudah di-pack dalam kardus dan diantar ke rumah. Praktis.

Meski rasanya enak, tapi sayangnya Keripik tempe H. Sodiq  masih kalah saing dengan keripik tempe merk lainnya. Ya itu disebabkan, kemasannya yang sangat biasa dan lokasi penjualan masuk gang, kurang strategis.  Untuk memikat pembeli, sebaiknya memang harus sudah memiliki website dan media sosial untuk woro-woro. Atau sesekali ikutan pameran. Pak Sodik sepertinya sudah cukup puas dengan penjualannya yang mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut. Suatu hari nanti semoga bisa ditingkatkan upayanya untuk lebih menarik pembeli. Ya, semoga melalui promosi saya ini bisa Keripik Tempe H. Sodik bisa terkenal. Aamiin.

.

 

 

 

Puspa

Saya suka membaca dan menulis apa saja.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top