Digipreneur Scale up

Kolaborasi Smesco, Fotografer, Netizen Promosikan Produk UKM

Industri sepatu Indonesia terus berkibar, kendati kondisi perekonomian global mengalami perlambatan. Dari nilai ekspor tumbuh signifikan,  naik dari US $ 3,8 miliar pada 2014 menjadi US $ 4,5 miliar pada 2015. Amerika Serikat, masih menjadi pasar ekspor dominan, menyusul kemudian Belgia dan Cina. Kendati belum sebesar Amerika Serikat, Cina cukup memberikan kenaikan nilai ekspor dua kali lipat dari 3 % pada 2014 menjadi 7% pada 2015 untuk Indonesia. Direktur Industri Tekstil, Alas Kaki dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Muhdori, Indonesia termasuk 3 produsen alas kaki terbesar di pasar global.

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan bisnis alas kaki ini, baik dalam peningkatan sistem manajemen produksi, efisiensi, dan teknologi. Tak terkecuali, Smesco Rumahku, sebagai Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Kementerian Koperasi dan UKM  pun terus berupaya melakukan berbagai terobosan inovatif, salah satunya dengan rencana menghadirkan kampung alas kaki “handmade” di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Disamping upaya memberikan ruang dan akses pemasaran bagi UKM Sepatu  dan alas kaki lainnya untuk berkembang dan kompetitif. Diantaranya melalui keikutsertaan dalam pameran-pameran dan membuka celah bagi pasar ekspor.

Upaya yang dilakukan Smesco dalam mengangkat UKM ini giat disosialisasikan secara berkesinambungan, agar masyarakat serta pebisnis UKM sepatu dan tas dapat mengetahui peranan Smesco, sekaligus mendorong masyarakat setidaknya dapat mengapresiasikannya dengan cara membeli dan menggunakannya.

14138988_10153973243344141_495246578_o

“Kami memiliki ratusan produk sepatu dari berbagai UKM di seluruh Indonesia. Produk-produk ini kami pasarkan, bukan hanya di Galeri Indonesia Wow, market place Smesco Trade, tetapi juga melalui berbagai pameran di dalam dan luar negeri. Bahkan, ada beberapa produk unggulan sepatu kita sudah diekspor ke Itali,” ungkap Direktur Utama LLP KUKM, Ahmad Zabadi.

Makanya, Ahmad Zabadi mengatakan,rencana pendirian Kampung Sepatu di Smesco menjadi sebuah kebutuhaan. Karena, Kampung Sepatu yang ingin dikembangkan memiliki keunikan dan menjadi nilai tambah besar bagi perajin sepatu handmade. “Perajin bisa mengetahui langsung selera konsumen sehingga lebih kreatif, sedangkan konsumen jadi lebih merasa prestise karena dilayani secara personalized oleh perajin. Mereka akan lebih menghargai karya perajin,” ujar Ahmad Zabadi.

—-

Smesco Digipreneur Day, menjadi salah satu ruang bagi aktivitas promosi produk-produk UKM Smesco dan branding Smesco secara lebih efektif dan efisien, dengan mengoptimalkan peran kalangan digitalpreneur bidang promosi diantaranya  fotografer, instagramer, blogger dan pegiat media sosial untuk mempromosikan sekaligus membranding Smesco sebagai LLP KUKM yang berkompetensi dan terdepan dalam memajukan UKM di tanah air.

Dalam setiap event Smesco DigipreneurDay yang sudah kali ketiga dilaksanakan dengan bekerja sama dengan EO MB Communication ini mengangkat tema spesifik baik produk maupun kegiatan. Pada event kali ini, tema yang dipilih adalah “Exploring the incredible of Shoes and bag”, mengulas tuntas tentang persepatuan, dan fashion tas yang menjadi satu produk favorit (fast moving) di Smesco dalam format foto digital.  Bagaimana membuat karya foto produk sepatu dan tas yang menjual untuk bisnis online.

14152105_10153973243269141_1404759803_o

Menghadirkan fotografer profesional di bidang foto produk komersial  yaitu Ferry Ardianto dan Boni Febrianda. Keduanya berpengalaman memotret produk brand-brand internasional. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari penuh, pada Sabtu, 27 Agustus2016 ini  diikuti oleh 40 peserta dari kalangan digital preneur dan UKM. Mereka akan memotret sebanyak 40 produk sepatu dan tas unggulan.

Kemudian, yang menjadi khas dari aktvitas Smesco Digipreneur Day diantaranya karya foto peserta coaching akan dilombakan melalui kontes foto Instragram yang dikoneksikan ke Fecebook dan diviralkan di media sosial. Sejumlah blogger dan pegiat media sosial pun akan berkompetisi membumikan produk UKM Sepatu dan tas di media sosial (twitter, facebook dan Instagram) dengan hastag #SmescoDigipreneurDay.

“Saya sangat mengapresiasi keterlibatan netizen fotografer dan pegiat media sosial dalam acara Smesco Digipreneur Day. Ini salah satu upaya buat UKM agar lebih kreatif dan inovatif. Karena karya mereka akan diabadikan dan dipromosikan di dunia maya, saluran yang lebih luas lagi dari pemasaran biasa.” Ujar Ahmad Zabadi.

Melalui kegiatan ini, Ahmad Zabadi berpesan kepada seluruh masyarakat, ayolah ke Smesco, banyak produk karya anak bangsa yang bagus dan berkualitas. !

Coaching Doodle untuk Produk UKM

Seni doodle atau mencoret dengan alat sederhana seperti pensil, pulpen, spidol kini makin digemari masyarakat berbagai golongan usia. Dulu, doodle lebih dikenal di bangku-bangku sekolah, dimana pelajar yang kreatif sering “membunuh waktu bosannya” dengan berkreasi coret-mencoret di buku. Kadang tanpa disadari, spontan tangan ini suka mencoret-coret tidak jelas di buku atau tidak jarang ditemui pada meja saat pelajaran berlangsung. Spontanitas inilah yang kini menjadi daya tarik doodle sebagai karya seni yang diperhitungkan. Bahkan, seni doodle terlihat gurih untuk dikapitalisasi pada produk-produk UKM seperti  tas, gelas, dan berbagai media lainnya. Dinding-dinding restoran atau kafe tematik tidak sedikit dijumpai bercoretkan doodle yang melambangkan kekinian.

Smesco Rumah sebagai LLP yang peduli terhadap kreativitas masyarakat (laboratorium kreatif) mengajak pegiat dan pehobi doodle untuk berkreasi menciptakan karya doodle yang unik pada produk UKM. Tak hanya itu, doodle juga bisa menjadi media kreatif untuk mem-branding Smesco. Dialah Tanti Amelia, coach doodle yang juga seorang blogger dan penulis sastra berkolaborasi  dengan Kartini Blue Bird selama satu hari penuh memberikan ketrampilan doodlenya kepada 30 orang peserta mulai dari tingkat dasar hingga profesional (advance).

Melalui kegiatan kreatif ini, Ahmad Zabadi berpesan kepada seluruh masyarakat, ayolah ke Smesco, banyak kegiatan kreatig dan produk karya anak bangsa yang bagus dan berkualitas. !

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk-produk UKM Smesco bisa mengunjungi sosmed Smesco Rumahku di FB, twitter, dan IG  @g_indonesiawow dan marketplace Smesco Trade . www.smescotrade.com, IG, FB, twitter @smescotrade

Release ini untuk disiarkan di berbagai media online.

 

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top