Menulis Yuk

Kitabisa.com, Solusi Kekinian ‘Bahagiakan’ Sesama

kitabisa.com

Hai sahabat, pernah mendengar atau mengetahui Kitabisa.com ? Hmm..bagi yang sudah mengetahui, diam-diam sudah menjadi dermawan nih. Insya Allah ya. Atau yang baru niat menjadi dermawan, pastinya sudah tercatat oleh Tuhan . Saya sendiri, tak begitu mengetahui Kitabisa.com. Pernah mendengar selintingan, tetapi tidak tahu apa sebenarnya Kitabisa.com. Saya kira awalnya sebuah situs start up biasa. Di era digital saat ini, start up di dunia bisnis online memang tengah naik daun. Sampai akhirnya, BloggerCrony melayangkan undangan untuk 10 blogger silaturahmi ke kantor Kitabisa.com  pada hari Selasa (1/2). Alhamdulillah, hari itu saya luang, dan bisa menyambangi kantornya.

Sempat browshing sebentar sebelum berangkat, owhh…ternyata Kitabisa.com adalah sebuah situs fundrising. Keren juga, jarang saya temui situs fundraising se-friendly ini.

Pukul 17:30 wib, meski sempat tersesat, Alhamdulillahsaya berhasil juga menemukan kantor Kitabisa.com yang terletak di Jalan Ciputat Raya No. 27 D, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Patokannya, gedung Fed EX, Pondok Pinang, jalan lurus sampai menemukan Warteg Karisma. Nah, kantor Kitabisa tepat berada di seberang warteg yang cukup beken di sini. Kala saya berkunjung, belum ada plang kantor. Maklum kantor baru, masih harum wangi catnya pula hehhehe.

Di dalam sudah menunggu Mas Vikra Ijas, Chief Marketing Officer Kitabisa.com, Founder Bloggercrony, Mbak Wardah Fajri, blogger lainnya yaitu Mba Yulia Rahmawati. Blogger yang datang di hari itu memang tidak banyak. Dari 10 kuota yang disiapkan, hanya 7 orang  bisa hadir.

Mas Vikra, dengan pembawaannya yang santai menyambut kami hangat. Ruangan yang ala dapur, memang seolah kami menjadi tuan rumah, bukan tamu hehhe. Sambil beramah tamah, Mas Vikra menjelaskan detil ihwal Kitabisa.com.

Apa beda Kitabisa.com dengan fundraising lain ?

Jelas beda sekali. Kitabisa.com merupakan situs fundraising yang kekinian. Ya, kekinian lantaran didesain mengikuti gaya hidup masyarakat sekarang yang semuanya serba gadjet. Tak ada lagi batas  untuk membantu sesama. Baik  dari orang berpunya atau tidak berpunya, bisa melibatkan diri untuk membantu orang lain.

Sistem kerjanya mirip dengan change.org. Mungkin teman-teman yang suka ikutan kampanye change.org, sudah familiar ya. Pendistribusian informasinya atau pengerahan massa sepenuhnya melalui media sosial facebook. Hhhe…rada mirip dengan change.org, karena rupanya Mas Vikra pernah kerja di sana. Ide-ide pengembangan Change.org, coba diaplikasikan dalam bentuk fundraising.

Juli 2013, Kitabisa.com resmi diluncurkan. Bapak Rhenald Kasali, pakar ekonomi dan pendiri Rumah Perubahan rupanya ada dibalik layar Kitabisa.com. Eksis juga sebagai advisornya CEO Bukalapak.com Achmad Zaky, CEO Marketeers Stephanie Hermawan, dan Senior VP Freelancer.com, Willix Halim. Pantes digital minded, advisornya memang kebanyakan dari pemain e-commerce.

Permasalahan sosial memang bejubel banget ditemui dalam keseharian. Kadang kita cuma bisa miris, melihat sesuatu, tetapi kita tidak bisa atau bingung malah bagaimana bisa membantu. Keterbatasan dana, waktu, jaringan dermawan, atau apalah, hingga akhirnya kita cuma bisa meratapi. Nah, di Kitabisa.com, ga ada rumusnya meratapi. Justru sebagai netizen, kita harus berbuat. Ga ada yang susah, kita punya hape, punya jaringan pertemanan di hape, dan sebagainya.

Melalui Kitabisa.com, Insya Allah menjawab kegalauan teman-teman yang punya mental dermawan, tetapi belum punya kemampuan berbuat (action). Kamu bisa berinisiatif membuat kampanye sendiri.  Misal kamu melihat tetanggamu sedang bermasalah keuangan untuk pengobatan atau rumah sakit, atau kamu menemukan anak pintar dan berprestasi, tetapi tidak memiliki cukup uang untuk biaya pendidikan dan meneruskan pendidikannya, dan sebagainya, kamu bisa usulkan melalui Kitabisa.com untuk pengerahan donasi.

Dari pengajuan kampanye kamu, akan dicek and recheck oleh tim Kitabisa.com. Jadi tidak sembarangan kampanye. Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tim Kitabisa.com akan  mengecek kearutan informasi. Setelah benar-benar valid, baru kemudian dipublish di website Kitabisa.com.  Setelah terpublish, kamu bisa ajak atau undang rekan-rekan pertemanan di jaringan FB untuk donasi.

kitabisa

Kitabisa.com menampung pengajuan kampanye di berbagai bidang. Mulai dari masalah kesehatan, seni dan kreatif, olah raga, event, pendidikan, sedekah, infrastruktur, emergency , bahkan semacam hadiah sekalipun kita bisa mengajukan kampanye loh.

Namun, apabila kamu belum ada temuan (ide) untuk dikampanyekan, tinggal lihat saja listing kampanye yang sedang digerakkan. Kamu bisa mendonasikan berapapun nilainya untuk mereka yang membutuhkan.

Kampanye untuk membantu pendirian sekolah gratis untuk anak jalanan

kitabisa, donasi sekolah master

Dalam pertemuan waktu itu, Bloggercrony Community sepakat untuk membantu Sekolah Master ‘Berbagi Sekolah Gratis untuk Anak Jalanan di Depok”.

Mengapa kami memilih Sekolah Master ? Karena, dari segi jarak, lokasinya tidak begitu jauh dari jangkauan kami. Dan, ini menyangkut masalah pendidikan  anak jalanan atau kaum marjinal. Pasti teman-teman yang kerap beredar di jalan, pernah  menjumpai anak-anak jalanan ngamen di bis kota, stasiun, rumah-rumah makan, pinggir jalan dan sebagainya. Trenyuh rasanya melihat  mereka. Belum lagi, ulah orang yang tidak bertanggung jawab yang tidak jarang melecehkan dan berbuat tidak manusiawi.

sekolah master

Bangunan sekolah dari kontainer. Sumber foto : fanpage Sekolah Master Indonesia

 

Sekilas tentang Sekolah Master

Saya belum pernah ke sana, tetapi pernah bertemu dengan Mas Sugeng, salah satu relawan  Sekolah Master pada suatu acara event pendidikan di Senayan City. Ngobrol-ngobrol sebentar dengan bapak beranak tiga ini yang telah bergabung menjadi relawan  bersama istrinya sejak 2009

sekolah master

Warga belajar di Sekolah Master terdiri dari PAUD sampai SMU. Sumber foto : fanpage Sekolah Master Indonesia

Sekolah Master   berdiri sejak 28 Oktober 2000.  Berangkat dari kepedulian Bapak Nurrohim, aktifis remaja mesjid Al Muttaqien (Pemuda Remaja Islam Al Mutaqqin/Prisma). Beliau ingin anak-anak jalanan yang mangkal di terminal Depok punya  kegiatan yang bermanfaat.

Waktu itu, kegiatannya sederhana sana, semacam pendampingan, tempat bercerita dan belajar. Karena sifat pembelajarannya yang bersahabat dan penuh kasih sayang, membuat adik-adik warga belajar di Sekolah Master senang. Mereka antusias belajar dengan gaya khasnya.  Hingga awal tahun 2006, Sekolah Master mendapatkan ijin dari pemerintah untuk menjalankan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat  (PKBM) Berbasis Kejar Paket. Sedangkan formalnya, Sekolah Master diijinkan juga untuk menjadi Sekolah Terbuka untuk SMP dan SMU.

Ruang-ruang mesjid sudah tak cukup lagi menampung jumlah warga belajar yang membengkak. Pengelola terminal akhirnya turun tangan untuk memperluas area lahan belajar. Lapak-lapak liar ditertibkan untuk menjadi lahan belajar. Hingga kini, Sekolah Master telah menempati lahan seluas 6.000 m2, terdiri dari 2000 m milik terminal, 4000 sisanya disumbangkan dari pembebasan lahan dari lapak liar.

mas sugeng, relawan sekolah master

Mas Segeng, kanan..ketika dijumpai di acara Sunlife EduFair 2016, Senayan City

Sekolah Master membuka pendidikan gratis setiap waktu, mulai dari tingkat PAUD sampai SMU. Di luar itu warga belajar di Sekolah Master mendapatkan pula kesempatan untuk belajar di lembaga formal, diantaranya SMU 4 dan SMU 10. Rata-rata tiap tahun ajaran baru, Sekolah Master menampung lebih dari 1000 warga belajar. Tahun ini, tercatat sebanyak 1467 warga belajar dari berbagai tingkatan. “Jumlah ini bukan prestasi loh, tetapi amanah yang berat bagi kami,” ujar Mas Sugeng. Karena itu, perbaikan demi perbaikan terus dilakukan.

Untuk mengoptimalkan kualitas pendidikan, menurut Mas Sugeng, Sekolah Master bermitra dengan lembaga pendidikan formal terkait, salah satunya Universitas Indonesia. Warga belajar yang berkemauan kuat untuk belajar, bisa dititipkan di sejumlah sekolah ternama. Keseriusan warga belajar menempa ilmu di Sekolah Master membuahkan prestasi yang menganggumkan. Ya, tidak sedikit lulusan dari Sekolah Master diterima di   perguruan tinggi negeri di Indonesia. Bahkan, hingga ke Timur Tengah.

Oya, seluruh lulusan Sekolah Master mendapatkan ijazah resmi dari sekolah formal. Warga belajar dapat mengikuti ujian sebagaimana sekolah formal lainnya.  Seluruh pengajar di Sekolah Master adalah relawan. Mereka bisa mengajar kapan waktu mereka sempat. Mas Sugeng sendiri, seminggu 4 kali, yaitu Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis setelah Zuhur di sela-sela waktu luangnya mengelola bisnis fashion dan day care.

Sampai saat ini, tercatat sebanyak  87 relawan yang mengajar di Sekolah Master.  Sebagian besar relawan berasal dari kalangan akademis, sisanya profesi. Relawan dari profesi  umumnya mengajar pada akhir pekan. Kalau kamu tertarik menjadi pengajar, juga bisa loh. Tinggal datang saja ke Sekolah Master. Menurut Mas Sugeng, apapun keahliannya selama bermanfaat bisa di-share ke adik-adik warga belajar atau ke sesama relawan.

sekolah master

sekolah master

Jika kamu  belum ada waktu untuk menjadi relawan, tidak perlu khawatir. Kamu  bisa berkontribusi sebagai  donatur biaya operasional pendidikan adik-adik. Berapapun donasinya, akan sangat bernilai untuk masa depan mereka. Yang ingin berbagi rejeki, mari Kita Bantu Sekolah Master.

Selain itu, kamu yang aktif di media sosial juga bisa men-share link ini https://ktbs.in/ecwa dan undang teman-temanmu di media sosial atau grup komunitasmu untuk berbagi donasi. Hhehe..mungkin ini yang namanya “sedekah link” . Semoga dari link yang kamu sebar, membuahkan banyak rejeki untuk Sekolah Master. Dan, tentunya rejeki pahala kebaikan dari Tuhan untuk kamu.

Oya, bagi teman-teman yang sudah mengklik link tersebut, dan berdonasi, akan mendapatkan notifikasi via SMS dan email. Donasi kamu ditunggu selama 24 jam untuk segera ditransfer di rekening resmi Kitabisa.com.

Yuk lakukan perubahan dari gajetmu…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillaah, Jum'at Mubarak 😍 Hari yang paling baik untuk melakukan amal kebaikan, termasuk beraktivitas yang bernilai ibadah 😉
.
Guys, ngomong-ngomong soal website nih ya, udah mobile responsive (mobile friendly) belum sih websitemu? 😎 Soalnya ini penting banget lho untuk diperhatikan
.
Berdasarkan survey, website yang gak mobile responsive bakal bikin pengunjung "gak jadi" mengunjungi websitemu 😆 Ya iyalahhh malesin kan ya kalau harus ribet dengan tampilan web saat kamu buka lewat hp 😅 Sementara saat ini, kebanyakan user menggunakan hp untuk mengakses internet, termasuk untuk membuka web..
.
Tuh guys, kalau kamu gak pengen web-mu sepi pengunjung gara-gara gak mobile responsive, buruan deh di upgrade supaya lebih mobile responsive 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #jumatberkah #jumatmubarak #followme #tips #viral #website #survey

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top