Opini

Kita Selalu “Butuh” Orang Lain

 

Manusia adalah makhluk sosial yang gak akan pernah bisa hidup sendiri. Kita selalu membutuhkan orang lain di sekitar kita. Meski kita seringkali gak terlalu menyadari betapa pentingnya keberadaan orang-orang di sekitar yang membantu kita. Padahal jika kita merenungkannya lebih dalam, betapa kita sangat membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita, termasuk saat kita berada di puncak kesuksesan sekalipun, kita tetap membutuhkan orang-orang di sekitar kita.

Tapi bukan berarti kita harus bergantung pada orang lain lho ya, maksud membutuhkan di sini yaitu perlunya sikap saling membantu, saling bekerja sama, serta saling menghargai antar sesama manusia. Bukan hanya mereka yang kekurangan atau kesulitan saja yang membutuhkan bantuan dari orang lain, tapi semua orang membutuhkan bantuan, termasuk saya dan kamu yang saat ini sedang membaca tulisan ini 🙂

Orang-orang paling sukses di dunia pun pasti membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Mereka butuh orang-orang di samping mereka untuk menjalankan bisnis atau perusahaan mereka. Justru semakin sukses seseorang, maka  semakin banyak pula mereka membutuhkan orang lain untuk membantu mereka. Apalah artinya kesuksesan seorang pebisnis (misalnya) tanpa para pekerjanya atau orang yang membantu mereka dalam menjalankan bisnis.

Biasanya kita melihat bahwa para pekerja lah yang membutuhkan orang-orang kaya (sukses) sebagai tempat mereka mencari nafkah. Kita melihat bahwa orang-orang sukseslah yang telah membantu para pencari nafkah untuk mendapatkan pekerjaan. Ya, itu semua benar. Tapi jangan lupa, bahwa bukan hanya para pencari nafkah yang merasa terbantu, atau membutuhkan orang-orang sukses -yang memberikan lapangan kerja- tersebut. Sebaliknya, para pemilik lapangan kerja itupun sama membutuhkannya, dan juga merasa terbantu dengan adanya para pekerja.

Di sinilah adanya saling membantu dan saling membutuhkan antar sesama manusia. Perlu adanya kerja sama dan juga sikap saling menghargai agar hidup berjalan harmonis. Kalau saja semua orang bisa menyadari akan hal ini, rasanya gak ada lagi sikap-sikap negatif yang diterima orang-orang gak mampu atau mereka yang kesulitan, seperti sikap meremehkan orang miskin, menganggap kecil orang yang kedudukannya lebih rendah, atau bersikap sombong atas kekayaan yang dimiliki. Sebab pada dasarnya, setiap manusia pasti butuh bantuan orang lain, siapapun dirimu dan sebesar apapun kekayaanmu.

 

 

Sumber: rumahjurnalku.blogspot.com

Arifah Abdul Majid
See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Cara termudah untuk menghasilkan konten visual yang bagus adalah: buat konten yang memiliki keterikatan dengan audiens, mengandung unsur emosional, dan juga orisinal .
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #trendingpost #popularpost #viralpost #content #brandingcontent

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top