Gaya Hidup

Kiat Sukses Menjadi Working at Home Mom

kiat ibu bekerja di rumah

Menjadi ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah banyak dilakukan pada masa sekarang. Ya, kemajuan internet, memang menyulap pakeman yang selama ini kita mahfum bahwasanya bekerja itu harus di kantor, meninggalkan anak dan keluarga di rumah. Masifnya perkembangan teknologi gajet saat ini juga berperan penting mendorong ibu-ibu rumah tangga tetap berkarya meski hanya di rumah. Syukur-syukur bisa menghasilkan uang buat tambahan kebutuhan rumah tangga ya untuk membantu suami. Anak-anak tetap diperhatikan pula.

Umumnya, ibu rumah tangga yang bisa menulis, bisa menjadi freelancer writer, yang suka jualan, bisa berbisnis di toko online, bikin pernak-pernik yang bisa dijajakan secara online dan masih banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Tetapi, meski begitu, rupanya, menjalani pekerjaan di rumah itu tak semudah yang dibayangkan loh. Makin banyak pelanggan, kita pun dituntut semakin profesional melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Tetap ada jadwal yang harus diselesaikan tepat waktu sesuai kesepakatan dengan klien. Seperti seorang content writer, harus menulis sesuai deadline, sosial media specialist juga harus mengatur manajemen posting yang baik. Dan, kita pun harus siap meeting ketika klien minta bertemu untuk mengeavaluasi atau mendapatkan job-job tambahan. Β Bagaimana dengan anak-anak yang sekali waktu ditinggal. Nah…repot juga kan ya….Makanya, working mom at home, tetap dituntut harus pintar memenej urusan keluarga dan pekerjaan.

Berikut ini, tips menjadi working at home yang profesional :

  1. Tetap mengutamakan pekerjaan rumah tangga
    Pastikan apakah pekerjaan rumah tangga sudah selesai dikerjakan. Apabila belum, segeralah selesaikan sebelum mulai melakukan kegiatan kantor. Hal ini penting supaya pekerjaan rumah dan kantor bisa berjalan seimbang.
  1. Waktu yang kondusif
    Kita harus dapat memilih waktu yang tepat memulai pekerjaan kantor. Misalnya saat buah hati sedang sekolah, tidur, atau bermain.
  1. Bersikap fleksibel
    Terkadang apa yang sudah kita rencanakan tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan. Sebagai contoh, kita sudah membuat jadwal untuk menyelesaikan pekerjaan kantor saat jam tidur buah hati. Ternyata pada hari tersebut, buah hati kita malah terus bermain. Jam tidurnya berubah. Tentu rasa kesal akan melanda. Namun, saat menghadapi situasi seperti itu kita harus mengesampingkan rasa jengkel. Lebih baik temani buah hati bermain dulu, baru pelan-pelan beri ia pengertian bahwa ada pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan. Marah tidak akan menyelesaikan masalah kita, memperlakukan anak dengan lembut akan membuat mereka bersikap manis dan patuh. Jadi jangan kaku, harus fleksibel.
  1. Mengalihkan perhatian anak
    Jika anda harus segera menyelesaikan pekerjaan kantor anda (tidak bisa ditunda lagi). Lebih baik alihkan perhatian anak dengan cara memberi mainan kesukaan, film kartun favorit, atau buku cerita yang disukainya.
  1. Tempat kerja khusus
    Buatlah tempat kerja khusus di salah satu sudut rumah atau ruang tertentu untuk bekerja. Beritahukan kepada semua anggota keluarga mengenai tempat kerja anda, usahakan agar Β tidak mengganggu. Ini dimaksudkan agar barang-barang penting tidak terbuang atau malah jadi mainan buah hati. Anak-anak pun harus diberikan pengertian, agar ketika ibunya bekerja, tidak mengganggu. Kita bisa sampaikan ke anak, “Nak, bunda kerja dulu ya…Nanti kita main bareng lagi.
  1. Liburan
    Meski anda bekerja dari rumah, tetap butuh liburan juga. Tentukan hari libur anda. Ini penting untuk menyegarkan pikiran kembali dan lebih semangat bekerja lagi. Biasanya nih, pekerja di rumah, libuan rasa kerja loh hehehe…

Ternyata menjadi ibu yang bekerja dari rumah tidak semudah yang dibayangkan, ya. Intinya adalah manajemen waktu yang baik. Semoga bermanfaat. (Referensi;Buku Happy Mom, Fita Chakra).

editor : Kartina Ika Sari

 

vandraichi

Ibu dari putri cantik bernama Raisya, suka nulis cerpen anak dan ngeblog.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat πŸ’ͺπŸƒ
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho πŸ˜„
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya πŸ˜‚ Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget πŸ˜…
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts πŸ˜‰
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top