Indo Blog Net

kesehatan

Kiat Menjalani Kehidupan “New Normal” di Tengah Pandemi Virus Corona

kiat menjalani new normal

Belakangan ini Anda tentu sering mendengar istilah Herd Immunity dan New Normal berkaitan dengan pandemi virus Corona yang melanda Indonesia sejak Maret lalu. Istilah Herd Immunity muncul setelah pemerintah Indonesia mulai melonggarkan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) beberapa waktu lalu.

Hal inilah yang kemudian menimbulkan asumsi di sebagian kalangan bahwa pemerintah akan menempuh strategi Herd Immunity untuk mengatasi virus Corona.

Namun pemerintah dengan tegas mengatakan bahwa strategi Herd Immunity tidak akan diterapkan di Indonesia, sebab strategi ini dinilai terlalu berisiko.

Pemerintah justru berencana untuk menerapkan strategi New Normal di Indonesia dan meminta masyarakat untuk bersiap-siap menjalani kehidupan New Normal.

Yuk, agar Anda tidak bingung mari kita ulas lebih lengkap mengenai strategi New Normal berikut ini.

Samakah Herd Immunity dan New Normal?

Herd Immunity (kekebalan kelompok) merupakan sebuah keadaan dimana semakin banyak masyarakat dalam suatu populasi yang mempunyai tingkat kekebalan tinggi terhadap virus tertentu.

Hal ini tercapai karena mereka telah terpapar virus hingga kemudian dinyatakan sembuh yang akhirnya memunculkan antibodi yang dapat menghambat penyebaran virus tersebut.

Sedangkan New Normal (normal yang baru) merupakan perubahan perilaku untuk bisa tetap menjalankan aktivitas seperti biasa (normal) namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penularan virus Corona.

Kedua strategi ini jelas berbeda. Pada Herd Immunity kekebalan akan tercapai melalui dua cara. Cara pertama, seseorang secara alami terinfeksi virus hingga kemudian sembuh dan menjadi kebal terhadap virus, dan cara kedua melalui vaksinasi agar tak tertular virus.

Baca juga: Bisakah Herd Immunity Diterapkan di Indonesia?

Lain halnya dengan New Normal, dengan strategi ini seseorang akan mengadopsi perilaku hidup yang berbeda karena adanya sejumlah protokol kesehatan ketat yang harus dilakukan untuk menekan penularan virus.

Perilaku hidup yang berbeda ini diantaranya, bekerja dari rumah (work from home), menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menerapkan social distancing, menghindari kerumunan, dan lain-lain.

Selain itu, masyarakat juga harus berusaha menjaga kesehatan sebaik mungkin agar sistem kebebalan tubuh terjaga dengan baik. Karena dengan sistem kekebalan tubuh yang baik Anda tak mudah terserang virus.

Cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat, tidur yang cukup, olahraga, hingga meminimalisir stres.

Protokol kesehatan yang diberlakukan selama masa pandemi virus Corona ini diharapkan dapat dilakukan semaksimal mungkin oleh seluruh masyarakat. Sebab keberhasilan dari strategi New Normal ini tergantung pada seberapa tertib masyarakat mematuhi aturan yang ada.

Namun tak hanya peran masyarakat, peran pemerintah pun penting, dimana pemerintah pun harus mempunyai ketegasan dan konsistensi terhadap aturan yang ditetapkan agar timbul kepercayaan dari masyarakat.

Kiat Menjalani Kehidupan “New Normal” di Tengah Pandemi Virus Corona

New Normal ini tentunya akan dijalankan selama masa pandemi virus Corona berlangsung untuk mencegah penularan dan penyebaran virus yang lebih luas lagi. Dengan adanya sejumlah protokol kesehatan tersebut, menjalani kehidupan New Normal ini membuat Anda harus beradaptasi.

Dalam proses beradaptasi inilah yang pastinya tak semudah membalikkan telapak tangan, bukan? Lalu apa saja kiat-kiatnya agar lebih mudah menjalani kehidupan New Normal ini di tengah pandemi virus Corona?

Berikut ulasannya:

Berdamai dengan keadaan

Berdamai dengan keadaan artinya menerima kenyataan yang ada. Ingat, pandemi ini bukan hanya menimpa Anda dan keluarga, tapi terjadi di hampir seluruh negara di dunia. Jadi Anda tidak sendirian menghadapi ini semua, ada jutaan orang di luar sana yang juga sedang berjuang melawan pandemi virus Corona ini.

Kita tidak bisa mengendalikan kejadian-kejadian yang terjadi dalam hidup kita, tapi kita punya kekuatan untuk bisa mengendalikan respon kita terhadap kejadian tersebut.

Jadi, terima ujian hidup ini dengan ikhlas, sebisa mungkin kurangi keluhan yang akan menambah beban bagi diri kita. Berdamai dengan keadaan akan membuat kita jauh lebih ringan menjalani kehidupan, termasuk menjalankan sejumlah protokol kesehatan dalam New Normal.

Jaga kesehatan mental

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Karena kesehatan mental (pikiran) akan memengaruhi kesehatan fisik kita. Menghadapi situasi seperti sekarang ini merupakan hal yang wajar jika Anda memiliki ketakutan atau kecemasan.

Namun, jangan biarkan ketakutan dan kecemasan berlarut-larut hingga kemudian membuat Anda stres.

Baca juga: Mudah Stres dan Lelah? Yuk, Perbaiki Kualitas Tidurmu

Berusaha untuk meminimalisir pikiran negatif dan perbanyak pikiran positif. Fokuslah pada masa sekarang, tak perlu membebani diri Anda dengan terlalu mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi (masa depan).

Menyibukkan diri dengan aktivitas bermanfaat

Meski saat ini banyak orang yang jadi lebih banyak beraktivitas di rumah, bukan berarti Anda tak bisa menyibukkan diri dengan aktivitas bermanfaat. Bagi Anda yang kehilangan pekerjaan misalnya, Anda bisa beralih jualan online untuk memperoleh penghasilan sekaligus mengisi waktu yang kosong.

Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang dengan olahraga, bercocok tanam, melakukan permainan edukatif bersama anak, membuat kerajinan, maupun membuat kue-kue.

Dengan menyibukkan diri dengan aktivitas yang bermanfaat seperti ini artinya Anda memperkecil peluang diri Anda berkeluh kesah.

Tetap terhubung dengan orang-orang terdekat

Social distancing bukan berarti social disconnecting, Anda tetap bisa berkomunikasi dengan orang-orang terdekat secara online. Dengan menjaga silaturahmi dengan orang-orang terdekat akan membuat Anda tidak merasa sendirian menghadapi situasi ini dan jadi lebih kuat.

Usahakan untuk selalu meluangkan waktu untuk bertukar kabar dengan keluarga, sahabat, maupun rekan-rekan kerjamu, meski hanya melalui sambungan online.

Temukan hikmahnya

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Yuk, coba fokus pada hal-hal positif dan bahagia di sekitarmu. Ada banyak hal yang bisa kita syukuri setiap harinya. Saat Anda masih bisa berkumpul bersama keluarga, membeli kebutuhan pokok, hingga menikmati makanan, bukankah itu semua adalah hal yang harus disyukuri?

Intinya, di tengah-tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini sangat penting untuk menjaga kesehatan, baik fisik, mental, emosional dan spiritual. Karena saat jiwa raga sehat, virus pun tak akan mudah menyerang tubuh kita.

Mari bersama-sama kita hadapi ujian pandemi virus Corona ini dengan pikiran positif dan ikut serta mendukung pemerintah menjalankan strategi New Normal demi kebaikan bersama. Semangat! 😊

Credit photo: business.tempo.co

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top