Inspirasi

Keutamaan Shalat Subuh dan Isya Berjamaah

Sebagaimana  sebuah hadis yang dinukil dari Bukhori-Muslim, Rasulullah sallAllahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Tidak ada shalat yang lebih berat dilaksanakan bagi orang-orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya, seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan mendatanginya kendati dengan merangkak.

SubhanAllah, sebuah petunjuk nyata yang telah diberikan oleh Rasulullah. Menjadi salah satu ciri muslim munafik adalah mereka yang tidak mau atau malas menegakkan shalat jamaah Isya dan Subuh (di masjid). Peringatan keras ini rupanya tak menyiutkan nyali kita untuk tetap tetap ogah-ogahan shalat berjamaah di masjid. Meskipun sebagian besar para imam masyhur menyatakan wajibnya muslim (laki-laki yang beragama Islam) untuk tunaikan shalat wajib lima (5) waktu secara berjamaah di masjid. Salah satu hadis masyhur dari Abu Hurairah radhiyAllahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam Sahih-nya:

Demi Zat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh aku perintahkan untuk kumpulkan kayu bakar, lalu terkumpul. Lalu (aku) perintakan untuk shalat serta azan, kemudian aku perintahkan seseorang untuk menjadi imam, lalu aku pergi melihat orang-orang dan membakar rumah-rumah mereka.

Di situ betapa kerasnya Rasulullah memerintahkan untuk kaum lelaki menegakkan shalat lima (5) waktu secara berjamaah. Hingga jika tak ada anak-anak, perempuan, serta orang tua yang jompo, niscaya beliau perintahkan membakar rumah para lelaki (dewasa) yang tidak tunaikan shalat berjamaah.

Sebuah kisah terkini yang inspiratif datang dari bumi Yogyakarta . Betapa merindingnya saya saat Ust. Salim Fillah, bercerita tentang aktivitas shalat jamaah di Masjid Jogokariyan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Ketika shalat jamaah Subuh ditegakkan, jumlah jamaahnya tak kalah dengan shalat Maghrib berjamaah sore harinya. Jamaah membludak hingga memenuhi seluruh area masjid yang dibangun tahun 1966 ini. Kisah fenomenal ini mungkin sudah banyak yang tahu, bahkan sudah mendunia. Patut menjadi inspirasi bagi kaum muslimin untuk bisa mencontohnya.

Lalu mengapa Rasulullah sampai menqiyaskan seperti hadis tersebut di atas?

Ternyata begitu banyak keutamaan yang tersembunyi dibalik diperintahkannya shalat Isya’ dan Subuh berjamaah di Masjid. Nah, berikut ini beberapa keutamaan yang mengikutinya:

  1. Shalat Isya berjamaah mempunyai nilai pahala yang sama dengan shalat malam di setengah waktu malam.
  2. Mendapatkan barakah dari Allah Ta’ala.
  3. Dinaungi cahaya yang sempurna pada hari kiamat.
  4. Shalat Subuh berjamaah mempunyai nilai pahala shalat malam satu malam penuh.
  5. Berada dalam jaminan Allah Ta’ala.
  6. Dibebaskan dari sifat (perangai) orang munafik.
  7. Shalat jamaah dipersaksikan oleh para malaikat di hadapan Allah Ta’ala.
  8. Akan memperoleh pahala haji dan umrah bila berzikir sampai terbit matahari (syuruq) dan shalat (sunnah) dua rakaat (sebagaian jumhur ulama mengatakan hadis tentang ini adalah dhaif).
  9. Memiliki kesempatan shalat sunnah (qobliyah) Subuh yang bernilai lebih baik dari dunia dan segala isinya.
  10. Dihindarkan dari siksa api neraka.
  11. Kemenangan dengan melihat Allah Ta’ala pada hari kiamat nanti.

Sungguh keutamaan yang luar biasa yang akan disematkan kepada pribadi muslim yang mau mengamalkannya. Maka sudah seyogyanya, momen Ramadan dimana kita mudah untuk melangkahkan shalat jamaah di masjid, bisa berlanjut di 11 bulan berikutnya. Masjid maupun mushala yang penuh bahkan sampai meluber saat shalat jamaah, tetap bisa begitu seterusnya keadaannya. Sehingga apa yang menjadi tujuan puasa Ramadan bisa tercapai.

Ramadan tidak hanya menjadi formalitas sebagai muslim yang akan terlewat begitu saja. Namun menjadikan kita pribadi-pribadi utama yang mampu memberikan manfaat bagi seluruh alam. Yang merupakan salah satu ciri pribadi yang bertakwa.

 

[Seri ke-empat inspirasi Ramadan 1437H.]

 

Mas Nuz

Pecinta keluarga yang kadang suka nulis dan jalan-jalan.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top