Indo Blog Net

Bisnis

6 Keuntungan Investasi Saham Syariah & Cara Memulainya bagi Pemula

investasi saham syariah untuk pemula

Bagi Anda yang muslim pastinya menginginkan rezeki yang halal agar berkah senantiasa. Termasuk saat Anda akan melakukan investasi saham. Investasi saham syariah tentunya merupakan pilihan tepat. Pada artikel ini akan diulas secara lengkap bagaimana cara memulai investasi saham syariah bagi pemula.

Namun sebelumnya Anda juga ingin tahu kan, apa saja keuntungan investasi saham syariah ini? 

6 Keuntungan Investasi Saham Syariah

Anda penasaran mengapa semakin banyak orang yang tertarik dengan investasi saham syariah? Tentu saja karena ada keuntungan-keuntungan yang akan Anda peroleh dari investasi saham syariah ini.

Mari simak beberapa keuntungan investasi saham syariah berikut ini.

1. Halal terhindar dari riba

Dalam Islam riba merupakan sesuatu yang tidak diperbolehkan. Maka dari itu sebisa mungkin sebagai umat muslim kita menghindari adanya riba dalam investasi saham. 

Nah, di investasi saham syariah ini Anda tidak perlu khawatir akan adanya riba. Sebab dalam investasi syariah keuntungan investasi diperoleh melalui sistem bagi hasil sehingga investor akan mendapatkan hasil keuntungan yang halal. 

Selain itu, pengelolaan investasi saham syariah juga mengedepankan prinsip halal. Investasi saham syariah menggunakan tata cara investasi yang sesuai dengan syariat Islam, dimana investor dan penanam modal akan terjamin dengan perputaran uang yang halal.

2. Minim risiko dan aman

Setiap investasi pasti tak terlepas dari risiko, namun investasi saham syariah ini terbilang minim risiko, khususnya risiko penipuan.

Hal ini karena investasi saham syariah ini dijalankan berdasarkan prinsip syariat Islam dan dilakukan secara transparan sehingga nasabah mengetahui prosedurnya. 

Dalam menjalankan prosedur investasi saham syariah sebisa mungkin menghindari hal-hal yang dilarang oleh syariat Islam dalam pengelolaan bisnis dan keuangan. Dengan begitu Anda sebagai nasabah akan merasa lebih aman dan tenang dalam berinvestasi. 

3. Terdapat saham likuid dan masuk indeks LQ45

Keuntungan investasi saham syariah selanjutnya adalah ada beberapa saham LQ45 yang masuk kategori saham syariah.

LQ45 yaitu kumpulan 45 saham yang transaksinya paling likuid dan dievaluasi setiap 6 bulan sekali. Saham likuid artinya saham tersebut aktif diperdagangkan.

Baca juga: 4 Jenis Investasi Halal yang Menguntungkan. Layak untuk Anda Coba!

Dengan demikian Anda dapat dengan dengan mudah membelinya dan mudah juga saat ingin menjualnya tanpa perlu menunggu lama. 

4. Terdapat saham blue chip

Ya, selain saham syariah likuid yang masuk indeks LQ45, ada juga saham blue chip yang termasuk kategori saham syariah. Saham blue chip merupakan jenis saham terbaik dari perusahaan-perusahaan dengan kinerja terbaik dengan laba yang stabil, serta memiliki track record konsisten dalam rentang waktu yang panjang. 

Bisa dibilang saham blue chip ini lebih minim risiko penurunan harga yang terlalu dalam. Sehingga saham blue chip sangat cocok bagi pemula karena lebih aman dijadikan pilihan investasi saham. 

5. Mendapat keuntungan melalui capital gain ataupun pembagian dividen

Keuntungan investasi saham syariah yang kelima adalah mendapat keuntungan melalui capital gain ataupun pembagian dividen. Dalam investasi saham syariah Anda pun akan memperoleh keuntungan melalui capital gain maupun dividen. 

Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh saat Anda menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli saham tersebut.

Contoh, jika Anda membeli saham perusahaan A dengan harga 5 juta rupiah, kemudian Anda menjualnya dengan harga 7 juta rupiah, maka Anda memperoleh capital gain sebesar 2 juta rupiah.

Sedangkan dividen adalah pembagian sebagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang saham. Pembagian dividen ini diputuskan bersama oleh para pemilik saham pada saat RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). 

Periode pembagian keuntungan ini berbeda-beda pada setiap perusahaan. Ada perusahaan yang membagikan dividen dua kali dalam setahun, ada yang sekali setahun, dan ada juga yang dua tahun sekali. 

6. Tercantum dalam undang-undang

Investasi saham syariah ini mempunyai dasar hukum yang jelas tercantum dalam UU Nomor 21 Tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah.

Investasi saham syariah memperoleh pengawasan langsung dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Cara Tepat Memulai Investasi Saham Syariah bagi Pemula

Meski investasi saham yang Anda pilih merupakan investasi saham syariah, sebaiknya Anda pun harus tetap berhati-hati dalam menjalankannya apalagi bagi Anda yang pemula. Hal ini agar investasi yang Anda jalankan lebih lancar dan mendapatkan hasil yang optimal.

Berikut beberapa cara tepat memulai investasi saham syariah bagi pemula yang penting untuk Anda ketahui:

  • Gunakan SOTS

Cara memulai investasi saham syariah yang pertama adalah gunakan SOTS (Shariah Online Trading System). Melalui SOTS ini investor dapat mempelajari sistem pasar saham online dengan berdasarkan prinsip-prinsip islami.

Bagi Anda yang masih pemula dalam investasi saham syariah, SOTS ini akan membantu Anda untuk membeli saham yang berdasarkan syariat Islam. 

  • Gunakan daftar DES

Daftar Efek Syariah (DES) dapat Anda jadikan panduan untuk memilih investasi saham islami. Jika Anda telah memiliki rekening saham, pilihlah saham islami yang ada di DES. DES ini dibuat oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang terbit secara berkala setiap tahun pada Bulan Mei atau November. 

  • Analisa sebelum berinvestasi

Cara memulai investasi saham syariah berikutnya adalah lakukan analisa terlebih dahulu sebelum Anda berinvestasi. Sebelum Anda membeli saham sebaiknya analisa terlebih dahulu untuk mengoptimalkan keuntungan serta meminimalisir kerugian.

Baca juga: 6 Cara Mudah dan Tepat Memulai Investasi Emas bagi Pemula

Analisa ini dapat dilakukan secara teknikal ataupun fundamental. Analisa teknikal artinya Anda menganalisa berdasarkan tren, pergerakan grafik maupun perubahan pola yang terjadi.

Untuk analisa fundamental, artinya Anda lebih memprioritaskan keadaan internal dan kinerja keuangan dari perusahaan tersebut. 

  • Mulai dari modal yang kecil

Cara memulai investasi saham syariah yang keempat yaitu mulai dari modal yang kecil. Bagi Anda yang pemula dan belum terlalu memahami dunia saham sebaiknya mulai dari modal yang kecil terlebih dahulu. Modal yang kecil akan lebih aman bagi pemula untuk memperkecil kerugian.

  • Cek secara berkala

investasi saham syariah untuk pemula

Credit: idxchannel.okezone.com

Sebagai investor tentunya Anda perlu melakukan pengecekan mengenai kinerja saham syariah yang Anda miliki. Anda dapat mengeceknya secara berkala, apakah satu bulan sekali, 3 bulan sekali, ataupun 6 bulan sekali. 

Jika saham yang Anda miliki ternyata cenderung memiliki penurunan harga, Anda dapat memutuskan apakah mempertahankan atau melepas saham tersebut untuk mencegah kerugian. 

Nah, demikian beberapa cara tepat untuk memulai investasi saham syariah bagi pemula. Selamat mencoba investasi saham syariah dan semoga berhasil! 🙂

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top