Agama

Ketika Islam Memberikan Sanksi bagi Koruptor

hukuman bagi tersangka koruptor

Korupsi, merupakan perbuatan melanggar hukum, baik negara maupun agama. Pemerintah sudah menetapkan undang-undang No. 28 Tahun 199, bahwa penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Sejumlah undang-undang dan peraturan pencegahan tindak pidana korupsi telah ditetapkan oleh peerintah Indonesia. Hal tersebut agar Indonesia bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Bila membaca atau mendengar berita media, pemberitaan korupsi sudah sangat memprihatinkan. Akarnya seakan sudah menancap di bumi dan sukar untuk dicabut dari dasar kesadaran para penduduk bumi pertiwi. Banyak pejabat pemerintah yang terjerat korupsi. Bahkan, tokoh masyarakat ataupun agama, banyak yang tergoda dengan tindakan korupsi.

Berbicara uang dan harta kekayaan, siapa yang tidak tergoda memiliki harta kekayaan yang berlimpah dan jabatan yang tinggi. Pemberitaan korupsi yang terungkap dari jenjang jabatan tinggi sampai rendah, sungguh sangat memprihatinkan, padahal negara kita dikenal sebagai negara yang beragama. Akan tetapi, korupsi yang terus menjadi ajang perbincangan, tanpa ada realisasi hukum dalam menyelesaikan kasus. Sebagai rakyat yang menyaksikan, sungguh realitas yang sangat menyesakkan dan geregetan dengan pelaku korupsi di pelayanan public dan penegak hukum.

Hukuman korupsi sekarang menjadi sanksi yang tidak menjerakan para koruptor. Banyak yang memilih menjadi koruptor untuk memenuhi keinginan yang tak terbatas. Namun demikian, harapan tetap saja ada, karena masih banyak penduduk yang memiliki kesadaran akan pencegahan tindakan korupsi.

Bagi muslim, korupsi merupakan perbuatan haram. Menarik ketika PERSIS (Persatuan Islam) memberi fatwa dengan tidak menyalatkan jenazah koruptor. Hal tersebut memang dapat kita simak pada kisah Rasulullah yang dituturkan oleh Zaid bin Khalid al-Juhani, dia meriwayatkan bahwa ada seseorang yang ikut perang Khaibar meninggal dunia saat perang. Hal ini dilaporkan kepada Rasulullah Saw, lalu beliau bersabda, “Salatkanlah sahabatmu itu, sedangkan aku sendiri tidak ikut menyalatinya.” Berubahlah wajah orang-orang atas pernyataan Nabi. Rasulullah kembali bersabda, “Sungguh, sahabatmu itu telah berlaku ghulul (korupsi) di jalan Allah.” Para sahabat pun memeriksa barangnya, mereka menemukan perhiasan milik orang Yahudi yang nilainya tidak mencapai dua dirham. (HR. Abu Daud)

Hadis tersebut menjadi cerminan kasus sanksi moral kepada para koruptor. koruptor merupakan perbuatan yang dilarang oleh agama dan jenazahnya pun tidak harus disalatkan sebagai jalan pulang menuju kepada Tuhan. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.

Wallahu’alam bishshawab

 

Sumber ilustrasi : www.micecartoon.co.id

Latest posts by Yulia Rahmawati (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top