Entrepreneur

Ketika ‘Ruh Bandung’ Gairahkan Galeri Indonesia Wow

ridwan kami di marketeers creativuty day 1

Setelah sukses menggelar Marketeers Creativity Day pertama di bulan Januari lalu, Galeri Indonesia Wow (GIW) kembali menggelar dengan tema yang tidak kalah seru yaitu “Soul of Bandung” ( 28 Februari 2016 ). Siapa yang tak kenal dengan Bandung yang tersohor sebagai kota paling kreatif di tanah air. Tentu, semangat kreatitas anak muda Bandung harus diviralkan. Dan, di ajang Marketeer Creativity Day, sedikitnya 50 UKM dari kota Bandung siap memviralkan dan mengajak seluruh potensi bangsa turun tangan berkolaborasi memajukan dunia UKM tanah air.

UKM di Kota Bandung memang tiap tahun tumbuh dinamis. Rata-rata 6-7 persen per tahunnya. Tahun lalu saja, sektor UKM di kota Bandung mencatat pertumbuhan sebesa 7,8 persen.  Tak pelak, perekonomian kota “Ridwan Kamil” ini digenjot maksimal dari sektor UKM, sebesar 60 persen. “Pemkot Bandung mendukung penuh dunia UKM dengan cara memberikan beberapa kemudahan untuk para pelaku, yaitu tidak perlu ijin, kredit modal dan juga bantuan promosi online via Facebook,” ujar Kang Emil dalam kata sambutannya direspon riunya tepuk tangan hadirin yang datang kala itu.

ridwan kami di marketeers creativuty day 1

Jika dulu, setiap UKM yang ingin membuka usaha harus mengurus ijin usaha yang berbelit-belit, kini dengan GAMPIL di smartphone, mereka sudah bisa membuka usaha setelah melaporkannya. Kemudian, bersama BPK Kota Bandung, Pemerintah kota memberi bantuan modal tanpa agunan bernama MELATI (Melawan Rentenir) dengan jumlah Rp 30 juta untuk kelompok 5 orang.

Dan dalam waktu dua bulan ke depan, Bandung akan menjadi kota pertama di ASEAN yang UKM -nya  go global  melalui Facebook. Sejak 3 (tiga) bulan lalu saja,  produk UKM Bandung “Little Bandung” telah “mengguncang” Paris.

Bangun Tempat Nongkrong Kreatif di Bandung

Sebagai kota wisata favorit warga Jakarta, Bandung memikat pengunjungnya dengan aneka produk UKM seperti kuliner Bandung yang beraneka ragam dan kemasan menarik, industri tekstil yang menelurkan fashion kekinian, restoran dan kafe-kafe tematik hingga beragam hiburan yang membuat pengunjung selalu rindu jalan-jalan di kota ini.

Kalau versi Walikota Bandung, Ridwan Kamil, ada dua sebab yang membuat UKM Bandung kreatif,  Pertama, karena faktor cuaca. Bandung itu berada di dataran tinggi yang notabene bersuhu dingin, makaya anak-anak Bandung galaunya jadi maksimal dan melamunnya lebih lama,impact-nya karya-karya anak Bandung jadi lebih banyak. hehheh. Kedua, anak-anak Bandung ini hobinya nongkrong, tapi nongkrong positif. Dimulai dari nongkrong lahirlah perbincangan, percakapan, perdebatan, kemudian bikin usaha bareng deh. Inilah salah satu alasan walikota nyentrik ini memperbanyak tempat nongkrong di Bandung.

Tahun ini saja, khusus untuk merangsang kreativitas UKM, akan berdiri dua bangunan keren, yaitu  bangunan seperti SMESCO yang dinamakan Creativity Center. Di dalamnya  terdapat toko, designs court, bioskop untuk menonton produksi anak-anak kreatif, perpustakaan, studio musik, studio tari, patung, dan sebagainya. Kemudian yang kedua adalah Innovation Center. Bedanya dengan Creativity Center, di gedung Innovation Center ini berisi alat-alat berat, seperti 3D printer, lasser cutting, wood working, robotik.  Ini untuk mengakomodir anak-anak Bandung yang punya ide kreatif tapi tidak punya alat,  bisa datang ke Innovation Center dan nanti akan dibuatkan prorotype nya. Kalau prototype nya keren produksinya akan dijual dan akan di hak ciptakan. Keren ya…

event marketeers creativity day, tas

Pak Hermawan Kartajaya, inisiator Galeri Indonesia Wow yang datang pada hari itu sangat mengapresiasi upaya kreatif dan komitmen penuh Kang Ridwan Kamil sehingga membuat anak-anak muda Bandung dan masyarakat Bandung pada umumnya punya rasa memiliki tinggi terhadap Bandung. Kunjungan Kang Ridwan Kamil ke Smesco Rumahku -Galeri Indonesia Wow ini merupakan kunjungan perdana pejabat daerah ke Bandung. ‘Semoga dengan kunjungan Kang Ridwan Kamil, mengispirasi kepala daerah untuk lebih peduli dan kreatif lagi memajukan UKM.” pesan Hermawan Kertajaya dalam sambutannya.

Smesco Indonesia adalah rumah untuk Koperasi dan UKM yang menjadi bagian dari Kementrian Koperasi Dan UKM. Hermawan menekankan harapan untuk menjadikan Smesco Indonesia, terutama GIW menjadi rumah para pelaku UKM, pemuda dan juga netizen berkolaborasi.

——

Dalam acara Soul of Bandung ini, pengunjung tidak hanya diajak mengenal dunia UKM Kota Bandung dalam berbagai bidang, seperti kuliner, fashion, industri kreatif dan  pertanian. Tetapi juga inspirasi membangun bisnis dari entreprenuer muda. Sebut saja Faldi Adisajana, salah seorang pelaku UKM dalam bidang pertanian. Dalam usianya yang tergolong muda, dibawah bendera Planter Craf, boneka lumut yang lucu dan ramah lingkungan yang dibesutnya berhasil menarik hati Ibu Atalia Praratya Kamil, istri  Kang Emil. Kreativitasnya menyulap lumut jadi boneka imut mengantarkannya meraih penghargaan sebagai   Wirausaha Muda Mandiri 2016 yang siap berkompetisi di Korea pada April mendatang.

marketeers creativity day, sepatu

Menurut Faldi,  dunia UKM Bandung itu sangat kondusif untuk para pelaku UKM muda seperti dia. Dari Bandung Creativity Forum yang diikutinya, dia mendapatkan banyak pembelajaran bersama para pelaku UKM lainnya.

Selain Faldi, dalam acara tersebut, hadir pula Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia tahun 2015 silam. Seusai tugasnya sebagai Puteri Indonesia, Nindya yang terpilih sebagai Duta Galeri Indonesia Wow, ingin sekali memajukan Indonesia melalui Community Tourism.

Menurutnya, masih banyak desa wisata yang masih perlu dibina. Mereka memiliki produk yang luar biasa, tapi masih membutuhkan bantuan untuk edukasi, khususnya dalam hal kualitas dan promosi. Melalui community tourism, dia yakin bisa memperkenalkan Indonesia, tidak hanya untuk wisata alamnya saja tapi produk kreatif Indonesia lainnya.

Memanguntuk mencapainya, diperlukan kerjasama erat antara dunia pariwisata dengan dunia UKM. “Dunia UKM Indonesia sudah bagus. Antusias dan kreatif. Namun masih perlu sinergi yang lebih agar lebih produktif lagi.”  ujar Nindya.

Acara Marketeers Creativity Day ini adalah salah satu peluang mensinergikan seluruh aspek dalam UKM agar maksimal. Nindya berharap acara seperti ini dapat dilakukan secara rutin dan lebih banyak lagi yang digandeng  untuk memajukan UKM Indonesia.

menteri kukm di event marketeers creativity day

 Saatnya Techno Socio Preneur

Melihat kreativitas kota Bandung dalam UKM dan juga antusiasme para pengunjung acara Soul of Bandung hari itu, Bapak AAGN Puspayoga, Menteri Koperasi dan UKM, menyampaikan keinginannya agar acara seperti ini diadakan  rutin. Kalau bisa dibuat setiap hari – every day is a creative day.

“Ke depannya, semua harus mulai melakukan Techno Socio Preneur. Kenapa ? Karena  setiap masalah sosial yang muncul saat ini, banyak diselesaikan dengan teknologi. Hai ini jika dikembangkan serius akan mendorong sekaligus meningkatkan daya saing kita di MEA” Ujar Pak AAGN Puspayoga.

Memberikan solusi terhadap masalah sosial yang dihadapi adalah tanggung jawab bersama, pemerintah dan masyarakat sendiri. Dalam hal ini, pemerintah sangat mendukung kegiatan positif seperti yang dicontohkan oleh Pemerintah Kota Bandung. Dan jangan juga melupakan teknologi dalam penerapannya. “Jika tidak ingin tertinggal, kita harus melakukan Techno Socio Preneur ini.” jelas  Puspayoga.

Febriyan Lukito

Seorang blogger Indonesia yang suka menulis dan berbagi melalui tulisan. Sejak Maret 2016, acting asProject leader Indoblognet

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top