Blogging

Ketika Kita Merasa Tak Bisa Melakukannya [Giveaway]

Do the one thing you think you cannot do. Fail at it. Try again. Do better the second time. The only people who never tumble are those who never mount the high wire. This is your moment. Own it.

Oprah Winfrey

Quote di atas saya gunakan untuk memotivasi diri saya sendiri. Semoga juga bermanfaat bagi para pembaca. Ketika pada tahun 1983 saya mendapat tugas ke Amerika Serikat muncul pertanyaan dari diri saya: “Bisa enggak ya saya mengikuti pendidikan ini?”  Dengan broken English yang saya miliki, perbedaan budaya, dan doktrin militer yang ada tentu saya akan mengalami kesulitan di lembaga pendidikan militer yang terletak di Fort Huachuca, Arizona, USA itu. Tetapi surat keputusan sudah dikeluarkan oleh pimpinan. Itu berarti saya harus berangkat dan siap melaksanakannya. Nyatanya, setelah 10 bulan berada di negeri Paman Sam dan mengikuti pelajaran setiap hari dengan tekun dan sungguh-sungguh saya dan beberapa teman dari Indonesia berhasil menyelesaikan tugas itu dengan baik.

Ketidak yakinan bahwa saya bisa melakukan sesuatu juga muncul ketika saya ditugaskan untuk mengikuti latihan terjun. Bukan masalah tehnis latihannya tetapi semata-mata faktor usia. Kala itu saya sudah berumur hampir setengah abad. Apakah kondisi fisik dan kelenturan tubuh saya masih memungkinkan untuk mendukung latihan yang cukup berat itu. Tugas saya yang sebagian besar duduk di belakang meja kerja menyebabkan pembinaan fisik kurang saya perhatikan. Sekedar senam ringan atau jalan kaki sih tak masalah, tetapi untuk melaksanakan latihan militer yang cukup berat dan terus-menerus selama hampir sebulan tentu membutuhkan kebugaran dan kesegaran jasmani. Lagi-lagi kekhawatiran itu lenyap setelah saya berada di Batujajar dan menerima gemblengan yang cukup keras. Brevet terjun pun tersemat di dada pakaian seragam saya. Ada kebanggaan tersendiri bagi saya.

Hal yang sama juga masih saya alami ketika saya menjadi anggota Kontingen Garuda Indonesia XIII yang akan bergabung dengan UNTAG (United Nations Transition Assistance Group in Namibia) Penugasan ini masih asing bagi saya selaku perwira Polisi Militer. Bertugas bersama anggota militer dan polisi serta kalangan sipil dari berbagai negara tentu membutuhkan koordinasi yang baik. Penyesuaian bahasa, kebiasaan, budaya, dan doktrin tentu harus dilakukan agar penugasan dapat berjalan dengan baik. Demikian pula hubungan dan komunikasi dengan penduduk setempat. Ternyata tugas yang semula saya ragukan ini juga berjalan dengan baik. Setelah bertugas selama 9 bulan, kami dengan penuh kebanggaan kembali ke Indonesia usai Nambia menjadi negara merdeka. Menyaksikan dan mengantar suatu bangsa ke pintu gerbang kemerdekaan sungguh merupakan pengalaman yang berharga.

‘Merasa tidak bisa’ memang bisa menghantui siapa saja dan untuk masalah apa saja.

Ketika saya menggelar giveaway bertajuk Stand Up Comedy On the Blog banyak blogger yang merasa ‘tidak bisa melawak.’ Alhasil peserta GA tersebut agak sepi daripada biasanya. Saya memang bisa memakluminya. Lomba membuat orang lain tertawa itu bukan main sulitnya. Padahal, ini bukan dipanggung secara fisik. Peserta hanya membuat cerita lucu lalu diupload di youtube. Tak ada yang tahu apakah kisahnya itu lucu atau tidak, bukan. Uniknya, blogger yang saya anggap anteng dan anggun ternyata berani juga mengikuti giveaway tersebut. Sementara mereka yang di dunia maya sering heboh dan lucu malahan tidak berani tampil. Belum berusaha dan mencoba sudah ‘merasa tidak bisa’ itulah penyebabnya.

Kini saya sedang menggelar giveaway yang juga memerlukan kehadiran fisik pesertanya. Dibandingkan dengan giveaway Stand Up Comedy On the Blog, giveaway yang satu ini sebenarnya tidak terlalu berat. Peserta hanya diminta untuk menyanyi lagu dangdut, direkam dalam bentuk video lalu diupload di youtube, smule atau situs penerima video lainnya. Setelah itu baru dimasukkan di blog masing-masing. Beberapa sahabat blogger masih menganggap berat untuk mengikuti Giveaway 66 :Dangdut Cerdas On the Blog. Tak semua blogger merasa bisa menyanyi seperti artis penyanyi memang. Namun tentu tak ada salahnya blogger mencoba melakukan sesuatu yang dia merasa tidak bisa sebagaimana bunyi quote di atas. Setelah membaca quote dan artikel ini saya masih optimis pesertanya akan cukup banyak.

.

Tali asih Giveaway Dangdut Cerdas on the Blog

Sebagai gambaran, Giveaway 66 : Dangdut Cerdas On the Blog tersebut berhadiah uang dan barang. Akan dipilih 5 pemenang dengan rincian sebagai berikut.

  1. Juara I:  uang bakso sebesar Rp.500.000 + selembar kain batik+sebuah buku.
  2. Juara II: uang bakso sebesar Rp. 400.000 + selembar kain batik+sebuah buku.
  3. Juara III: uang bakso sebesar Rp. 300.000 + selembar kain sarung+ sebuah buku.
  4. Juara IV: uang bakso sebesar Rp. 200.000 + selembar t-shirt cantik.
  5. Juara V: uang bakso sebesar Rp. 150.000 + selembar t-shirt cantik.

Waktu pendaftaran artikel peserta adalah tanggal 1 Agustus 2016 hingga tanggal 14 Agustus 2016. Pengumuman hasil giveaway akan dilakukan tanggal 23 Agustus 2016. Saya berterima kasih kepada Indoblognet yang telah ikut menjadi salah satu sponsor giveaway ini.

Dengan mengikuti giveaway ini ada beberapa manfaat yang diperoleh para peserta.

1. Meningkatkan kualitas menyanyi.

2. Meningkatkan ketrampilan membuat video dan mengunggahnya di youtube, smule, dan share di blog.

4. Peserta dan blognya akan lebih dikenal oleh peserta GA maupun pengunjung yang lain.

4. Meningkatkan trafik blog.

5. Jika menang akan mendapat imbalan uang dan barang.

Mari kita keluar kandang, meninggalkan zona aman dan nyaman dengan mencoba mengikuti giveaway ini. Good luck.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan [email protected]

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kemajemukan  adalah anugerah dan takdir terindah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Ini harus kita kelola dengan baik dalam komitmen yang sama sebagai bangsa merdeka untuk kemajuan negeri ini.

Founder Kader Bangsa Fellowship Program @kaderbangsafellowship Dimas Oky Nugroho Ph.D  @dimas_okynugroho mengajak generasi muda Indonesia untuk  turun tangan, ambil bagian  membangun kemajemukan untuk kesejahteraan dengan kerja sama, gotong royong dan kolaborasi. Merdeka !

Dirgahayu Republik Indonesia Merdeka 72 tahun !

Mari sebarkan pesan cinta Indonesia yang majemuk !

#mudakolaborasimerdeka #mudabersatumerdeka #mudakreatifmerdeka #mudakerenmerdeka #hutri72 #indonesiamerdeka72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top