Kesehatan

Keseruan Salicyl Fresh Mengajak Anak-anak Bermain di Alam Terbuka

Jika ingat masa kecil rasanya senang bangat. Dulu zaman kita kecil bisa bebas bermain di luar rumah adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, bisa bermain bersama teman-teman dengan bebas di alam terbuka. Berlarian, bersepeda, main petak umpet, main ular naga, main kasti, main layang-layang, main kelereng, gobak sodor, dan sederet permainan lainnya yang sangat menyenangkan.

Serunya bermain ular naga bersama teman-teman

Tapi sekarang permainan-permainan itu sepertinya mulai tergeser, mungkin tempat bermain bagi anak-anak di luar rumah sudah tidak seluas zaman dulu. Sekarang banyak gedung-gedung pekantoran, bangunan bertingkat dan jalan raya yang serat dengan arus lalu lintas yang padat sehingga menyebabkan semakin minimnya ruang bermain yang aman dan nyaman untuk anak-anak bermain dan belajar.

Ditambah lagi perkembangan gadget yang sangat pesat sekarang ini, sehingga anak-anak lebih suka menghabiskan waktunya di dalam rumah daripada bermain di luar rumah, sehingga generasi muda saat ini khususnya anak-anak yang berada di kota besar tumbuh tanpa ikatan yang kuat dengan alam. Tentu saja hal ini tak lepas juga dari peran orang tua.

Para orang tua zaman sekarang banyak yang khawatir jika anak bermain di luar rumah. Cemas anaknnya akan kepanasan, kehujanan, dan terkena kotoran yang identik dengan kuman dan penyakit sehingga takut anak-anaknya gatal-gatal, bentol-bentol dan lain sebagainya.

Salicyl Fresh mengajak anak-anak bermain dan belajar di ruang terbuka hijau

Kekhawatiran orang tua akan kesehatan anaknya karena bermain di luar rumah wajar sih, sebab tak ada orang tua mana pun yang ingin melihat anaknya menjadi kurang keceriaannya karena tubuhnya gatal dan bentol-bentol akibat biang keringat saat bermain di luar rumah.

Untuk itu, kemarin hari Minggu (11/03/2018) PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. melalui program relaunching produk Salicyl Fresh mengajak anak-anak untuk memanfaatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Taman Langsat, Jalan Bintaro, Kebayoran Baru, Jakata Selatan, untuk bermain bebas dan menyatu dengan alam.

Salicyl Fresh mengajak anak-anak untuk untuk bermain di Taman Langsat, Jalan Bintaro, Kebayoran Baru, Jakata Selatan

Melalui acara ini ternyata antusias anak-anak begitu banyak, tidak kurang dari 700 anak usia 3 hingga 12 tahun yang datang dari JaBoDeTaBek ikut memanfaatkan berbagai permainan seru yang disuguhkan agar mereka dapat berkegiatan aktif dan dinamis di luar ruangan sekaligus belajar mengenai alam sebagai bagian dari proses pertumbuhan mereka.

Langkah mengajak anak bermain di luar rumah ini pun merupakan juga salah satu cara agar anak-anak tidak hanya terpaku dengan televisi dan gadget, hal ini perlu dilakukan mengingat banyak dampak yang tidak baik jika anak-anak tertus terjebak dengan televisi dan gadget, dimana anak-anak menjadi malas belajar, susah tidur, malas begerak, gangguan pada mata, obesitas, kemampuan bersoalisasi kurang dan sederet  masalah lainnya.

Tampak hadir Bapak Pujianto selaku Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma di acara ini.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Bapak Pujianto selaku Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma mengatakan “Salicyl Fresh mengajak anak-anak untuk bermain secara aktif dan kreatif di luar ruangan agar anak mereka tidak hanya berkutat dengan gadget. Melalui Taman Bermain Salicyl Fresh, anak-anak akan dibimbing untuk memecahkan masalah, melatih keterampilan, meingkatkan kesehatan dan bersosialisasi dengan memanfaatkan Ruang Terbuka Hijau.”

Untuk itu, dalam acara ini anak-anak dibebaskan untuk bermain di berbagai wahana yang telah disediakan oleh panitia, seperti ada wahana untuk menikmati outbond, mini soccer, ular tangga, coloring dan fun games. Dimana setiap permainan ini anak-anak diajak untuk bebas mengekspresikan diri mereka sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Anak-anak diajak untuk bermain di wahana outbond, mini soccer, ular tangga, dan coloring.

Selain itu, program ini juga sekaligus mengajak anak-anak yang datang di acara ini untuk menggelar piknik bersama teman dan anggota keluarganya di bawah pohon rindang nan sejuk, sehingga anak-anak tetap bisa merasakan kebebsan bermain di alam dalam hangatnya persahabatan dan kekeuargaan.

Dan untuk menambah keceriaan anak-anak ini saat bermain, Salicyl Fresh juga menghadirkan 4 ikon bernama Acil, Ibo, Uta dan Sali. Diamana keempat ikon ini memiliki karakter yang berbeda satu sama lain yang menghibur anak-anak selama bermain di Taman Bermain Salicyl Fresh ini.

Ini dia 4 ikon Salicyl Fresh bernama Acil, Ibo, Uta dan Sali.

Asyiknya lagi, selama acara ini anak-anak dihibur dengan dongeng dengan aneka kisah yang menarik oleh Kak Awam. Dimana dongeng yang dipersemabahkan oleh Kak Awam ini tidak hanya menghibur tapi juga mengedukasi anak-anak tentang lingkungan.

Kak Awam membawakan dongeng yang menghibur dan mengedukasi anak-anak tentang lingkungan.

Dan kegiatan mendong ini merupakan salah satu kegiatan yang bagus, karena bisa mengedukasi anak-anak dengan cara bercerita sehingga biasanya lebih gampang dipahami oleh anak-anak.

Cara mendongeng seperti ini bisa juga dilakukan oleh para orangtua untuk mengedukasi banyak hal kepada anak-anaknya, dan cara ini juga bisa sekaligus sebagai cara agar hubungan orang tua dan anak-anak semakin dekat.

Selain itu, anak-anak juga dihibur oleh Kak Agung melalui berbagai macam persembahan sulapnya yang begitu apik sehingga bikin anak-anak terpukau dengan atraksinya. Bahkan anak-anak tampak mendekati panggung atraksi saking penasaran melihat sulap yang disajikan oleh Kak Agung.

Atraksi sulap Kak Agung bikin anak-anak takjub dan terhibur.

Sangat terlihat jelas, anak-anak yang datang ke acara ini begitu bahagia, raut kegembiraan terlukis dari wajah mereka, dan mungkin bermain bebas di ruang terbuka hijau seperti ini bisa menjadi pilihan bagi para orang tua agar sering-sering mangajak buah hatinya bermain di luar rumah.

 

Manfaat anak-anak bermain di luar rumah

Bermain di luar rumah seperti kegiatan ini memang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada anak-anak, hal ini dipertegas oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Sports Medicine menyebutkan bahwa anak yang gemar beraktivitas fisik di luar ruangan dapat meningkatkan kemampuan otak dan prestasi akademik.

Sebab pengalaman bermain mengubah koneksi neuron di ujung depan otak, dan tanpa pengalaman bermain, maka neuron tersebut tidak berubah, dimana perubahan pada korteks prefrontal selama masa kanak-kanak akan membantu pusat kendali di otak, yang terdiri atas kemampuan mengatur emosi, membuat perencanaan, dan memecahkan masalah yang memberikan perkembangan positif bagi tumbuh kembang anak-anak.

Biarkan anak bermain di luar rumah, ternyata banyak manfaatnya.

Untuk itu, orang tua sudah selayaknya memberikan anak keleluasaan bermain di luar rumah, sebab dengan begitu para orang tua telah mempersiapkan otak anak untuk belajar memahami kehidupan, cinta, dan juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tugas sekolah.

Bahkan bermain di luar bisa membuat anak-anak menjadi jauh dari stres, depresi, dan kecemasan sehingga anak-anak memiliki kesehatan fisik dan sosial yang lebih besar. Namun selain itu, bermain di luar rumah bisa memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, misalnya:

  1. Meningkatkan kinerja otak, dimana dengan bermain di luar rumah, maka keterampilan kognitif anak dipengaruhi oleh waktu yang mereka habiskan bermain di luar ruangan. Ini pun diungkapkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan Journal Environment Education Research pada 2004 yang mengungkapkan bahwa berinteraksi dengan alam memberikan dampak positif pada anak sehingga dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis pada anak.
  2. Melatih motorik dan mencegah obesitas, karena bermain ke luar ruangan bisa melatih otot kaki, otot tangan dan organ tubuh lain dengan aktifitas seperti: berlarian, melompat, memanjat, bersepeda, dan lainnya, sehingga meningkatkan fungsi kerja motorik anak sekaligus mencegah obesitas.
  3. Bagus bagi kesehatan mata, karena dengan bermain di luar ruangan maka anak-anak akan melihat pemandangan alam dengan cahaya alami sehingga akan melatih matanya dalam hal penglihatan dan tidak terpaku hanya pada televisi, komputer dan layar smartphone.
  4. Meningkatkan social skill, yaitu anak-anak akan dilatih untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain sehingga bisa belajar bekerja sama, saling menolong, dan berbagai ketrampilan sosial lainnya. Bahkan anak juga bisa melatih dirinya untuk bisa bicara dengan dirinya sendiri dalam mengenal lingkungan sekitar.
  5. Merangsang kreativitas, sebab bermain di luar ruangan akan memotivasi kreativitas anak dan merangsang imajinasi mereka untuk bekerja maksimal. Hal ini bisa terjadi karena suasana di luar ruangan membuat mereka melihat, mendengar, meraba, mencium dan mengecap banyak hal sehingga akan membuat mereka untuk belajar dan berkreativias lebih.
  6. Mendapatkan vitamin D, yaitu anak-anak yang bermain di luar rumah sebaiknya dilakukan pada pagi sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 4 sore, sebab cahaya matahari pada saat-saat tersebut sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi, menjaga kesehatan otot, membuat sistem kekebalan tubuh, serta membuat tubuh kita tahan terhadap penyakit tertentu.
  7. Membangun kedekatan dengan alam, sebab saat anak-anak bermain di luar rumah, maka mereka akan belajar banyak hal tentang alam. Belajar tentang tanaman yang tumbuh dan makhluk hidup lainnya yang mereka lihat, dan hal itu bisa menumbuhkan kecintaan mereka terhadap alam sejak dini bahkan seumur hidupnya.

Terlihat pada pemaparan di atas bahwa begitu banyak juga ya manfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak saat bermain di luar ruangan, jadi seharusnya orang tua bisa memberikan kebebasan kepada anak-anaknya agar sering-sering bermain di alam terbuka.

Namun perlu diingat juga, orang tua tetap harus turut serta mengawasi anak-anak saat bermain di luar, dan perlu juga dipahami oleh semua orang tua bahwa kriteria permainan anak yang aman atau tidak tergantung dari jenis permainan dan juga segi usianya. Jika anak masih terlalu kecil maka sebaiknya jangan berikan permainan yang berbahaya, misal mainan panjat-memanjat atau aktivitas fisik yang benturannya cukup keras.

Jangan hambat anak bermain ke luar karena takut gatal

Melihat manfaat bermain di luar rumah yang begitu bagus untuk tumbuh kembang anak, maka sebagai orang tua seharusnya tidak perlu takut untuk membiarkan anak untuk bermain di luar rumah karena takut anaknya akan gatal-gatal.

Sebab kini orang tua tidak perlu khawatir jika anak-anak terkena gatal karena biang keringat, alergi atau digigit serangka, karena Salicy Fresh bisa mengatasi hal tersebut. Hal ini juga ditegaskan oleh Bapak Pujianto bahwa “Para orang tua tidak perlu khawatir jika anak-anaknya berkeringat dan muncul biang keringat lantaran sudah ada Salicyl Fresh sebagai solusinya.”

Usir biang keringat dan gatal-gatal dengan Salicyl Fresh.

Salicyl Fresh merupakan produk bedak tabur yang diproduksi oleh PT. Kimia Farma (Persero) Tbk yang terbuat dari berbabagi komposisi bahan seperti talcum, asam salisilat, sulfur, mentol, dan balsam perlu yang dapat menghilangkan keluhan gatal-gatal yang disebabkan oleh biang keringat dan gangguan kulit lainnya yang bukan infeksi.

Salicyl Fresh hadir dengan formula baru yang memang dirancang untuk mengurangi gatal akibat biang keringat dengan cara menaburkannya pada bagian tubuh secara merata, namun jangan digunkan di sekitar mata, hidup dan mulut. Dan produk ini tidak diajurkan untuk anak-anak dibawah umur 3 tahun.

Dan asyiknya, bedak tabur dari Salicyl Fresh ini memberikan banyak kegunaan bagi anak-anak, bukan hanya membuat kulit mereka menjadi tetap sehat, namun keunggulan Salicyl Fresh ini bisa juga untuk:

  • Menyerap keringat
  • Memberikan rasa halus dan lembut pada kulit
  • Memberikan keharuman dan kesegaran pada kulit
  • Mengurangi gatal kulit akibat keringat, alergi dan gigitan serangga
  • Melindungi kulit dari bakteri, anti jamur dan anti parasite gar kulit tetap sehat
  • Membantu proses penyembuhan jerawat

Maka dengan hadirnya Salicyl Fresh ini, diharapkan orang tua tidak lagi perlu takut untuk membiarkan anak-anaknya untuk bermain di luar rumah karena takut gatal-gatal. Sebab  melalui produk ini, Kimia Farma ingin turut meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan menghadirkan produk healthcare pilihan termasuk menghasilkan brand terbaik untuk kesehatan anak-anak Indonesia.

Salicyl Fresh hadir dengan formula baru yang memang dirancang untuk mengurangi gatal akibat biang keringat

Jadi biarkan anak-anak bermain bebas, biarkan mereka mengekspresikan diri dan minatnya melalui permainan di luar ruangan sehingga bisa tumbuh ceria dan juga belajar dari lingkungan sekitarnya, sedangkan urusan gatal-gatal karena biang keringat, biarkan  Salicyl Fresh yang mengatasinya.

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Bagaimana Barista keren @muhammadaga menikmati cintanya meracik kopi untuk menghidupkan kehidupan..? Aga siap berbagi cerita untuk kamu Mitra Blogger Jakarta (27 Sep) dan Bandung (1 Okt). Sampai bertemu ya 😍😍 Regrann from @promag_id -  Cerita #NikmatiHarimu Ala Barista Aga: Secangkir Kopi Terbaik
.
Menyajikan kopi terbaik bagi saya adalah tentang orang yang menikmati. Bayangin aja! Hanya dengan secangkir kopi bisa membuat penikmatnya merasa hidup lagi. Tantangan yang saya hadapi gak akan bisa menghalangi saya untuk selalu memberikan secangkir kopi dengan kualitas terbaik untuk mereka, setiap harinya.
.
Membuat orang happy dengan secangkir kopi terbaik, itu yang membuat saya bisa #nikmatihari saya.
.
-Aga (@muhammadaga), 1st Winner 2018 Indonesia Barista Championship-
.
#NikmatiHarimu #Promag #AhlinyaLambung #coffee #barista #coffeshop #lifestyle #maag #lambung #enjoy #day - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top