Indo Blog Net

Kuliner

Kerupuk Antor Kerupuknya Wong Tegal

kerupuk antor

Ternyata kota Tegal juga punya kerupuk khasnya dan aku baru tahu nih. Beberapa bulan ini sering sekali ke kota Tegal karena mempersiapkan pernikahan anak sulungku. Jadilah harus mondar-mandir kota Tegal, dan berkenalanlah dengan kerupuk satu ini, kerupuk antor. Padahal kalau ingat kota Tegal sebetulnya lebih terkenal dengan wartegnya yang hampir terkenal di banyak daerah.

Coba di daerah pasti banyak ada warteg. Dan hebatnya warteg ini milik orang kaya dan miskin. Tapi ada yang lain dari kota Tegal ini ya kerupuk antor. Kerupuk yang dikenal juga dengan kerupuk pasir atau kerupuk badeg karena digoreng dengan pasir. Bentuknya kecil dan dilumuri dengan bumbu yang berwarna coklat kehitaman. Dan rasanya rasa bawang. Ada dua jenis kerupuk antor yang warna warni dan yang tidak.

Kerupuk Antor Tegal

Kerupuk antor ini dibuat dari bahan dasar singkong. Memang digoreng dengan pasir mirip dengan kerupuk melarat tapi bentuknya kecil lebih mirip dengan kerupuk upil dan lagi setelah digoreng masih dibumbui lagi, makanya warnanya jadi coklat kehitaman itu karenanya jadi  gurih dengan rasa bawang dan ditaburi dengan bumbu yang memberikan cita rasa pedas.

Kerupuk ini banyak dijual di pasar tradisional atau di tempat penjualan oleh-oleh khas Tegal. Dan banyak ditemui di daerah Ujungrusi, Harjosari Lor, Harjosari Kidul, Penarukan dan Pagedangan yang semuanya ada di kabupaten Tegal

Cara membuat kerupuk antor

  1. Bahan mentah kerupuk dijemur di bawah sinar matahari.
  2. Menyiapkan tungku pembakaran, wajan dari baja, pasir, kayu bakar
  3. Kemudian memanaskan tungku pembakaran
  4. Pasir dipanaskan di wajan baja.
  5. Kalau pasir sudah panas baru masukan kerupuk mentahnya
  6. Disangrai sampai matang
  7. Setelah kerupuk mengembang disaring agar pasir tak ikut terbawa
  8. Lalu disangrai diatas bumbu, jadilah kerupuk antornya.

Daripada penasaran, apalagi pembuatannya agak ribet bisa mampir ke kota Tegal untuk membeli kerupuk antor ini sambil jalan-jalan di Tegal. Tegal juga ada wisata yang bisa dikunjungi seperti pantainya atau di wilayah pegunungannya di daerah Guci.

Pulangnya bisa membeli kerupuk antor ini sebagai buah tangan teman-teman atau tetangga.Dan juga jangan lupa membawa tahu aci dan tahu pletok yang juga menjadi ciri khas kota Tegal. Lengkap sudah buah tangan dari kota Tegal yang bisa dibawa .

Sumber gambar: merahputih.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top