Lingkungan

Kersen Pohon Liar Kaya Manfaat

Kalau inget pohon kersen, ingat masa kecil. Dulu banyak sekali pohon kersen tumbuh di tepi jalan atau kebun. Dan kalau sedang berbuah pasti akan memanjat pohonnya untuk diambil buahnya. Asem manis rasanya tapi bikin ketagihan. Kadang yang naik dau atau tiga orang dan akan menjatuhkan ke bawah untuk diambil teman yang lain. Sensasi ambil buah kersen ini selalu mengasyikan. Entah mengapa orang suka banget ambil buah ini saat melihat pohon kersen yang sedang berbuah.

Saat aku olahraga pagi, dan selalu melewati pohon kersen itu selalu saja ada orang yang tadinya jalan akan berhenti dan mengambil buah kersen yang dalam jangkauan tangannya.  Istimewa sekali ya, buahnya bikin ngiler banyak orang padahal dari soal rasa , rasanya asem-asem manis  tidak seperti buah anggur atau buah yang lainnya. Mungkin akan terasa segar saat diambil saat siang hari.

Kersen atau dikenal dengan ceri adalah pohon dengan buah yang kecil bulat berwarna merah saat matang. Buahnya bulat-bulat kecil, ada titik hitam di bawahnya. Dengan buah yang lunak sehingga mudah dipencet sehingga bagian daging buah dan bijinya akan keluar. Jumlah biji dari buah kersen ini banyak dan kecil-kecil. Daunnya yang rindang kalau ada di tepi jalan, enak dibuat untuk berteduh. Saking mudahnya tumbuh sering kali muncul di sekitar kita.

Setelah besar baru ketahuan kalau itu pohon kersen. Buahnya yang dimakan burung yang bisa terbang jauh dan menjatuhkan bijinya di mana saja memungkinkan penyebaran kersen ini, ditambah dengan mudahnya tumbuh. Saking mudahnya tumbuh seringkali ditebangi karena menggangu lingkungan sekitar.

Kalau batangnya lunak dan cocok untuk kayu bakar dan kulit kayunya mudah dilepas yang bisa digunakan untuk pembuatan tali dan kain pembalut. Untuk daun mempunyai sistim pertulangan menyirip dengan tepi bergerigi. Sedangkan bunganya dalam berkas 1-5 kuntum. Buahnya berbentuk buni. Dan banyak manfaat yang bisa diambil dari kersen ini terutama daunnya sperti

  1. Selain buahnya, daunnya juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes. Hal ini karena kandungan flavanoid dan saponin yang cukup tinggi dan kersen mampu menyereksi hormon insulin yang dibutuhkan metabolisme tubuh.
  2. Mencegah pertumbuhan tumor. Karena ada tannin, saponin dan flavanoid. Dan air rebusan daun kersen ini juga berguna untuk antiseptik dan antiinflamasi yang baik.
  3. Pengontrol otot jantung. Kersen menjaga fungsi otot jantung sesuai dengan penelitan yang ada.
  4. Anti hipertensi dengan cara membuat menjadi bubuk atau rebusan daunnya yang diminum dua kali sehari
  5. Antiinflamasi
  6. Antiseptik. Hal ini karena ada flavanoid, tannin dan saponin yang bisa melawan mikroba dan bakteri.
  7. Mengobati kolesterol dengan cara meminum air rebusan daun kersen 3 kali sehari

Nah, banyak juga manfaat dari pohon kersen ya dan pemeliharaan juga sangat mudah sekali. Tapi juga harus rajin menyapu runtuhan daun kering dari pohon ini karena sangat banyak.  Kebetulan di depan rumah ada yang menamam pohon kersen dan beberapa lama kemudian ada lagi yang tumbuh di sebelahnya .

Tapi akhirnya beberapa yang tumbuh sendiri itu dipapas karena berdempetan dan  menghalangi jalan. Ada untungnya juga ada pohon kersen ini, bisa memberi keteduhan walau daun keringnya sering mengotori jalan. Tapi gak salah kok yang mau memelihara kersen di halaman rumah. Bagus sebagai tanaman peneduh.

 

 

Credit picture: plukme.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • [Gambar Tema] Lomba Foto Anak Berhadiah Utama Liburan Bersama Keluarga ke Korea 😍
.
(Cek Timeline @indoblognet untuk detail lomba, yahhh)
.
#DuluxEasyClean #DuluxFarAwayPlaces #ForgivenessIsEasy
#lombafotoanak #lombafotoonline #lombafotoanak2018 #lombafotoanakindonesia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top