Indo Blog Net

Inspirasi

Kemnaker Ajak Blogger ikut Sosialiasikan Film Animasi Karya Anak Bangsa Nano Millenial Force

kemnaker luncurkan film animasi karya anak bangsa

Kabar gembira bagi dunia animasi di Indonesia. Kementerian Ketenagakerjaan RI memberikan perhatian penuh bagi anak-anak muda kreatif yang memiliki passion di bidang animasi untuk belajar di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BB PLK) di Jalan Guntur Raya No.1 Kayuringin-Bekasi.

Tidak tanggung-tanggung digratiskan untuk siapa saja yang berminat di bidang animasi. Berlaku tidak saja untuk anak-anak muda yang berdomisili di Bekasi, tetapi juga daerah lain.

Bapak Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri saat ditemui oleh media dan rekan-rekan blogger Indoblognet saat peluncuran film animasi karya anak bangsa, Nano Millenial Force di BBPLK Bekasi (16/11) sangat mengapresiasi ketekunan anak-anak muda belajar membuat animasi di sana.

Selama 6 bulan sebanyak 32 orang dari berbagai daerah bahkan sampai Aceh, komit belajar dan menuntaskan karya animasi yang ciamik di sebuah ruangan kreatif dengan perlengkapan editing yang lengkap dan nyaman (creative room).

Kemnaker luncurkan film animasi karya anak bangsa

 

Film yang bercerita tentang anak Indonesia yaitu Nano, Yoko dan Aris yang berdurasi kurang lebih 10 menit ini sarat dengan semangat entrepreneurship. Ya, sejatinya super hero itu adalah mereka yang memiliki semangat pantang menyerah, jujur, kerja keras, disiplin, tahan uji, mandiri dan senang berbagi kebaikan untuk orang banyak. Profesionalisme harus selalu terpatri dalam jiwa seorang superhero entrepreneur.

Menonton film ini memang cukup membakar anak-anak muda untuk berani mengambil pilihan berwirausaha menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak.

Menteri Hanif Dhakiri mengaku ide cerita ini dibuatnya bertujuan agar anak-anak muda Indonesia – generasi millenial memiliki kepedulian tinggi terhadap kemajuan bangsa. Jangan khawatir tidak didukung. “Pemerintah selalu berupaya mendukung dan memfasilitasi ide-ide kreatif anak-anak muda untuk terus bersemangat berkarya. Salah satunya creative room ini merupakan bentuk komitmen Kemnaker terhadap passion anak muda,” papar Hanif Dhakiri.

Targetnya ke depan, setahun bisa dua film animasi yang diproduksi  di creative room BBPLK Bekasi. “Insya Allah kami juga akan membuka kerja sama bagi industri film animasi Disneyland dan beberapa produksi animasi di luar. Kita punya banyak tallent kreatif dan kemampuan animasi kita tidak kalah dengan mereka. Kesempatan ini yang harus didukung terus,” tambah Hanifi JukiThe Movie hadir menjadi angin segar bagi para penikmat animasi dengan nuansa lokal yang kental. Si Juki The Movie ini pun merupakan film animasi pertama Falcon Pictures yang tayang di penghujung tahun 2017. Nama si Juki sendiri awalnya terlebih dahulu dikenal sebagai karakter lucu pada komik strip karya Faza Ibnu Ubaidillah atau Faza Meonk. Walaupun menitikberatkan sisi komedi, film ini juga menyisipkan kritik sosial di dalamnya.

Untuk lebih menyosialisasikan program pelatihan animasi di BBPLK Bekasi dan menggairahkan semangat kemandirian berwirausaha melalui film, Kemnaker mengajak blogger sebagai netizen aktif  melihat langsung creative room di BBPLK dan menikmati sajian film animasi Nano Millenial Forced. Selain menuliskan di blog personal dan situs netizen, blogger juga menyebarkan di media sosial Instagram, facebook dan twitter.

animasi karya anak bangsa

Film ini baru ditayangkan di channel youtube BLK Bekasi Kemnaker dan beberapa channel terkait. Ke depannya diharapkan tentunya bisa tayang di bioskop dan menjadi film kebanggaan anak bangsa seperti lainnya yang pernah tayang di bioskop.

Seperti di penghujung tahun 2017, ada si Juki. Sebelumnya juga sudah ada Battle of Surabaya, Petualangan Singa Pemberani Atlantis, Battle of Surabaya, Petualangan Singa Pemberani Atlantis, dan sebagainya

Liat selengkapnya yuk !

Oh ya, untuk animasi Indonesia pertama kali, kita mungkin pernah dengar “Meraih Mimpi” debut perdana 3D yang ditayangkan di layar lebar pada tahun 2009. Dimainkan oleh Gita Gutawa. Menyusul kemudian, tahun 2011, “Pada Suatu Ketika” yang mengangkat kehidupan sehari-hari masyarakat di permukiman padat penduduk, pasar dan berbagai peristiwa yang terjadi di dalamnya. Uniknya, alat transportasi seperti kopaja, bus dan bajaj memiliki kemampuan berubah menjadi robot sebagaimana Transformer.

Setelah itu, animasi-animasi Indonesia rajin bermunculan dengan kualitas yang makin baik. Diantaranya “Petualangan Si Adi”, “Uwa dan Rimba Indonesia”, “Binekon”, “Kuku Rock You”, “Tendangan Halilintar”, dan “Bhineka di Pesimpangan”.

Animator sekaligus juri Festival Film Indonesia 2017, Wahyu Aditya menilai, meski secara kuantitas produksi film animasi Indonesia masih sedikit, tidak kurang dari 20 film setahunnya, tetapi dari segi kualtas, Wahyu memberikan applaus.

Menurutnya, anak-anak muda yang berada dibalik layar animasi mulai memperlihatkan kematangan dalam mengembangkan cerita. Sederhana namun dekat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Eksekusi teknisnya pun halus.

Yuk anak muda Indonesia mari berkarya maksimal ya. Tunjukkan pada dunia, kita bisa dan mampu bersaing dengan di tingkat dunia.

 

 

 

 

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • How To Help Your SMALL BUSINESS Stand Out? 😎
.
You have a small creative business, or a great idea for one, but how do you set yourself apart from the thousands of other small creative businesses out there?
.
This is it, 3 Ways to Help Your Small Business Stand Out! 😍
.
1. Be PROFESSIONAL
.
Wherever you choose to open an online shop, be sure to know your platform and use it to its fullest
.
Have a name, an image or logo, a thorough description and policies in place. You may be small but your shop should reflect a true business that a customer can rely on 🌞
.
Ensure your items are photographed well, and descriptions are detailed. When you receive an order respond and ship in the timeframe you outlined, the earlier the better
.
Package your items safely, and include a handwritten note along with a business card 💌
.
These may sound simple, but a smooth and professional transaction will keep your customers coming back and they will talk about you to their friends
.
2. Be ORGANIZED
.
Not only should you have an organized shop online, but try and keep your supplies organize 📝
.
3. Be CREATIVE
.
Search for your items and see what kind of competition you have. Then figure out how you can creatively set yourself apart. Is it your service?
.
Your speedy delivery, a unique twist on a traditional item? Make sure the packaging is pretty and professional, and always include a handwritten note along with a business card 🏷
.
Also ask for feedback and for customers to share photos of their products in action 😉
.
Credit: creativeramblingsblog.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top