Digipreneur Scale up

Kekuatan “Content Marketing” Digital untuk Promosikan Produk UKM

Digital marketing kini menjadi perhatian besar dunia usaha. Khususnya untuk UKM yang semakin didorong oleh pemerintah, berkembang lebih cepat melalui saluran promosi digital diantaranya lewat website, social media, mobile application, online advertising, email direct marketing, dan sebagainya. Setiap saluran media digital tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Karena itu, setiap pebisnis yang ingin berhasil melakukan promosi setidaknya harus mengetahui dan bisa menganalisis kelebihan dan kekurangan dari saluran media digital yang digunakannya.

Mengenali karakter produk dan jasa yang kita tawarkan serta target konsumen adalah hal utama yang harus dipahami UKM, sebelum menentukan media yang dipilih, merencanakan content baik tertulis maupun visual (foto, desain, ataupun video), mengatur mekanisme penyebarannya serta mengalokasikan bujet yang tepat.

Smesco Digipreneur Day yang sudah empat kali digelar oleh MB Communication – Indoblognet bekerja sama dengan LLP KUKM Smesco Rumahku, bertempat di Galeri Indonesia Wow, Smesco, Jalan Gatot Subroto kav 94, kali ini mengambil tema khusus “Exploring the Content Marketing Strategy”. Membahas tentang strategi yang tepat dalam berpromosi di media digital.

Talkshow yang menyajikan studi kasus pemasaran offline dan online ini menghadirkan pengusaha binaan UKM LLP KUKM Lisma D Gumelar yang memiliki usaha fashion muslimah untuk wanita dewasa, Rumah Ambu, Derry Darmawan, manajer digital Bursa Sajadah Online yang menjalankan pemasaran secara offline dan online, serta Bang Edwin Syarif Agustin, konsultan digital marketing yang akan menganalisis karakteristik channel-channel di media digital serta peluangnya agar memberikan hasil maksimal, terutama untuk mendorong transaksi.

Dalam kesempatan ini, Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran LLP KUKM, Bapak Bagus Rachman akan mengulas tentang strategi LLP KUKM Smesco Rumahku, Rumahnya UKM dalam mempromosikan dan memasarkan ribuan produk UKM yang telah menjadi mitra binaan. Saat ini, SMESCO Rumahku memiliki lebih dari 100 ribu jenis produk UKM yang dipasarkan secara retail di galeri Indonesia Wow, paviliun daerah dan secara online di Smescotrade.com yang baru dua tahun dikembangkan.

“Kami selalu memperhatikan kualitas. Semua produk yang tampil baik di Galeri Indonesia Wow maupun Smescotrade telah melalui proses kurasi. Produk-produk kami pun unik, handmade, dan 100 persen hasil karya pengrajin Indonesia,” ungkap Bagus Rachman yang saat ini juga terus melakukan berbagai terobosan dan membangun jaringan pemasaran ke pasar ekspor. “Kami membuka akses pasar dan memfasilitasi bertemu dengan buyer potensial,” ujar Bagus Rachman. Makanya, UKM yang menjadi mitra binaan LLP KUKM senantiasa didorong meningkatkan kualitas produk yang berdaya saing di manca negara. Jika UKM sudah melek digital dan bisa mengoptimalkan content marketing dalam pemanfaatan saluran digitalnya, tentu akan lebih mempermudah dalam mendapatkan potensi buyer sekaligus menangkap selera dan tren konsumen.

Selain talkshow bisnis juga diadakan workshop foto produk yang dibimbing langsung oleh fotografer profesional Sefa Firdaus. Bersama komunitas fotografer 52 wfpp, UKM Smesco, netizen dan blogger akan dibekali teknik memotret foto produk yang menarik untuk bisnis dan bisa juga dioptimalkan untuk kegiatan buzzering (influencer) di media sosial sehingga masyarakat tertarik untuk membeli. Workshop sekaligus praktek ini hasilnya akan diposting di media sosial instagram yang dikoneksi ke facebook dengan hashtag #YearandSalediSmesco dan #belanjaUKMKeren. Hasil foto yang sudah diposting di media sosial akan dikompetisikan.

Keterlibatan kalangan digitalpreneur memang menjadi karakter dari event Smesco Digipreneur Day. Dan, salah satu strategi LLP KUKM dalam promosi dan pemasaran, yaitu mengoptimalkan kekuatan netizen-digitalpreneur sebagai buzzer atau influencer. Smesco Digipreneur Day sekaligus juga menjadi salah satu wahana berbagi dengan para UKM yang ingin mengetahui lebih dalam tentang pemasaran digital.

“Kami terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak terkait bidang promosi seperti kalangan digitalpreneur ini sehingga produk-produk UKM kita bisa lebih dikenal, digemari dan dicintai oleh berbagai lapisan masyarakat,” tambahnya.

Selama acara berlangsung, akan diadakan berbagai kompetisi di media sosial seperti live tweet competition dengan hashtag #SmescoDigipreneurDay, live report competition via Instagram dan lomba foto produk UKM Smesco yang diposting di instagram dan dikoneksikan ke  facebook.

Arifah Abdul Majid
See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • #Repost @miramiut (@get_repost)
・・・
Ini apa hayooo???? Bagaimana ya cara menanamnya ??? Kangkung enaknya dimasak apa aja yahhh??? Oia akan ada Rumah Cantik di Bandung yang akan kasih banyak tips dan pelatihan menarik menyoal kecantikan,  olahragga,  memasak dan juga parenting.

Di Bandung ya segera tunggu Babam.

Ekh tunggu Mamih.

Ditunggu untuk informasi mengenai event di @rumahcantiklbc 
Selalu update informasi melalui @indoblognet 😊  #indoblognet #mbcommunication
#RumahcantikKlink 
#RumahcantikBLC #klinksolusihidupmu
#MommyBlogger #MamihBabam #RanselBabam #Bloggerlife #Bloggerlifestyle #Bloogeractivities #bloggerindonesia #Happyblogging #bloggers #Selfie  #Happylife #womenlife #womeninframe #clozetteid #instalife #instaframe #instaphoto #likeforlike #followtofollow

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top