Indo Blog Net

Tips and Trick

7+ Ide Kegiatan untuk Anak yang Seru Agar Tak Jenuh Selama di Rumah Saja

memasak bersama anak

Tak terasa sudah hampir setengah tahun ini sejak pandemi virus Corona masuk ke Indonesia anak-anak sekolah menjalani kegiatan belajar di rumah. Masa “karantina” ini bisa jadi membuat banyak anak merasa jenuh karena hanya berkegiatan di dalam rumah ataupun sekitar rumah saja. 

Bukan hanya para orangtua saja yang bisa merasa jenuh lho, anak-anak juga bisa bosan jika setiap harinya melakukan kegiatan yang sama di tempat yang sama pula.

Kalau sudah dilanda rasa jenuh bukan tak mungkin anak menjadi uring-uringan dan akhirnya jadi kurang semangat belajar.

Wah, Anda tentu tak menginginkan hal ini, bukan? 

Yuk, simak beberapa ide kegiatan anak di rumah berikut ini agar anak tidak merasa jenuh dan tetap semangat selama masa pandemi virus Corona ini.

Ide Kegiatan untuk Anak yang Seru Agar Tak Jenuh Selama di Rumah

Jika sebelum pandemi virus Corona ini Anda bisa bebas mengajak anak ke mall atau ke tempat-tempat rekreasi demi membuat mereka senang dan terhibur, lain halnya dengan sekarang ini. Anak-anak termasuk yang rentan terkena virus, oleh sebab itu Anda harus lebih protektif melindungi kesehatan mereka di masa pandemi virus Corona ini.

Baca juga: Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan, Bikin Anak Semangat Belajar!

Memilih untuk lebih banyak berkegiatan di rumah merupakan salah satu cara melindungi anak dari serangan virus. Tapi jangan khawatir, ada berbagai ide kegiatan anak di rumah yang asyik untuk dilakukan.

1. Menonton TV bersama

nonton tv bersama anak di rumah

Credit: fool.com

Salah satu kegiatan anak di rumah yang seru adalah menonton TV. Anak-anak pastinya suka menonton TV. Namun, menonton TV di sini bukanlah membiarkan anak menonton sendirian.

Cobalah untuk meluangkan waktu menonton TV bersama anak, meski hanya 30 menit sehari. Berdasarkan penelitian, anak akan mendapat lebih banyak manfaat dari kegiatan menonton TV jika ditemani orangtua dibanding mereka menonton TV sendirian. 

Anak-anak dapat memperoleh pelajaran serta pemahaman yang lebih baik mengenai tayangan yang mereka tonton apabila ditemani oleh orangtuanya.

Anda bisa mengajukan pertanyaan mengenai tayangan yang sedang ditonton untuk mengasah pemahamannya. Jangan lupa untuk memilih tayangan televisi yang mempunyai unsur edukasi untuk anak. 

2. Bernyanyi dan berdansa bersama

bernyanyi bersama anak di rumah

Credit: theeducatorsspinonit.com

Anak-anak juga membutuhkan olahraga agar tubuh mereka tetap sehat dan tidak mudah terserang virus. Olahraga untuk anak tidak harus pergi ke tempat olahraga, lho. Anda bisa mengajak anak olahraga di rumah dengan cara berdansa serta bernyanyi bersama.

Berdansa atau menari merupakan aktivitas fisik yang dapat membuat tubuh anak lebih fleksibel dan sehat.

Agar lebih seru, Anda juga bisa mengajak anak bernyanyi. Pilih lagu favorit anak yang cocok untuk menari-nari. Jangan lupa juga gunakan pakaian yang nyaman untuk menari agar anak bisa bebas bergerak.

Selain sebagai olahraga, ide kegiatan anak di rumah yang satu ini juga pastinya akan membuat anak lebih bergembira. 

3. Membuat karya seni

membuat karya seni

Credit: happinessishomemade.net

Kalau ide kegiatan anak di rumah yang satu ini bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas anak. Banyak kegiatan membuat karya seni yang bisa Anda lakukan bersama anak, misalnya melukis atau membuat kerajinan tangan. Namun pastikan jika karya seni tersebut sesuai dengan minat dan potensi anak.

Baca juga: 8+ Cara Tepat Membimbing Anak Belajar di Rumah, Yuk Cobain!

Anda bisa mencari berbagai tutorial untuk membuat berbagai karya seni di internet, mulai dari search di Google atau melihat video di YouTube. Membuat karya seni bermanfaat untuk mengasah bakat serta potensi anak di bidang seni.

Agar lebih berkesan, Anda bisa memajang hasil karya seni anak di rumah. Anak Anda tentu akan merasa senang dan bangga, bukan? 

4. Membantu ibu melakukan pekerjaan rumah tangga

membantu pekerjaan ibu

Credit: cleaninginstitute.org

Ide kegiatan anak di rumah berikutnya yaitu membantu ibu melakukan pekerjaan rumah tangga. Ada banyak pekerjaan rumah tangga yang bisa melibatkan anak-anak, seperti mencuci piring, mencuci pakaian, menjemur pakaian, menyiram tanaman, hingga membersihkan rumah.

Kegiatan ini bisa membuat anak belajar hal-hal baru dan melatih kebiasaan baik. 

Jenis kegiatannya bisa disesuaikan dengan kemampuan anak. Misalnya, untuk anak balita Anda bisa memintanya membantu merapikan mainan atau membereskan tempat tidurnya. Sedangkan untuk anak yang lebih besar Anda bisa memintanya membantu mencuci baju atau piring. 

Sebelumnya ajarkan anak bagaimana melakukan pekerjaan tersebut dengan baik atau lakukan pekerjaan secara bersama-sama agar lebih seru. Dengan melakukan pekerjaan rumah tangga, anak-anak akan belajar tanggung jawab menjaga kebersihan dan kerapihan.

5. Bersenang-senang di dapur

memasak bersama anak

Credit: houseofcoco.net

Anak-anak usia sekolah umumnya suka sekali jajan. Nah, bagaimana kalau sesekali Anda ajak anak bersenang-senang di dapur membuat jajanan atau makanan kegemarannya? Wah, ide kegiatan anak di rumah yang satu ini pasti akan disukai anak.

Ajak anak berkreasi membuat makanan sehat, enak dan praktis. Anda bisa mencari berbagai resep menarik yang diinginkan melalui internet.

Baca juga: 5 Pilihan Distributor Frozen Food yang Sehat untuk Keluarga

Siapa yang tak suka dengan jajanan seperti bakso, siomay, telur gulung, cilok, atau martabak mini. Semua bisa Anda bikin sendiri di rumah, lho. Pastinya akan lebih sehat, bukan? Coba bikin jajanan yang berbeda setiap minggunya agar lebih seru dan tidak bosan.

6. Bermain air

Bermain air juga bisa menjadi salah satu ide kegiatan anak di rumah yang seru, lho. Anda bisa gunakan area halaman untuk tempat bermain air. Sediakan air, ember, slang air atau ciduk juga bisa. Bebaskan anak untuk menuang, menyiprat atau menyiduk air sesuka mereka. 

Supaya lebih seru Anda bisa ikut bermain bersama mereka. Tidak perlu takut basah, nikmatilah keseruan bermain air bersama anak. Tapi ingat jangan terlalu lama ya, agar anak tidak kedinginan. Setelah selesai bermain ajak anak untuk bersama-sama membereskan tempat bermain air. 

7. Bermain petak umpet

ide kegiatan anak di rumah

Credit: stockfresh.com

Anda pasti sudah familiar dengan permainan ini, bukan? Bermain petak umpet ini bisa menjadi salah satu ide kegiatan anak di rumah sekalian Anda bernostalgia. Hehe. Agar lebih seru ajak seluruh anggota keluarga di rumah untuk bermain petak umpet. 

Permainan ini bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas anak, lho. Selain itu anak juga jadi berlatih kesabaran saat berusaha menemukan orang-orang yang sedang bersembunyi. 

8. Bermain playdough

Ide kegiatan anak di rumah selanjutnya adalah bermain playdough. Bagi anak kecil kegiatan yang satu ini bermanfaat melatih keterampilan motorik halusnya. Playdough juga bisa Anda bikin sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat, seperti terigu, garam, minyak dan air.

Pastinya akan lebih seru jika membuat playdough sendiri. 

Selain bermanfaat untuk melatih motorik halus anak, bermain playdough juga dapat melatih ketangkasan dan fokus anak. Jika Anda khawatir rumah akan kotor terkena playdough, Anda bisa gunakan alas plastik pada tempat bermain. 

9. Bermain gelembung sabun

bermain gelembung sabun

Ide kegiatan anak di rumah yang terakhir yaitu bermain gelembung sabun. Jika Anda tak ingin repot harus membuat cairan gelembung sabun, Anda bisa dengan mudah membelinya dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk membeli cairan gelembung sabun yang berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) agar lebih aman digunakan anak-anak. 

Meskipun bermain gelembung sabun ini terlihat sederhana, nyatanya permainan ini juga bermanfaat lho untuk anak. Permainan ini dapat membantu mengasah kecerdasan anak, melatih kecerdasan motorik kasar, serta melatih keseimbangan anak. 

Itulah beberapa ide kegiatan anak di rumah yang seru untuk Anda coba. Anda punya ide seru lainnya? Yuk, share pada kolom komentar di bawah ini! Selamat bermain bersama anak ya, Mam 🙂

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top