Kesehatan

Kebiasaan Remeh, Ternyata Penyumbang Terbesar Anemia

tanya anemia

Apakah Anda kesulitan dalam konsentrasi?

Seberapa sering merasakan mudah lemah, letih dan lesu?

Seberapa banyak mengonsumsi daging tanpa lemak?

Tiga pertanyaan ini merupakan beberapa pertanyaan yang diajukan untuk penilaian resiko anemia. Jika ketiga jawaban itu dijawab ‘ya’, kemungkinan besar Anda rentan terkena anemia.

Anemia merupakan suatu kondisi, kadar hemoglobin darah lebih rendah dari normal. Akibatnya tubuh menjadi lemah, lesu, lelah dan lalai. Jika menyerang kepala, akan menyebabkan pusing (sakit kepala) dan mata menjadi berkunang-kunang. Mudah  mengantuk padahal sudah tidur cukup dan mudah capek, kerja juga nggak banyak, sudah pasti kena anemia.

Penyakit yang kerap dianggap remeh temeh ini, ternyata salah satu penyakit pembunuh berdarah dingin “sillent killer” yang cukup mematikan. Dari 20 persen kematiaan orang dewasa di dunia, disebabkan karena anemia defisiensi besi (ADB) atau  kurangnya asupan zat besi dalam sel darah merah (hemoglobin).

Zat besi  sangat penting untuk pembentukan hemoglobin (sel darah merah). Apabila kita kerap mengalami pendarahan akibat infeksi usus karena cacingan, trauma atau luka yang menimbulkan pendarahan, waspadai ya. Ini bisa saja memicu anemia. Penderita thalasemia yaitu kelainan darah karena kurangnya hemoglobin, atau secara genetis sel darah merah cepat pecah, juga rentan terkena anemia.

Menurut dokter Yustina Anie Indriastuti, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia, anemia banyak menjangkiti perempuan produktif. Pasalnya, dari sisi metabolisme perempuan pekerja membutuhkan zat besi lebih banyak untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Pola hidup yang tidak sehat juga membuat perempuan rentan mengalami anemia. Pola hdup tak sehat itu meliputi; kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi, pola tidur yang tak teratur dan kurang istirahat. Akibatnya, daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit infeksi.

Perhatikan asupan makananmu

Penyebab anemia kebanyakan terjadi karena asupan makanan kita yang kurang mengandung zat besi.  Zat besi banyak diperoleh dari makanan hewani,  seperti unggas, daging sapi dan kambing. Sedangkan bahan makanan nabati, zat besi dapat diperoleh melalui tumbuh-tumbuhan berwarna hijau tua seperti bayam, kangkung dan daun singkong.

Terkadang kita merasa sudah cukup makan yang mengandung zat besi, tetapi kok tubuh tetap saja susah diajak kerja. cepat letih, lesu. Apa pasal? Hmmm…bisa jadi penyerapan zat besinya terganggu.

 

es teh manis

 

Ada beberapa faktor yang menghambat penyerapan zat besi yang kerap kurang disadari, termasuk oleh saya.  Ya, saya, yang suka sekali minum teh usai makan. Es teh manis atau teh hangat jadi pasangan yang susah dipisahkan saat menyantap makanan. Apalagi kalau makannya di rumah makan Padang, sudah pasti, teh jadi teman setia.  Ini ternyata, biang keladi zat besi terhambat masuk ke dalam tubuh sehingga tidak diproses cepat untuk pembentukan hemoglobin.

Peminum kopi juga cenderung rentan Anemia. Sejumlah zat penghambat penyerapan zat besi itu diantaranya tannin, kalsium, fosfor, serat dan fitat. Tanin, zat yang terdapat dalam teh dan kopi ternyata mengikat zat besi dan merusak struktur protein.

Agar terhindar dari anemia, kita harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Salah satunya ya harus konsumsi makanan kaya sumber zat besi dari sumber makanan hewani. Kalaupun ingin mengkonsumsi teh atau kopi, sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan saat makan. Bolehlah ngopi dan ngeteh cantiknya sore-sore saat santai.

 

Editor : kartina ika sari

 

 

 

 

 

Rach Alida Bahaweres

Sebagai jurnalis, saya aktif juga menulis di blog saya www.lidbahaweres.com. Saya menulis tentang berbagai hal yang saya alami. Akun twitter dan instagram saya @lidbahaweres. Untuk kontak lebih lanjut ke [email protected] Terima kasih

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Merdeka itu berani beragam dan bekerja sama. Kemerdekaan itu adalah Kerja Bersama.

Dirgahayu Indonesia ke-72. Semoga Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat. Merdeka !

#hutri72 #kemerdekaan72 #kemerdekaanRI72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top