kesehatan

Katakan “Bye-bye untuk Keputihan”

Keputihan sebenarnya adalah fenomena normal pada wanita. Cairan miss V ini merupakan hasil produksi dari kelenjar pada dinding vagina dan leher rahim dan berfungsi sebagai cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan miss V akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi.

Apa Penyebab Keputihan?

Beberapa hal berikut ini perlu dicermati sebagai pemicu terjadinya keputihan:

1. Faktor kebersihan yang kurang baik.
Kebersihan di daerah intim wanita haruslah terjaga dengan baik. Jika, daerah vagina tidak dijaga kebersihannya akan menyebabkan keputihan. Hal ini menyebabkan daerah intim wanita menjadi lembab. Kondisi tersebut menyebabkan bakteri patogen lebih mudah tumbuh dan menyebar.

2. Stress.
Kinerja organ tubuh dipengaruhi dan dikontrol oleh otak. Ketika reseptor otak mengalami kondisi stress maka terjadi perubahan dan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh dan menjadi salah satu sebab terjadinya keputihan.

3. Penggunaan obat-obatan.
Penggunaan obat antibitok dalam jangka lama bisa menyebabkan gangguan pada sistem imunitas pada tubuh wanita. Obat antibiotik biasanya dapat menimbulkan keputihan. Sedangkan gangguan keseimbangan hormonal dapat juga disebabkan oleh penggunaan KB. Salah satu efek samping penggunaan pil hormon KB bagi beberapa wanita adalah terjadinya keputihan.

Jenis Keputihan

Cara mengatasi keputihan bisa diterapkan setelah mengetahui penyebab keputihan. Jenis keputihan bisa terbagi menjadi tujuh berdasarkan warna dan bentuk lendirnya yaitu:

1. Bening
Jika keluar cairan elastis menyerupai putih telur yang mentah dari mis VV sebenarnya para wanita tidak perlu khawatir karena ini adalah sesuatu yagn normal. Cairan seperti ini akan terlihat di awal siklus ovulasi. Sifatnya lengket dan membantu menarik sperma ke dalam rahim Anda.

2. Putih susu
Jika keluar cairan atau lendir berwarna putih susu juga tak perlu khawatir. Cairan ini keluar pada tengah hingga ke akhir siklus bulanan, berbentuk seperti krim. Cairan ini diproduksi sebagai akibat dari pelepasan progesteron.

3. Seperti keju
Jika dari miss V keluar cairan putih yang berbentuk gumpalan maka para wanita harus mulai waspada. Gejala ini menunjukkan ada infeksi jamur.Jamur suka dengan daerah gelap, lingkungan yang lembab dan segala aktivitas yang membuat zona V berkeringat.

4. Keputihan berbercak darah di dalamnya
Bercak antara periode menstruasi sangat umum ketika minum pil KB. Ada cairan cokelat setelah periode menstruasi. Ini disebabkan darah kering. Jika di keputihan ada darahnya kemungkinan hal ini adalah efek samping normal dari penggunaan pil KB.

5. Cairan kuning
Jika dari miss V keluar dan merasa gatal, sakit, atau bau tak sedap maka ada kemungkinan gejala karena gonore, klamidia, atau infeksi panggul.

6. Hijau keabu-abuan dan berbusa
Jika dari miss V keluar cairan hijau keabuan yang terlihat aneh ini adalah gejala keputihan yang disebabkan bakteri vaginosis. Gejala lainnya adalah disertai bau amis dan sensasi terbakar. Ini merupakan keputihan umum, infeksi ringan mudah diobati dengan krim resep atau pil.

7. Cairan lebih tebal dibanding normal
Jika keluar cairan yang berlebihan dari miss V kemungkinan merupakan efek samping dari IUD. iritasi vagina bisa menghasilkan cairan lebih banyak. Jika disertai rasa gatal pada miss V, mungkin karena infeksi jamur. Penyebab umum lainnya dari cairan tebal adalah kehamilan. Jumlah cairan bervariasi dari bulan ke bulan, tergantung pada keseimbangan hormon.

8. Cairan seperti air
Cairan yang encer menunjukkan infeksi herpes yang disebabkan luka terbuka di dalam vagina.

Mengatasi dan Mencegah Keputihan

Keputihan dapat diatasi secara medis. Wanita zaman dahulu menggunakan air rendaman daun sirih untuk merawat daerah intim. Kini berbagai pembersih organ V dapat diperoleh dengan mudah. Namun perlu diingat penggunaan pembersih daerah kewanitaan tidak boleh sembarangan. Salah memilih pembersih kewanitaan bisa turut serta mematikan bakteri baik padahal yang ingin dibunuh adalah bakteri jahat. Pembersih area kewanitaan disarankan berasal dari bahan alami dengan pH 3-4 sehingga efektif melindungi miss V dan sekitarnya sepanjang hari. Pembersih kewanitaan yang mengandung zat antiseptik sebisa mungkin dihindari sebab bisa membunuh flora normal di sekitar miss V wanita. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Tindakan pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Beberapa hal berikut ini perlu adalah tindakan preventif untuk mencegah terjadinya keputihan

1. Bersihkan selalu miss V secara teratur dan optimal terutama setelah buang air kecil dan menstruasi. Jika perlu gunakan pembersih kewanitaan yang tidak menyebabkan gangguan kestabilan pH pada daerah vagina anda.
2.· Hindari menggunakan bedak yang bertujuan membuat miss V harum atau kering. Bedak sangat kecil dan halus, hal ini mudah terselip dan tidak dapat terbersihkan, sehingga mengundang datangnya jamur pada vagina.
3.· Keringkan selalu miss V setelah mandi, cebok atau berenang.
4.· Pakailah selalu pakaian dalam yang kering. Pilih celana dalam dari bahan katun, karena bahan katun mampu menyerap keringat. Kondisi lembab mendukung populasi bakteri patogen lebih cepat.
5. Gunakan pakaian/ celana luar yang memiliki pori-pori cukup, hindari menggunakan celana luar yang ketat, hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udara di sekitar daerah intim kewanitaan terganggu.
6.· Sering ganti pembalut ketika mengalami menstruasi.
7. Cukup istirahat agar tidak mudah lelah dan stress.
8. Perhatikan kebersihan lingkungan sekitar terutama kualitas air. Jika terpaksa menggunakan toilet umum yang lalu lintas orangnya padat seperti tempat wisata, terminal, stasiun lebih baik memanfaatkan air langsung dari kran daripada air yang ditampung di dalam bak kamar mandi. Atau jika memungkinkan teteskan larutan anti septik dalam bak kamar mandi sebelum digunakan.
9. Terapkan gaya hidup sehat. Cukup buah dan sayur serta berolahraga.

Image source: pixabay.com

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet 😉 Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen 😄
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top