Indo Blog Net

Lingkungan

Kantung Semar Tanaman Nan Eksotis

kantong semar

Kantung semar ini bisa dimasukan dalam tanaman hias. Walau keberadaannya terbilang langka tapi sudah banyak yang mulai membudidayakan tanaman kantung semar ini. Punya keunikan dalam tanaman ini dari segi bentuk dan punya manfaat yang bisa diterapkan dalam kehidupan. Indonesia sendiri adalah tempat tinggal yang nyaman bagi kantung semar, bahkan sudah terkenal di dunia.

Bahkan harga jualnya sangat mahal kalau dijual ke luar negeri. Banyak tumbuih di hutan-hutan di Indonesia. Tanaman ini unik karena termasuk tanaman karnivora. Wow karnivora? Ya, tanaman ini mampu mematikan serangga yang masuk ke dalam kantungnya.

Kantung Semar Tanaman Nan Eksotis

Ciri-ciri dari kantung semar memang unik karena berbeda dengan tanaman yang lainnya. Pertama tanaman ini tak mengandalakan fotosintesa dan siklus nitar untuk memndapatkan nutrisi tapi dengan cara memangsa searngga sebagai sumber nutrisinya. Dan itu sebagai bahan dasar garam dan nitrat.

Kantung ini sebenanrnya adalah modifikasi dari daun dan berguna untuk menangkap serangganya. Di dasar kantung terdapat cairan asam berupa ensim protealase. Guna ensim ini untuk mengubah serangga yang dimakan menjadi garam fosfat dan nitrat.

Daun awalnya tertutup dan sesdauh dewasa daun itu akan menjadi kantung yang akan terbuka untuk bisa menangkap serangga. Bakal tertutup saaat sedang mencerna serangga yang ditangkap. Tanaman kantung semar ini berumah dua artinya setiap tanaman hanya mempunyai satu jenis kelamin saja. Sehingga kita akan menenmukan banyak tanaman kantung semar dengan berbagai jenis hasil persilangan.

Perkembangan biakan dengan kawin yaitu dengan cara pembuahan dengan tanaman kantung semar yang tak serumah yang menghasilkan biji. Kalau secara vegetatif dengan pertunasan atau stek.

Tumbuhan ini banyaknya tumbuh tegak tapi ada juga yang menjulur dengan panjang sulur bisa mencapai 15 m hingga 20 m. Ada beberapa kantung semar yang memiliki kantung yang mencolok warnanya yang menghasilkan nektar agar serangga tertatik masuk ke sana dan dinding yang licin memudahkan serangga terperangkap dalam kantung.

Cara Merawat Kantung Semar

Merawat kantung semar ini sangatlah mudah karena tak perlu dipupuk, tanaman sudah mendapatkan nutrisi dari serangga. Makanya lebih baik tanaman ini ditaruh di luar agar serangga bisa masuk ke dalam kantung. Atau bisa dengan memberikan nutrisi garam, fosfor, kalium.

Tapi untuk tanaman yang berasal dari stek harus menggunakan pupuk yang tak mengandung urea dan amonium yang tinggi. Untuk mencegah hama bisa gunakan pestisida secukupnya.

Manfaat Tanaman Kantong Semar

Ternyata tanaman kantung semar ini memiliki manfaat yang bethubungan dengan kita seperti:

  1. Kantong semar dengan spesies Nepenthes gymnamphora dapat digunakan sebagai indikator suatu iklim. Jika spesies kantong semar ini dapat ditumbuhkan pada suatu daerah, maka daerah itu punya curah hujan yang tinggi.
  2. Cairan pada kantong dapat digunakan sebagai obat batuk.
  3. Air rebusan dari cairan dan akar tanaman ini dapat digunakan sebagai obat sakit perut, luka bakar, dan iritasi mata.
  4. Batang tanaman yang sudah dikeringkan dari jenis Nepenthes ampullaria dapat digunakan sebagai pengganti tali jerat.

Nah, ternyata kantung semar ini juga punya manfaat buat manusia. Jadi gak ada salahnya juga untuk menanam ini di halaman rumah kita. Apalagi tak mmebutuhkan lahan yang luas, cukup di halaman rumah yang terkena sinar matahari.  Dan bibit kantung semar sudah banyak diperjualbelikan  bahkan melaui online juga sudah bisa. Eksotis dan unik, itulah tanaman kantung semar.

Sumber gambar: mitalom.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

To Top