Indo Blog Net

Tanaman

9 Jenis Kaktus Hias yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

kaktus yang mudah dirawat

Merawat tanaman di rumah ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), ada beberapa manfaat yang diperoleh dari memelihara tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis seseorang, yaitu untuk mengurangi stress dan membantu menenangkan pikiran.

Wah, di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini tentunya Anda butuh ketenangan pikiran dan meminimalisir stress, bukan?

Selain bermanfaat untuk kondisi psikologis, tanaman juga dapat membantu membersihkan udara di sekitar ruangan dari racun-racun. Dengan adanya tanaman-tanaman di rumah, udara yang Anda hirup jadi lebih bersih dan sehat. Terakhir, tanaman juga berfungsi sebagai dekorasi rumah. Anda bisa memilih jenis tanaman hias seperti kaktus.

9 Jenis Kaktus Hias yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

Bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri yang dapat mempercantik ruangan di rumah Anda. Kaktus juga memiliki banyak jenis yang bisa dipilih sesuai selera Anda. Anda tertarik menanam kaktus di rumah? Yuk, simak dulu beberapa jenis kaktus hias yang mudah dirawat bagi pemula.

1. Kaktus Beaver Tail

kaktus yang mudah dirawat

Jenis kaktus hias pertama yang mudah dirawat bagi pemula adalah Beaver Tail. Beaver Tail artinya ekor dari hewan Biwara, sebab kaktus ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan ekor hewan Biwara yaitu pipih dan lebar. Kaktus yang satu ini termasuk jenis kaktus klasik yang terbilang populer.

Ukurannya bervariasi ada yang kecil dan ada yang besar. Beaver Tail memiliki bentuk oval pipih dengan bunga bermacam warna yang tumbuh pada bagian tunas-tunas kaktus ini.

2. Kaktus Chepalocereus Senilis

kaktus yang mudah dirawat

Kaktus Chepalocereus atau yang biasa disebut kaktus uban ini mempunyai ciri khas duri yang sangat halus dan panjang berwarna keputihan. Duri halus tersebut mirip dengan rambut uban pada manusia, itu sebabnya kaktus ini sering disebut kaktus uban.

Kaktus uban ini terbilang mudah perawatannya, namun agar pertumbuhannya optimal Anda perlu meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari dan hangat, misalnya di dekat jendela.

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Sukulen Paling Cantik Serta Tips Merawatnya

Kaktus uban ini berasal dari Guanajuato dan Hidalgo di bagian timur Mexico. Kaktus yang satu ini memang tergolong unik. Bulu halusnya bahkan bisa tumbuh cukup panjang hingga 12 cm.

Bulu halus pada kaktus ini berfungsi untuk melindungi kaktus dari paparan langsung sinar matahari. Kaktus uban juga bisa memiliki bunga, tetapi bunga tersebut baru akan tumbuh saat usia kaktus telah mencapai 10 tahun lebih. Wah, berarti Anda harus sabar merawatnya untuk melihat bunganya.

3. Kaktus Fairy Castle

kaktus yang mudah dirawat

Credit: mercadolivre.com

Selanjutnya ada kaktus Fairy Castle atau yang disebut juga Cereus Tetragonus. Jenis kaktus ini cocok ditanam untuk mempercantik halaman rumah Anda. Fairy Castle ini berasal dari Amerika Serikat dan termasuk ke dalam genus Acanthocereus.

Dinamakan Fairy Castle sebab kaktus ini jika disusun secara berderetan dengan ukuran yang bervariasi ia akan tampak seperti sebuah kastil dalam kisah dongeng.

Fairy Castle bisa ditanam secara berjejer hingga membentuk pagar hidup. Namun Fairy Castle juga bisa diletakkan di dalam pot kecil untuk menghias interior rumahmu. Untuk membuat penempatannya semakin menarik, Anda bisa mencoba membuat dekorasi terarium tanaman sukulen sendiri di rumah.

Selain dalam bentuk mini, kaktus hias ini ternyata sanggup tumbuh tinggi hingga lebih dari 5 meter, lho. Warnanya hijau gelap dengan jumlah cabang mulai dari tiga hingga lima buah.

4. Kaktus Gymnocalycium

jenis kaktus yang mudah dirawat

Credit: wordlofsucculents

Kaktus Gymnocalycium termasuk jenis kaktus berukuran mini yang memiliki bentuk bulat dengan duri-duri panjang dan bunga bermacam-macam warna. Kaktus Gymnocalycium ini berasal dari Amerika Selatan. Karena ukurannya yang mini inilah kaktus ini biasanya ditanam di dalam pot dan diletakkan di atas meja sebagai penghias ruangan.

Bunganya cantik dengan warna-warna yang indah, membuat kaktus Gymnocalycium ini enak untuk dipandang. Bunganya ada yang berwarna merah, pink, atau kuning. Kaktus ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus, hanya saja Anda perlu meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari agar kaktus tumbuh dengan baik dan tidak mudah layu.

5. Kaktus Haworthia

Kaktus Haworthia yang mudah dirawat

Credit: plumeriaplus.com

Kaktus hias berikutnya adalah Haworthia atau yang sering disebut kaktus Zebra. Kaktus ini memiliki tampilan daun bercorak belang-belang seperti zebra. Haworthia adalah jenis kaktus yang cocok diletakkan di dalam ruangan, sebab ia hanya dapat bertahan hidup dengan cahaya yang minim.

Jadi jangan menaruhnya di luar rumah yang terkena sinar matahari langsung ya, karena kaktus ini akan layu dan mati.

Kaktus Haworthia mempunyai daun yang tebal, berwarna hijau tua. Bentuknya ini membuatnya mirip dengan lidah buaya (aloe vera). Bedanya, Haworthia memiliki ukuran yang lebih kecil dan ada belang berupa bercak putih pada daunnya. Keunikannya inilah yang membuat kaktus ini dijadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah.

Anda bisa menaruhnya di tempat yang terkena sinar matahari dan menyemprotnya dengan air 3 – 4 hari sekali.

6. Kaktus Mammillaria

kaktus yang mudah dirawat di rumah

Kaktus Mammillaria mempunyai bentuk seperti kumpulan batang berbentuk lonjong dengan duri-duri halus berwarna kuning dan rapat. Duri-duri yang rapat ini membuat sisi batang kaktus hampir tidak terlihat.

Uniknya, pada bagian ujungnya duri-duri tersebut berwarna kemerahan. Kaktus ini juga bisa menghasilkan bunga cantik berwarna putih atau merah muda jika dirawat dengan benar.

Kaktus Mammillaria ini berasal dari Meksiko. Jenis kaktus ini sebaiknya diletakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Namun agar pertumbuhannya optimal, sebaiknya letakkan kaktus di luar ruangan 1 – 2 hari dalam seminggu. Penyiraman cukup dilakukan satu kali dalam seminggu dengan menggunakan sedikit air.

7. Kaktus Parodia

Kaktus Parodia untuk pemula

Kaktus Parodia atau disebut juga Ball Cactus memiliki bentuk bulat yang mirip seperti bola. Sama halnya dengan Kaktus Mammillaria, batang kaktus ini juga dipenuhi dengan duri-duri halus. Kaktus Parodia mempunyai bunga yang berwarna kuning. Jenis kaktus ini seringkali dijadikan hiasan ruangan dan diletakkan di atas meja.

Selain ukurannya yang kecil, kaktus ini juga sangat cantik tampilannya sehingga cocok dijadikan penghias ruangan. Anda tidak membutuhkan perawatan khusus untuk Kaktus Parodia ini. Cukup tempatkan di tempat yang sejuk dan semprot dengan air beberapa hari sekali.

Pastikan juga media tanam kaktus ini tidak terlalu lembab agar tak mudah layu.

8. Kaktus Pincushion

kaktus yang mudah ditanam

Jenis Kaktus Pincushion mempunyai duri-duri yang halus pada batangnya. Kaktus ini umumnya tumbuh dalam kelompok (berkoloni) dan sangat mudah perawatannya.

Bentuknya bulat dengan ukuran yang mini membuat Kaktus Pincushion ini terlihat menggemaskan untuk dijadikan penghias salah saru ruangan di rumah Anda.

9. Kaktus Stapelia Grandiflora

kaktus Stapelia Grandiflora untuk pemula

Credit: planetdesert.com

Terakhir, jenis kaktus hias yang mudah dirawat bagi pemula adalah Kaktus Stapelia Grandiflora. Kaktus yang berasal dari Afrika ini terbilang unik jika dibandingkan dengan kaktus lainnya. Sebab kaktus ini memiliki bunga yang tebal dan berwarna merah yang tampak seperti daging.

Kaktus ini juga biasa disebut tanaman bangkai karena bunganya mirip dengan bunga pada tanaman bangkai.

Gimana nih, Anda tertarik pada jenis kaktus yang mana? Anda bisa pilih sesuai selera atau Anda juga bisa meletakkan beberapa jenis kaktus sekaligus di satu ruangan untuk menciptakan suasana yang unik. Selamat mencoba!

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top