Ekonomi

K-Link Indonesia Tawarkan Peluang Bisnis Menjanjikan di Papua

bisnis menjanjikan di papua

Wilayah Papua kini menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Pembangunan infrastruktur dalam lima tahun belakangan ini memang memberikan banyak perubahan di masyarakat Papua. Terutama bagi dunia bisnis, semakin menunjukkan kegairahan. Ya, berbisnis di Papua makin menjanjikan.

K-Link Indonesia yang sudah menapaki wilayah Papua hingga pelosok daerah merasakan betul dampak perubahan yang terjadi.

“Dulu kami harus berhari-hari melintasi sungai dan gunung untuk sampai ke suatu daerah. Sekarang hanya beberapa jam saja karena jalan sudah bagus dan akses mudah.  Penerbangan sudah terjadwal. Hampir setiap hari ada penerbangan ke Jayapura.” papar Andi Putra, Manajer Regional K-Link Indonesia untuk wilayah Papua.

Sejak 2006 Andi Putra sudah menjejaki sejumlah daerah di Papua untuk proses adapatasi digital. Waktu itu ia masih bertugas di bagian analisis data yang memberikan edukasi untuk penginputan aplikasi member baru secara online. Sebelumnya penginputan data dilakukan secara offline. Artinya file data pembelanjaan distributor di stockist dikirim ke kantor pusat. Tentunya proses tersebut makan waktu lama.

bisnis menjanjikan di papua

Andi tidak menyangka respon masyarakat Papua terhadap produk kesehatan K-Link demikian besar. Dalam kurun waktu 2004 sampai 2006, setidaknya K-Link mengumpulkan sebanyak  8.000 aplikasi per bulan dari seluruh wilayah di sana.

K-Link Edukasi Kesehatan bagi Masyarakat Papua

Kebutuhan produk kesehatan di Papua tergolong tinggi. Keterbatasan informasi dan akses membuat masyarakat kurang memahami dan menyadari hidup sehat. Pun, sulit diperoleh obat-obatan atau produk kesehatan untuk mengatasi permasalah kesehatan mereka.

Leader-leadar K-Link wilayah Papua tak patah semangat menjelajahi pelosok daerah, mengarungi sungai demi memberikan edukasi tentang bagaimana menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak jarang, K-Link pusat mendatangkan dokter langsung menemui masyarakat  untuk  diskusi santai tentang gaya hidup sehat.

Menurut Herman Oscar, Area Manajer wilayah Papua Barat dan Maluku ( 2008 – 2012), potensi bisnis di timur Indonesia cukup besar, seiring dengan meningkatkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.

bisnis menjanjikan di Papua

Presiden Direktur K-Link Indonesia Radzi Saleh bersama para leader di Jayapura.

Produk-produk seperti  K-Liquid Chlorophyll, K-Omega Squa Plus, dan Kinotakara laris diminati masyarakat di sana. Pembeli produk K-Link berasal dari berbagai kalangan diantaranya,   PNS, pedagang, swasta, hingga nelayan.

Belum adanya stockist saat itu, membuat leader K-Link bolak-balik terbang Jakarta – Jayapura.  Otomatis harga jual di sana jauh lebih tinggi berkali lipat. Terlebih akses transportasi yang cukup sulit dan memakan waktu perjalanan yang cukup panjang.

Saat itu memang kebutuhan akan produk kesehatan di Papua dan Maluku cukup tinggi sementara tingkat kesehatan masyarakat tidak terlalu bagus dibandingkan masyarakat di barat Indonesia.

“Saking langkanya produk kesehatan,  K-Liquid Chlorophyll dianggap masyarakat sebagai obat dewa lantaran mereka betul-betul merasakan manfaatnya,” kenang Oskar sambil tertawa.

K-Liquid Chlorophyl yang berasal dari zat hijau daun berkhasiat sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan mata, paru-paru, pencernaan, anti kanker, menghalangi pertumbuhan bakteri, mempercepat pertumbuhan luka dan meningkatkan daya serap nutrisi dan energi.

bisnis menjanjikan di Papua

Daya beli masyarakat di Papua dan Maluku terbilang tinggi sebab memang tidak banyak pilihan di sana. “Penghasilan masyarakat Papua cukup besar, tetapi tidak ada barang yang dibelanjakan,” ujar Oscar.

Tahun 2010, kata Oscar, K-Liquid Chlorophyll pernah dijual seharga Rp 1 juta di Wamena. Padahal harga di Jakarta dan wilayah Barat itu sekitar Rp 116 ribu. Tetapi masyarakat tetap membeli karena butuh.

Pernah suatu kali, K-Link mengggelar acara di Boven Digoel, Tanah Merah, pesertanya membludak sampai 1.000 orang. Padahal acara tersebut dikenakan biaya. Dan, soal akses jangan ditanya, penuh perjuangan. Leader harus menempuh waktu 24 jam dan mengakrabi tanah berlumpur. Masyarakat yang datang rata-rata tidak memakai sandal dan berpakaian seadanya. Tetapi jangan salah, mereka mampu membeli produk K-Link senilai   Rp 3 juta.

masyarakat papua

Sumber : Jawa Pos

Masyarakat pada masa itu hidup dengan kondisi gizi rendah, rumah sakit jarang. Sekalipun ada,   letaknya cukup jauh. Akibatnya mereka  mengalami gangguan kesehatan  cukup berat.

Ada yang tubuhnya lumpuh berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. “Ketika diberikan K-Liquid Chlorophyll dan K-Omega Squa Plus Alhamdulillah bisa sembuh,” ujar Oscar.

Stroke dan diabetes merupakan penyakit yang diidap mayoritas masyarakat Papua. Penyebabnya adalah pergeseran konsumsi sagu ke nasi. Nasi umumnya  dikonsumsi mereka dalam porsi besar sedangkan lauk  sedikit. Ditambah kurang  berolah raga dan mengonsumsi alkohol.

Produk K-Link yang berfungsi sebagai   cleansing, balancing, dan activizing sangat  membantu dalam pencegahan penyakit diabetes sampai hipertensi.

Peluang Bisnis Menjanjikan

Dari segi bisnis, menurut Oscar, masyarakat Papua  masih enggan mengembangkan bisnis dengan cara MLM. Mereka lebih pada mengonsumsi produknya.

Sebenarnya berjualan produk K-Link saja sudah menjanjikan. Karena kebutuhan terhadap produk yang besar dan daya beli tinggi. Seandainya belum berminat menjalankan bisnis, dengan menjadi member saja, sudah lumayan menguntungkan. Minimal mendapatkan diskon pembelian produk sebesar 20 persen.  “Kami coba untuk mengedukasi masyarakat dengan matematika bisnis pelan-pelan,” kata Oscar.

radzi saleh

Presiden Direktur K-Link Indonesia saat memberikan motivasi di Recognition Nite Jayapura, April 2018.

Selain itu, dalam prinsip berbisnis bersama K-Link, tak hanya memikirkan materi semata. Melainkan lebih pada pengembangan diri yang lebih baik dengan membantu orang lain. Semakin kita memikirkan kebaikan pada orang lain, Tuhan pun akan secepatnya memberikan kebaikan buat kita.

“K-Link tidak pernah menjanjikan sesuatu yang berlebihan. Bantulah sebanyak-banyaknya orang lain, Allah  pasti akan bantu diri kita. K-Link selalu memberikan pembinaan kepada distributor-distributor berbisnis tanpa unsur riba atau paksaan. Semua bonus diberikan berdasarkan produktivitas, bukan memanfaatkan tenaga orang lain,” tandas Presiden Direktur K-Link Indonesia Radzi Saleh

K-Link komit  membangun kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di Papua dan kawasan Indonesia Timur lainnya. Berbagai event dan seminar kesehatan banyak digelar di Papua dengan menghadirkan dokter dan narasumber dari K-Link pusat Jakarta.

Cabang K-Link pertama dibangun di Sorong. Potensi di wilayah ini memang bagus. Produk K-Link sudah cukup dikenal. Kini jaringan stokis K-Link bisa dijumpai di Manokwari, Wamena, Sorong, Jayapura, Merauke sampai Boven Digoel. K-Link juga telah merambahi wilayah Fakfak, Kaimana, Bintuni, Asmat, Wamena, Tolikara, dan Nabire.

Baca juga : Wow MLM Syariah ini Optimis Bersaing di Bisnis Online, Ini Dia Kekuatannya

Makin ke sini pembangunan  infrastruktur dan sarana prasarana di sana sudah baik sehingga tidak ada lagi perbedaan harga yang cukup tajam seperti yang terjadi beberapa tahun lalu.  Area Manager Papua yang saat ini dipegang oleh Andi Putra pun sekarang bisa beberapa kali kunjungan ke Papua dalam sebulan. Ini belum termasuk event-event yang mendatangkan dokter atau product executive.

bisnis menjanjikan di Papua

Berbisnis di K-Link memberikan kemudahan membuka jaringan global di mana pun. Oscar mencontohkan salah satu leader yang mempunyai jaringan di Indonesia dan Malaysia. Ketika  bisnisnya di Indonesia mengalami penurunan, di Malaysia sedang bagus. Demikian sebaliknya. Mungkin saat ini bisnis di Jakarta sedang lesu karena politik atau kebijakan pemerintah. Sementara itu di Papua bisnis sedang bagus. Bayangkan jika jaringan kita ada di seluruh Indonesia, bisnis akan tetap tumbuh  bagus

K-Link Perkuat Kapasitas di  Indonesia Timur

Saat ini K-Link telah memiliki tiga cabang dan gudang (warehouse) di Papua tepatnya Sorong dan Jayapura  dan Maluku. Menurut Andi Putra Area Manager K-Link Papua dan Maluku meneruskan Oscar yang saat ini memegang wilayah Kalimantan, menuturkan, cabang dan warehouse di Papua baru beroperasi Januari 2018.

“Tentunya ini sangat membantu distributor di Papua dan Maluku khususnya di Namlea, Seram, Saumaki, Tual dan Dobo. Kami perkuat kapasitas pelayanan di sana karena kebutuhan yang terus meningkat. Jika tidak diantisipasi cepat, akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap K-Link,” ujar Andi.

Dahulu, lanjut Andi, leader melakukan promosi K-Link hingga ke gunung-gunung. Mereka bisa membawa uang puluhan juta dengan minimal 100 aplikasi. Kini keberadaan warehouse dan branch sangat memudahkan untuk mensuplay kebutuhan stockist-stockist yang sudah menyebar di wilayas Merauke, Wamena, Nabire, hingga Biak.

Selain itu teknologi membuat stockist bisa melakukan penginputan pembelanjaan secara online. Para distributor bisa belanja di mana pun. Selanjutnya barang diambil di stockist atau branch terdekat.

bisnis menjanjikan di Papua dengan rampungnya trans papua

Jalan Trans Papua sepanjang 1.070,55 km melintasi sejumlah daerah di Papua Barat (sumber Detik).

Ketersediaan produk di Papua dan Maluku sudah sangat mengcover pembelanjaan dengan nominal berapapun. Karena, menurut Andi, satu warehouse dan branch memiliki  nilai produk sekitar  Rp 3 miliar.

Program K-Link memungkinkan masyarakat memperoleh informasi tentang kesehatan melalui distributor yang melakukan presentasi secara door to door, one on one. Distributor menjelaskan informasi secara detail.

Baca juga : K-Link Indonesia Berikan Donasi Gempa Lombok Hingga 700 Juta

Penyuluhan kerap dilakukan dalam bentuk home meeting di rumah seseorang yang mengumpulkan keluarga atau tetangganya tanpa dipungut biaya.

Sampai saat ini sudah lebih dari 20-an leader  di Papua berlevel crown ambassador dan senior crown ambassador. Setidaknya dalam sebulan mereka mengantongi penghasilan bersih minimal Rp 10 juta per bulan.

Target Presdir K-Link Indonesia sampai 2020, di Papua bisa melahirkan 100 platinum leader berpenghasilan minimal Rp 50 juta per bulan.

Bagi yang tertarik berbisnis halal dan berkah bersama K-Link Indonesia bisa bergabung di sini

penerbangan di Papua

Sumber : airmagz.com

Pada April 2018 Dato Radzi mengadakan recognition di Jayapura untuk para distributor yang berprestasi. Beliau antusias pada wilayah timur Indonesia.

Apalagi  infrastruktur yang dibangun pemerintah mampu menghubungkan pulau dengan daratan.

“Maskapai penerbangan di Papua sudah banyak dan sangat mudah. Misalnya saya mau ke Wamena, saya bisa menentukan mau berangkat pagi atau siang. Dulu penerbangan hanya satu atau dua kali seminggu,” ujar Andi.

Bagaimana ? Siap bergabung bersama K-Link Indonesia ? MLM Syariah terkemuka dan terbesar di Indonesia. Kami tunggu ya 😉

 

** sumber foto cover : @Arumendahhudayati, blogger papua

Editor : Kartina Ika Sari

Ignasia

Saya Ignas, hobi membaca dan menulis. Bagi saya, setiap hari adalah kesempatan baru untuk mempelajari hal-hal menarik.
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • “Too often, feeling intimidated becomes our excuse not to be AWESOME.” - Scott Stratten -
.
Are you still dreaming of starting a BLOG or a BUSINESS? But, you too afraid and intimidated to actually do it? 🙈🙈
.
Do not be intimidated by the achievements of others. It is your own race 🤓
.
Inch by inch, step by step, brick by brick, you’ll get there. Stay in the FIGHT until the final round 😜
.
Just DO THE BEST you can do. You can be awesome. Dare to be awesome, guys!
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #bloggingquotes #tobeawesome #dontbeintimidated

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top