lomba blog

Jurusan Teknik Lingkungan, Tiket Menuju Kesuksesan

Judul: Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan

Penulis: Widyanti Yuliandari

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan: I, 2016

Tebal: xviii + 106 halaman

ISBN: 978-602-03-2608-5

Diprediksi  bidang usaha yang prospektif di masa depan adalah  food, energy, dan environment. Isu lingkungan khususnya akan terus menjadi isu global. Artinya semakin banyak  peluang kerja bagi lulusan Teknik Lingkungan. Untuk menekuni karier di bidang tersebut selain harus menyandang gelar sarjana Teknik Lingkungan, perlu ditunjang dengan kemampuan lainnya seperti bahasa asing, teknologi informasi, komunikasi, teamwork, hingga leadership.

Demikian intisari yang saya  peroleh setelah membaca buku ‘Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan’ karya Widyanti Yuliandari. Pada bab 5 buku tersebut para alumni Teknik Lingkungan (TL) dari berbagai universitas membagikan kisahnya. Salah satunya Noka Destalina yang sukses berkarier sebagai senior project officer untuk kawasan Asia Tenggara di bidang sanitasi. Ia berkantor  di Laos. Sebelum mencapai posisi tersebut, Noka  bekerja di LSM di Denpasar yang bergerak di bidang sanitasi dan pengelolaan limbah.

Benang merah yang menyatukan para alumni tersebut adalah belum banyaknya informasi mengenai TL pada saat itu. Sedikit informasi diperoleh dari keluarga atau senior dan dosen di kampus. Hal tersebut dialami oleh penulis buku ini yang mengikuti saran ayah dan kakaknya mengambil jurusan TL. Sementara ia sendiri tidak tahu materi apa yang akan dipelajari di jurusan tersebut.

Berbeda pada masa kini. Cukup mengetikkan kata kunci di mesin pencari Google, informasi detail segera didapat. Sebagaimana dikisahkan Dewi Dwirianti. Pada 1989 ia menjadi mahasiswa Teknik Penyehatan (nama yang digunakan sebelum memakai nama TL). Ia menduga akan mempelajari hal-hal terkait kesehatan. Nyatanya jurusan tersebut lekat dengan teknik.

Namun demikian para alumni tetap konsisten, tidak pindah jurusan. Terbukti ada di antara mereka yang sukses memimpin perusahaan di bidang konsultasi lingkungan. Hal tersebut wajar terjadi sebab salah satu mata kuliah jurusan  TL adalah teknopreneurship. Harapannya lulusan TL  mampu mengidentifikasi peluang dan mengembangkannya menjadi usaha yang menciptakan lapangan kerja. Tentunya dengan mendayagunakan kemampuan dan ilmunya untuk menyesuaikan dengan peluang yang ada di sekitar.

Pilihan karier Teknik Lingkungan terbentang luas

Pilihan karier Teknik Lingkungan terbentang luas

Pilihan karier jurusan TL ini terbentang luas. Dari  pemerintahan yakni berkarier di kementerian di tingkat pusat dan institusi di tingkat daerah (provinsi dan kabupaten/kota). Kemudian BUMN dan BUMD. Lulusan TL juga bisa mengajar di institusi pendidikan yang membuka jurusan TL. Selain itu berkarier di LSM berskala nasional maupun internasional yang terkait lingkungan atau perusahaan  swasta pada posisi Health Safety and Environment. Menciptakan lapangan pekerjaan dengan mendirikan perusahaan konsultan di bidang lingkungan juga bisa menjadi pilihan.

Widyanti sendiri selepas menempuh pendidikan TL di Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengabdi sebagai PNS. Pada akhir 2002 ia berkarier di Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sejak 2010 Widyanti mengepalai Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan.

Pada bagian awal bukunya, Widyanti mengenang permulaan kuliah. Menurutnya TL didominasi perempuan, berbeda dengan teknik lainnya. Bila pada 90-an persaingan masuk TL tidak begitu ketat. Masih kalah pamor dengan jurusan teknik yang lebih dulu ada, seperti Teknik Arsitektur. Kini jurusan TL di beberapa perguruan tinggi masuk dalam top 5 di antara jurusan teknik. Hal tersebut memberikan petunjuk bahwa TL semakin diminati. Pasalnya semakin banyak peluang kerja di bidang tersebut.

Rekomendasi

Buku ‘Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan’ membantu memberi informasi kepada siswa SMA, guru yang membimbing siswanya, dan orangtua yang mendampingi anaknya dalam menentukan jurusan yang akan diambil. Oleh karena itu buku ini direkomendasikan dibaca oleh mereka untuk mendapatkan informasi rinci mengenai TL. Saya ingat tahun 2003 saat menentukan jurusan yang akan diambil, belum banyak buku yang memberikan gambaran mengenai jurusan di perguruan tinggi. Sementara Google pada saat itu belum populer. Alhasil informasi yang didapat hanya sekadarnya.

Nilai positif dari buku ‘Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan’ adalah menjabarkan  mata kuliah yang akan dipelajari selama menjalani kuliah TL. Diantaranya Hidrolika, mata kuliah dasar yang menjelaskan perilaku air yang bersifat statis dan dinamis serta aplikasinya pada saluran tertutup dan saluran terbuka. Selain itu ada mata kuliah khas TL yakni Sistem Penyediaan Air Minum. Mata kuliah tersebut  mempelajari penentuan daerah pelayanan,  kebutuhan air, analisis jaringan pipa distribusi, hingga pengendalian kebocoran.

Oleh karena itu buku ini wajib dibaca oleh siswa SMA. Bahwa kuliah di jurusan TL  tidak hanya duduk di ruang kuliah ber-AC dan berkutat di laboratorium yang nyaman. Harus siap berpeluh di ruang terbuka saat praktikum  lengkap dengan beratnya membawa peralatan. Tak hanya itu,  berkotor-kotor saat menganalisis sampah. Terlepas dari itu semua, Widyanti meyakinkan bahwa TL cocok untuk kalian yang menggemari petualangan. Jurusan ini  perpaduan aktivitas indoor dan outdoor.

Di masa mendatang tema lingkungan akan terus menjadi isu global yang tentunya memunculkan peluang karier

Di masa mendatang tema lingkungan akan terus menjadi isu global yang tentunya memunculkan peluang karier

TL menitikberatkan pada kemampuan mendesain atau  merekayasa suatu sistem dengan penyediaan infrastruktur agar pembangunan fisik tetap berlangsung dengan dampak lingkungan yang sekecil mungkin. TL  dilatarbelakangi kesadaran yang semakin meningkat akan  dampak terhadap lingkungan. Pembangunan fisik di sebuah kota atau negara mempengaruhi  kesehatan manusia. Berbagai persoalan lingkungan akibat  pencemaran baik di  media air, tanah, maupun udara disertai  tingkat kesehatan masyarakat yang semakin terganggu akibat berbagai penyakit yang timbul dari pencemaran tersebut. Kondisi tersebut membuat para akademisi melakukan penelitian untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Berbagai tantangan  dan dampak yang akan selalu timbul dalam setiap aktivitas pembangunan  di bidang apa pun, entah  itu pemerintahan, permukiman, maupun perindustrian memunculkan kebutuhan ahli TL. Hal tersebut menjadi keharusan untuk menjamin proses pembangunan berjalan secara berkelanjutan.

Dahulu saat kuliah  saya memiliki seorang  teman yang menceritakan bahwa kakaknya kuliah di jurusan TL. Tidak ada ilustrasi mengenai jurusan tersebut karena minimnya informasi. Setelah membaca buku ini, saya mengetahui bahwa ruang lingkup TL antara lain pengelolaan air limbah,  pengendalian pencemaran udara, manajemen keselamatan kerja, dan lain-lain.

Nilai positif lainnya dari buku  ‘Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan’  adalah menyajikan daftar  universitas yang membuka jurusan TL lengkap dengan akreditasinya. Selain itu penyampaian informasi dalam buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan informatif. Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan, yakni EYD dan diksi atau pilihan kata.  Semoga di waktu mendatang terbit buku sejenis yang membahas jurusan lain. Dengan demikian lulusan SMA tak salah pilih jurusan.

 

 

 

Ignasia

Saya Ignas, hobi membaca dan menulis. Bagi saya, setiap hari adalah kesempatan baru untuk mempelajari hal-hal menarik.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillahirobbil'alamiin..kita masih dipertemukan Allah dengan Ramadhan  dan Idul Fitri.

Semoga Allah menerima segala amal puasa kita dan mengembalikan jiwa ini pada kesucian. Aamiin ya robbal'alamiin.

#MBCommunication #indoblognet #MBNetwork

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top