lomba blog

Jurusan Teknik Lingkungan: Sebuah Kontribusi untuk keseimbangan kehidupan

Tak dapat dipungkiri, bahwa akselerasi pembangunan khususnya pembangunan fisik, pertumbuhan populasi yang pesat, budaya hidup konsumtif, eksploitasi sumber daya alam dan berbagai aktivitas manusia modern telah memberi dampak terhadap degradasi kualitas lingkungan. Berbagai permasalahan lingkungan pun bermunculan seperti polusi, limbah, kelangkaan air bersih, deforestasi, dan sebagainya. Permasalahan yang pada gilirannya akan memicu penurunan kualitas kesehatan masyarakat akibat lingkungan yang tercemar.

Untuk itulah, perlu adanya upaya untuk meminimalisir dampak lingkungan tanpa menghambat proses pertumbuhan dan pembangunan. Dan salah satu disiplin ilmu yang sangat dibutuhkan untuk merealisasikan upaya ini, adalah Teknik Lingkungan. Ilmu yang merupakan salah satu jurusan perkuliahan dan dikupas tuntas oleh Widyanti Yuliandari dalam bukunya yang berjudul: Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan.

Mungkin, Anda juga sama halnya seperti saya saat pertama kali mendengar nama ini. Terasa kurang familiar dan menggiring asumsi pada jurusan ilmu teknik yang lebih populer seperti teknik kimia, teknik fisika, atau teknik elektro.

Jadi, apa sesungguhnya yang dimaksud dengan jurusan teknik lingkungan? Bidang ilmu apa saja yang tercakup dalam jurusan ini? Sulitkah pelajarannya? Bagaimana pula prospek karirnya?

Untuk memupus rasa penasaran Anda, yuk ikuti ulasan saya untuk buku karya penulis yang juga seorang PNS, blogger dan alumnus Teknik Lingkungan ini.

Sampul depan

Kita mulai dari penampakan luar. Dari desain cover yang didominasi warna hijau, warna yang identik dengan lingkungan dan alam, sebenarnya telah memberi sekilas gambaran tentang apa itu Jurusan Teknik Lingkungan. Terdapat gambar beberapa elemen yang merepresentasikan pembangunan di era modern, berpadu dengan gambar alam yang hijau juga sepasang tangan manusia yang seakan-akan tengah menyentuh dedaunan. Hal ini sejalan dengan pengertian Teknik Lingkungan, sebagaimana dikatakan oleh Prof. Ir. Joni Hermana, M.ScEs, PhD (rektor ITS Surabaya), pada kata pengantar buku ini, sebagai berikut :

Bahwa Teknik Lingkungan menitikberatkan pada kemampuan mendesain, atau merekayasa suatu sistem dengan penyediaan infrastruktur agar pembangunan fisik bisa tetap berlangsung dengan dampak lingkungan yang sekecil mungkin (hal. xiii).

Konten

Buku ini terdiri atas 5 (lima) bab. Dan pemahaman awal tentang Jurusan Teknik Lingkungan akan langsung kita temukan pada bab pertama: Sekilas Jurusan Teknik Lingkungan. Bab ini terbagi atas 4 (empat) sub bab: a) Belajar Apa Saja di Teknik Lingkungan? b) Modalnya Apa? c) Termasuk Jurusan Baru , dan d) Makin diminati.

Sesuai judul setiap sub bab, dipaparkan jenis pelajaran apa saja yang dipelajari pada jurusan ini, “modal” yang diperlukan, juga penjelasan tambahan bahwa jurusan ini termasuk jurusan baru yang kini semakin diminati.

Ada beberapa informasi menarik di bab ini, yang jujur saja, belum pernah saya dapatkan dari literatur manapun dan memberi saya pondasi awal untuk lebih memahami jurusan teknik lingkungan, yaitu:

  • Aktivitas belajar di jurusan teknik lingkungan adalah kombinasi antara indoor dan outdoor. Aktivitas di ruang kuliah dan ruang terbuka. Juga kombinasi ilmu teknik-sipil-kimia yang mahasiswanya didominasi kaum perempuan (hal. 2-3). Dalam bayangan saya, kombinasi ini membuat mahasiswanya akan terhindar dari kebosanan juga suasana belajar yang monoton.
  • Jurusan ini dulunya bernama Teknik Penyehatan. Fokusnya lebih ke arah rekayasa dengan ruang lingkup yang sangat luas meliputi: pengolahan dan distribusi air bersih, pengelolaan air limbah, limbah B3 dan limbah padat (sampah), pengendalian pencemaran udara, manajemen keselamatan kerja, dan sebagainya. (hal. 4). Dari sini, dapat kita lihat bahwa ilmu-ilmu yang tercakup dalam jurusan ini sangat relevan dengan berbagai aspek lingkungan, dan tentu saja sangat dibutuhkan dalam pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.
  • Calon mahasiswa yang akan memilih jurusan ini dianjurkan untuk (setidaknya) menyukai mata pelajaran matematika, fisika, kimia dan biologi, mengingat keempat mata pelajaran ini akan diajarkan pada semester-semester awal kuliah. Namun selain itu, ada “syarat” lain yang lebih penting: tidak takut kotor dan punya minat pada kelestarian lingkungan. Karena sebagian aktivitasnya dilakukan di lapangan dan tentu saja, faktor minat dapat memotivasi kesungguhan belajar dan kelak dapat mendorong keinginan yang kuat pula untuk menjaga kelestarian lingkungan.
  • Jurusan ini kian diminati. Di beberapa institusi, passing grade-nya masuk top 5 diantara jurusan teknik di institusi yang sama. Hal ini barangkali turut dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor, yaitu : a) threat / ancaman berupa gejala kerusakan dan pencemaran lingkungan yang terus meningkat sehingga mendorong kebutuhan akan tenaga (skill) yang mampu memecahkan berbagai persoalan lingkungan dengan pendekatan teknologi. Dan b) opportunities / peluang, di mana diprediksikan bahwa bidang usaha prospektif di masa depan adalah yang berkaitan dengan Food, Energy and Environment (hal. 6).

Belajar Apa di Teknik Lingkungan? Menjadi judul topik pembahasan di Bab 2. Terbagi atas 3 (tiga) sub bab: Mata Kuliah, Praktikum dan Skill Penunjang. Di sini, penulis menjelaskan secara detil tentang Mata Kuliah dan Praktikum di jurusan Teknik Lingkungan serta Skill Penunjang yang dibutuhkan. Ada 42 materi mata kuliah yang dipaparkan, antara lain: Menggambar Teknik, Hidrolika, Perpetaan, Hidrologi dan Geohidrologi, Unit Operasi Teknik Lingkungan, Pengelolaan Sumber Daya Air, Statistik Lingkungan, dan sebagainya.

Kegiatan praktikum meliputi : kimia lingkungan, mikrobiologi lingkungan, teknik analisis pencemar lingkungan, perpetaan, pemantauan kualitas udara, dan lain-lain. Dan tentu saja, penguasaan terhadap berbagai materi ini akan lebih optimal jika didukung oleh skill penunjang berupa: bahasa asing, teknologi informasi, komunikasi, leadership, etika dan lain-lain sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Bagi kamu yang membutuhkan informasi tentang keberadaan jurusan Teknik Lingkungan di Beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, informasi ini akan kamu temukan di Bab 3. Ada 15 perguruan tinggi yang dicantumkan di sini, di antaranya Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Andalas, Universitas Trisakti dan lain-lain. Selain informasi tentang nama perguruan tinggi, berikut alamat dan sejarah singkatnya, penulis juga melengkapinya dengan nilai akreditasi dan fasilitas yang ada di masing-masing fakultas.

Mau jadi apa setelah lulus kuliah Teknik Lingkungan? Silakan temukan penjelasannya di bab 4: Pilihan Karier, yang berisi pemaparan singkat dan padat tentang pilihan karier untuk para lulusan jurusan ini. Ada 6 (enam) sub bab berisi 6 (enam) sektor pilihan karir, yaitu: Pemerintahan (Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perindustrian, Bappenas), BUMN/BUMD (Pertamina, PLN, PDAM), pendidikan (tenaga pendidik jurusan teknik lingkungan), NGO (Greenpeace, WWF, WALHI), Entrepreneur (kontraktor pekerjaan bidang lingkungan) dan Sektor Swasta (industri, jasa, dan lain-lain).

Anda ingin bukti akan keberhasilan lulusan dari jurusan ini? Kisah Alumni pada Bab 5 akan memaparkan bukti tersebut. Bab yang sekaligus menjadi bab penutup ini berisi kisah nyata dari 6 (enam) orang alumni Jurusan Teknik Lingkungan, meliputi pengalaman mereka saat kuliah, pandangan mereka terhadap jurusan teknik lingkungan, prestasi yang diraih juga pencapaian dalam profesi masing-masing. Mereka adalah Noka Destalina (konsultan), Fitrian Ardiansyah (Direktur untuk IDH di Indonesia), Arisando Dwi Harto ST, MT (direktur PT Global Solusi Prima), Affandi Asnan (Direktur PDAM), Dewi Dwirianti (konsultan freelance) dan Wahyu Dwi Astuti (Integrity Engineer).

Kelebihan

  • Mudah dipahami

Meskipun judul buku ini terkesan ilmiah, penuturan kontennya justru mengusung gaya penulisan yang ringan, komunikatif, padat, to the point dan sangat mudah dicerna, sehingga siapapun yang membacanya, saya yakin akan langsung memahami tentang jurusan Teknik Lingkungan. Bukan tidak mungkin, hal ini akan menarik minat pembaca dari kalangan remaja untuk memilih jurusan ini setamat SMA, serta untuk pembaca dewasa pula, dapat mendorong mereka untuk merekomendasikan jurusan ini pada kerabat mereka yang tengah bingung memilih jurusan selepas pendidikan SMAnya.

  • Informatif

Buku ini memberikan segala informasi yang dibutuhkan tentang Jurusan Teknik Lingkungan. Selain itu, kamu juga nggak perlu khawatir kalau buku ini bernada persuasif atau mengandung “pesan sponsor” untuk memilih jurusan teknik lingkungan di perguruan tinggi A atau B. Not at all. Semua informasi disajikan secara padat, proporsional dan benar-benar fokus hanya pada hal-hal yang penting untuk disampaikan.

  • Inspiratif

Meskipun kontennya tidak terlalu tebal, buku ini cukup membangun awareness kita akan pentingnya keberadaan jurusan ini begitupun kebutuhan akan para lulusan yang kompatibel untuk berkontribusi positif dalam menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan.

  • Kontributif

Upaya memperkenalkan jurusan teknik lingkungan melalui sebuah buku, sangat layak dicontoh untuk mengupas tuntas jurusan-jurusan kuliah lainnya yang ada di negeri ini, sehingga para calon mahasiswa akan memperoleh bekal informasi yang cukup sebelum memantapkan pilihan pada jurusan yang mereka inginkan. Untuk para guru, infomasi semacam ini sangat membantu dalam memberi penjelasan dan informasi yang tepat kepada anak didiknya khususnya para pelajar SMA yang akan melanjutkan kuliah. Dan untuk pembaca awam, upaya ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan terhadap jurusan-jurusan perkuliahan yang ada di negeri ini. Hal ini memang terlihat sepele. Tetapi percayalah, kontribusinya sangat besar terhadap kemajuan negeri ini ke depannya.

Jika setiap calon mahasiswa telah terlebih dulu memperoleh informasi yang benar dan detil tentang bidang ilmu di perkuliahan, maka persentase mahasiswa yang memilih jurusan sesuai minatnya juga akan lebih besar, dan insya Allah, ini akan memperkuat motivasi mereka saat belajar di bangku kuliah. Kedepannya pula, diharapkan mereka akan memperoleh pekerjaan sesuai jurusan sehingga mampu mendedikasikan diri dan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah secara maksimal.

Khusus untuk jurusan Teknik Lingkungan, setelah menamatkan buku ini, satu hal langsung tertanam dalam benak saya, bahwa ini adalah jurusan yang sangat penting keberadaannya, mengingat laju pertumbuhan dan pembangunan di suatu negara, akan menimbulkan dampak sangat besar terhadap perubahan lingkungan. Hal ini mutlak memerlukan upaya maksimal untuk meminimalisir dampak lingkungan, sehingga antara pembangunan dan pelestarian lingkungan, keduanya dapat berjalan seiring demi menjaga keseimbangan kehidupan secara berkelanjutan. Dan ilmu-ilmu yang tercakup di dalam jurusan Teknik Lingkungan ini, memang menitikberatkan pada upaya menjaga keseimbangan tersebut melalui kajian teknologi dan kemampuan mendesain atau rekayasa sistem. Dengan kata lain, inilah salah satu disiplin ilmu yang berkontribusi penting dalam memelihara keseimbangan kehidupan dan keberlangsungan kehidupan manusia.

Apresiasi positif saya berikan kepada penulis. Semoga buku ini dapat memberi sumbangsih berarti kepada para generasi penerus negeri ini, khususnya yang memiliki passion dalam bidang lingkungan, dan semoga kelak, ilmu-ilmu yang diperoleh di jurusan ini dapat diaplikasikan oleh para lulusannya secara tepat dan optimal guna kelangsungan kehidupan dan penjagaan lingkungan yang lebih baik.

Judul               : Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan

Penulis            : Widyanti Yuliandari

Penerbit         : Gramedia Pustaka Utama

Tebal              : 106 hal

Tahun             : 2016

 

 

Editor: Indoblognet

riawani elyta

Riawani Elyta. Penulis novel dan non fiksi. Mentor Kelas Menulis Novel online Smart Writer. Book Blogger. Contest-Hunter Blogger.
Riawani Elyta memulai passion menulisnya pada tahun 2008 dengan memenangi lomba Cerber Femina. Sejak itu, antusiasnya untuk menekuni dunia kepenulisan terus berlanjut. Sampai hari ini, ia telah menghasilkan 16 novel, 4 nonfiksi yang ditulis secara duet, juga lebih dari 20 antologi.

Passion lainnya dalam dunia menulis ia salurkan di blog pribadinya www.riawanielyta.com. Blog yang isinya didominasi oleh resensi buku, sesuai hobinya sejak kecil yaitu membaca buku.

Pada tahun 2015 lalu, bersama Leyla Hana, ia merintis kursus menulis online Smart Writer, yang membimbing para peserta untuk menulis buku, baik fiksi maupun nonfiksi secara online. Sampai saat ini, kursus menulis ini telah dibuka sampai angkatan keempat. Selain memberikan bimbingan online menulis buku secara privat, kursus ini juga membagikan tips-tips menulis yang dapat diakses secara gratis melalui blog www.smartnulisblogspot.co.id.

Dalam kesehariannya, Riawani Elyta yang akrab dipanggil Lyta ini adalah seorang istri dan ibu dari 3 orang anak, dan bekerja sebagai PNS di Kabupaten Bintan.

Penggemar berat minuman cappuccino ini bercita-cita ingin concern dalam menulis buku, meningkatkan minat baca buku masyarakat Indonesia sekaligus membantu para calon penulis menggapai impian mereka dalam menulis buku.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat 💪🏃
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho 😄
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya 😂 Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget 😅
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts 😉
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top