lomba blog

Jurusan Teknik Lingkungan (Review buku)

Pertama memegang buku ini saya bertanya kira-kira isinya akan seperti apa? Apakah membosankan atau akan menambah informasi. Secara, jurusan Teknik Lingkungan merupakan salah satu jurusan yang saya sendiri masih awam.

Lepas membaca lembar-lembar halaman, baru “tercerahkan” juga apa itu Jurusan Teknik Lingkungan.  Jika nanti orang bertanya Jurusan Teknik Lingkungan setidaknya buku ini sudah memberikan gambaran lengkapnya.

Jurusan yang masih “seksi” dan diminati banyak kalangan masih berada di seputaran Kedokteran, Pilot, Teknik (sebatas Teknik Sipil, dan Elektro).

Masih satu jurusan dengan Bidang Teknik tapi yang gaungnya sedikit kurang adalah Teknik Lingkungan. Tapi lulusan dari bidang Teknik lingkungan sudah banyak yang mendulang sukses di luaran sana.

Teknik Lingkungan

Tidak butuh waktu lama untuk melahap habis buku setebal 102 Halaman buah karya blogger Widyanti Yuliandari ini. Bab 1 saya diajak untuk mengenal apa itu teknik lingkungan?  Kira-kira ruang lingkupnya itu adalah pengolahan dan distribusi air bersih dan air minum, pengolahan limbah baik padat atau cair, manajemen keselamatan kerja, pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan kualitas lingkungan.

Meskipun sebagian mengatakan jurusan Teknik Lingkungan sama dengan Jurusan kesehatan Masyarakat, faktanya adalah dua hal yang berbeda. Teknik lingkungan itu perkawinan beberapa macam ilmu teknik lainnya. Dan seperti bagian ilmu teknik lainnya, tuntutan logika dan kemampuan berhitung haruslah kuat. Plus untuk Teknik lingkungan sendiri harus orang-orang yang menyukai pekerjaan lapangan.

Berangkat ke bab berikutnya, kita akan diajak membahas apa saja yang dipelajari di Teknik Lingkungan. Disini sedikit bosan juga saya membacanya. Beberapa bahasa teknik digunakan. Tapi Mbak Widyanti mencoba menyampaikan dengan bahasa khas blogger. Tetap santai dan diusahakan mudah dicerna. Salah satunya ketika dibahas Hidrolika yang mempelajari perilaku air statis dan dinamis. Di lain halaman diulas juga mengenai Biomonitoring kualitas lingkungan.

Di bab 2 layaknya  saya membaca brosur jurusan di sebuah Fakultas. Bedanya, Mbak Widyanti mencoba menyampaikannya dengan versi lengkap tapi tetap sederhana. Yang dibahas tidak hanya mata kuliah yang diambil, mata kuliah lainnya yang tidak berkaitan langsung dengan Teknik Lingkungan pun dibahas.

Sebagai lulusan Teknik Lingkungan yang bekerja juga sesuai jurusan  di badan Lingkungan Hidup, Mbak Widya juga mencoba menghapus stigma Teknik yang kebanyakan untuk para pria. Meskipun angkatan beliau sendiri kebanyakan wanita.

Pada Bab 3 Mbak Widyanti memberi informasi fakultas mana saja yang menyediakan program teknik lingkungan serta akreditasi dan masa berlakunya.

Tidak berhenti di situ bagian terakhir menurut saya paling menarik untuk disimak. Mbak Widyanti tidak menceritakan kisahnya yang juga mengambil jurusan Teknik Lingkungan. Tapi ia mengangkat beberapa tokoh yang sudah berhasil dari Teknik lingkungan. Sebut saja salah satunya Dirut PDAM Kota Pontianak. Atau Fitrian Ardiansyah yang lulus dari Teknik Lingkungan ITB. Masih ada beberapa lainnya.

Mbak Wid dan buku ke-dua-nya. (dok FB Widyanti Y.)

Mbak Wid dan buku ke-dua-nya. (dok FB Widyanti Y.)

Kesimpulannya.

Lepas membaca buku ini saya terinformasikan beberapa hal mengenai Teknik Lingkungan?  Mulai dari apa yang dipelajari, fakultas mana saja yang menyediakan program ini (tapi kok Universitas Indonesia nggak ada, ya?) hingga lulusannya akan seperti apa?

Lalu siapa saja yang perlu membaca buku ini? Pastinya mereka-mereka (baca adik-adik kita yang baru lulus SMU) yang sedang bingung mau melanjutkan kemana di pendidikan tingginya. Yang bingung juga bagaimana cara meyakinkan orang tua tentang Jurusan Teknik Lingkungan.

Cocok juga untuk orang tua yang mencari referensi kuliah buat anaknya. Teknik lingkungan tidak “seseram” yang dibayangkan, lho.

Terlihat buku ini netral, meskipun Mbak Widyanti tamatan ITS  tidak terlihat juga ia menonjolkan ITS-nya. Terlihat satu pesan yang jelas adalah, semua orang harus tahu mengenai jurusan Teknik Lingkungan.

Tapi tetap saya masih bertanya kenapa nggak sedikit pun Universitas Indonesia disebut namanya dalam buku ini ya..,  tapi sudahlah (tetep kekeuh).

Data Buku

  • Judul: Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan.
  • Penulis: Widyanti Yuliandari
  • ISBN: 978-602-03-2608-5
  • Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit: 2016
  • Harga: Rp. 40.000,-
  • Tebal: xviii + 106 halaman

 

Editor: Indoblognet

 

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kemajemukan  adalah anugerah dan takdir terindah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Ini harus kita kelola dengan baik dalam komitmen yang sama sebagai bangsa merdeka untuk kemajuan negeri ini.

Founder Kader Bangsa Fellowship Program @kaderbangsafellowship Dimas Oky Nugroho Ph.D  @dimas_okynugroho mengajak generasi muda Indonesia untuk  turun tangan, ambil bagian  membangun kemajemukan untuk kesejahteraan dengan kerja sama, gotong royong dan kolaborasi. Merdeka !

Dirgahayu Republik Indonesia Merdeka 72 tahun !

Mari sebarkan pesan cinta Indonesia yang majemuk !

#mudakolaborasimerdeka #mudabersatumerdeka #mudakreatifmerdeka #mudakerenmerdeka #hutri72 #indonesiamerdeka72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top